Pulau Siput Lembata, Pulau Unik di Indonesia

pulau siput lembata

Pulau Siput Lembata bisa jadi masih asing di telinga para traveler Indonesia, padahal pulau ini punya potensi menjadi yang terunik di dunia.

Haloo bro n sist, gimana kabar pagi ini? Semoga selalu dalam keadaan baik, aamiin. Pagi ini kita mau main jauh dari ibu kota.

Tepatnya ke sebuah pulau yang unik karena gak setiap saat bisa ke sana. Uniknya, pulau ini dihuni banyak sekali siput laut. Mau ikutan nyari sembari menanti senja? Yuk!

Fenomena Unik di Balik Pulau Siput Lembata

Udah pada menduga kan ya? Pulau Siput berada di kabupaten Lembata, tepatnya di kelurahan Lewoleba, sebuah wilayah yang ada di Nusa Tenggara Timur.

Pulau ini luasnya cuma 2x lapangan sepak bola dan bisa ditempuh dengan menyewa perahu sebesar Rp 200.000 pulang-pergi. Perjalanan cuma 5 menit dari bibir pantai.

Tapi ada yang membuatnya unik, yakni fenomena yang sangat jarang terjadi di pulau lain di Indonesia bahkan dunia, disebut Pasir Gosong.

fenomena pasir gosong di pulau siput
Fenomena Pasir Gosong membuat pulau Siput justru unik | @78tejasati

Fenomena yang terjadi secara alami ini membuat pulau Siput hanya muncul saat air sedang surut. Benar, kalo lagi pasang, pulau ini hilang!

Nah karena keadaan itulah pulau Siput tak bisa ditinggali, kecuali oleh penghuni laut seperti kerang dan siput.

Bahkan saking banyaknya siput laut atau awololong dalam bahasa setempat, pulau ini kemudian disebut dengan nama pulau Siput. Emang seberapa banyak sih?

Coba aja kalo pas ke sini, kita garuk lubang pasir pantainya sedalam 5 sampai 10 centimeter aja. Udah deh, panen siput! Hehehe.

memanen siput laut di pulau siput
Di kedalaman 5-10 cm, kita udah bisa panen siput laut, hehe | @riasikumbi

Dalam sehari, warga sekitar bisa mengumpulkan sebanyak 1 jerigen penuh. Sebagian bisa mereka konsumsi, sebagian lagi bisa dijual di pasar dengan harga Rp 10.000/kg.

Tapi jangan salah bro n sist, siput ini emang banyak diburu karena dipercaya menjadi jalan kesembuhan bagi para penderita hepatitis.

Nah, tertarik buat ikutan nyari? Atau cuma pengen nikmatin kemolekannya aja? Boleh juga tuh! Soalnya pulau Siput Lembata view-nya keren abis.

foto pulau siput lembata
Gak cuma menikmati siputnya, kita juga bisa menikmati keindahannya | @madep_mburi

Sisi Lain Pulau Siput Lembata

Pulau Siput Lembata memiliki pasir putih yang memukau banget yang terus tersapu oleh ombak biru yang syahdu sepanjang waktu.

Dan tau gak yang membuatnya begitu indah? Yakni pegunungan yang mengelilinginya. Pegunungan itu sebenarnya gak begitu tinggi, tapi perfect buat pemandangan senja.

Nih ada nih salah satu foto senja di pulau Siput….

pemandangan senja di pulau siput
Senja di pulau Siput Lembata bersama warga yang masih mencari siput | @travelistami

Tapi sebenarnya ya, Lembata gak cuma soal pulau Siput. Kalo ke sini, kita bisa menikmati penangkapan paus ala masyarakat NTT.

Atau bisa juga diving di spot bernama Nuhanera. Kapan-kapan deh kita obrolin spot ini. Tapi kalo mau sedikit ke barat, ada sebuah pulau unik lagi.

Namanya pulau Kenawa di Nusa Tenggara Barat. Pernah lho kita obrolin ini dengan sebutan ‘hilang dari peradaban’. Hehehe, mampir aja kalo sempat.

pulau siput lembata ntt yang cakep pas senja
Pulau Siput dgn keindahan yang luar biasa. Mau geser ke barat dikit aja? | @dianmardiana101

Kapan Mau Main?

Oh iyaa, pesan kita, kalo air udah mulai pasang, segera naik perahu lagi yaa bro n sist. Agar tak terjadi hal yang tak diinginkan.

Dan jangan lupa juga, jaga kebersihan pulau. Beneran deh, 1 sampah aja udah bakal ngerusak view di pulau ini. So, kita jaga bareng-bareng ya!

Sebelum udahan, nih kita kasih salah foto pulau Siput dengan model Najwa Shihab, presenter kenamaan tanah air, hehe.

pulau siput lembata dgn pasir putih dan laut membiru
Pulau Siput Lembata pernah disambangi Najwa Shihab | @najwashihab

Okelah, kayaknya gitu dulu deh bro n sist. Kita ketemu lagi besok ya, jam 6 pagi. Sampai bertemu di pulau Siput Lembata. Tchao!


Featured image by @kaos0blong

Ngobrol santai yuk...