Wisata untuk Pecandu Ketingian, Batu Agung Tegal

batu agung tegal

Kabupaten Tegal ternyata punya satu spot wisata alam yang patut buat ‘dicicpi’. Spot ini punya nama Batu Agung. Udah pernah kesana bro?

Batu Agung lebih tepatnya adalah batu-batu yang sengaja disusun dan dijadikan mirip bukit atau menara. Kita bisa menaikinya dan melihat view dari atas. Tapi kalo dibayang-bayangin bukit ini emang terlihat ngeri. Kok bisa?

Hehehehe, ikutin terus ya…

Lokasi

puncak bendera batu agung tegal gua lawa
Spot foto dari ketinggian, puncak Bendera, Batu Agung | ig @adityabagussantos

Batu Agung ini awalnya adalah nama desa tempatnya bersemayam, berkecamatan di Balapulang, kabupaten Tegal. Tapi bila dilihat lagi, spot Batu Agung sebenarnya ada di antara 3 desa, yakni desa Batu Agung sendiri, desa Harjawinangun, dan desa Bukateja. Tiga desa tersebut masih dalam 1 kecamatan.

Selain biasa disebut Batu Agung, spot yang ngetrend di kalangan muda-mudi Tegal dan Brebes ini juga biasa dinamai Gua Lawa. Kata ‘Lawa’ berasal dari bahasa Jawa yang berarti kelelawar. Sebutan itu merujuk pada kelelawar yang hidup di gunung Lawa.

Terjal dan Curam

Gua Lawa atau Batu Agung ini dikenal punya track yang terjal dan curam. Kamu musti hati-hati kalo mau sampe puncak gan!

Oh iya, ngomongin soal puncak, bukit ini punya 2 puncak, Bendera sama Semar. Puncak Bendera, seperti foto di atas, lebih mengerikan untuk didaki. Makanya gak semua wisatawan naik sampe puncak Bendera.

Tapi tenang, puncak yang satunya lebih bersahabat kok. Kamu bisa ke puncak Semar aja buat nikmatin Tegal dari ketinggian.

Terus buat masuk ke wisata ini kamu cuma wajib bayar Rp 5.000 sama parkir dengan tarif yang sama, Rp 5.000 (harga bisa berubah tanpa ada pemberitahuan lebih dulu). Nah, setelah dapet tiket, saatnya kamu menikmati alam Tegal di Batu Agung.

Pas di perjalanan, kamu bakal dikasih lihat sususan pepohonan yang rapi di kanan dan kirimu. Kalo buat spot foto-foto instagram, spot ini pas sama cocok banget deh. Beberapa blogger juga justru menyarankan kamu ngambil foto disini. Kenapa gitu?

Soalnya kalo udah di atas ntar malah capek, medannya kan berat buat ditempuh. Lagian bisa jadi kalo udah sampe atas kaos sama bajumu bisa jadi udah pada kotor karena kena tanah dsb.

Biar capeknya cepet ilang pas di puncak, jangan lupa bawa makanan sama minuman. Tapi disana udah ada warung sih, tapi pasti yaa harganya beda kan broo, hehehe. Bawa aja secukupnya, kalo kurang baru beli deh.

batu agung tegal gua lawa 2
Salah satu view yang bisa kamu nikmatin kalo di puncak Batu Agung. Seger kan gan? Hehe | ig @ika.nurmala.100

Kabar Tak Sedap

Nah, udah niat belum gan ke Batu Agung? Ada info terakhir nih…

Batu Agung ini termasuk wisata alam yang keren banget, tapi salah satu yang paling menantang juga kalo gak bener-bener hati-hati. Dan untuk menjamin kehati-hatian itu serta buat mempermudah perjalanan, kamu nanti akan dikasih guide atau pemandu yang bakal nganterin kamu sampe puncak.

Sangat disarankan sih bro kalo mau muncak musti pake guide. Apalagi kalo lewatnya gua Lawa tadi. Gua itu masih sangat alami. Belum banyak sarana prasarana yang disiapkan buat para wisatawan.

Dan selain itu, ada kabar tak sedap juga…

Beberapa kali Batu Agung sengaja ditutup sementara oleh pemerintah Tegal karena beberapa kasus jatuhnya wisatawan. Mereka yang jatuh dan mengalami kecelakaan ini gak nurut sama aturan. Ada juga yang nyelonong gitu aja sampe puncak. Ah gak asik banget deh!

Nah, buat kamu yang mau kesana, yang penting hati-hati ya bro. Dan selamat menikmati Tegal dari ketinggian!


Featured image by wulidaqonitati.blogspot.co.id

Ngobrol santai yuk...