3 Sajian Wisata Pulau Pari Kepulauan Seribu

wisata pulau pari kepulauan seribu

Wisata pulau Pari Kepulauan Seribu telah menjadi primadona di Jakarta yang sangat sibuk, panas, dan macet. Di pulau ini, kita akan dimanjakan dengan alamnya!

Pagi bro n sis, gimana kabar pagi ini? Sehat ya! Hari Minggu nih, main yuk ke pantai berpasir putih atau ke tempat yang sunset view-nya kece abis!

Tenang, kita bakal dapet semuanya. Dan lagi, ini cocok buat teman-teman yang kerja di ibu kota. Masih ada kok wisata alam di Jakarta. Yuk gass!

Sajian Wisata Pulau Pari Kepulauan Seribu

Pulau Pari sebenarnya adalah nama salah satu kelurahan di kabupaten Kepulauan Seribu. Letaknya berada di kawasan paling selatan di kabupaen tersebut.

Kita bisa ke pulau ini dari dermaga Marina di Ancol atau dari pelabuhan Kaliadem di Muara Angke dengan menempuh 1 sampai 1,5 jam perjalanan dengan speedboat.

Di pulau ini kita bisa sepedaan mengelilingi pulau sampai main banana boat. Tapi yang pasti kita dapat adalah pantai dengan pasir putih dan air yang biru-biru. Ya, inilah sajian pertama pulau Pari.

keindahan bawah air pulau pari
Selamat menikmati keindahan wisata pulau Pari Kepulauan Seribu | @pulau_pari_id

Pantai itu bernama pantai Perawan. Betul, Perawan! Perairan di pantai ini selain bersih, juga tenang karena minim ombak, cocok banget buat main air atau snorkeling.

Selain pasir dan airnya yang aduhai, di pantai ini ada juga gazebo dan ayunan yang instagramable. Pasti deh kalo liat langsung pengen foto sembari ngabisin waktu sampai sunset.

gazebo di pulau pari
Gazebo cantik di kala senja ini bakal jadi spot foto favorit. Yuk cobain! | @ilma_aa

Eh kalo sampai malem, emang ada penginapan? Atau kita pulang pas malam hari? STOP! Jangan panik, hehehe.

Di area ini, kita sudah disiapin sama penginapan sederhana ala homestay. Tinggal sewa aja. Tapi kalo mau milih camping ala anak pantai, boleh juga!

camping di pantai perawan pulau pari
Menikmati senja ala anak pantai dgn berkemah, syahdu banget broo! | @pulau_pari_id

Kita bisa nyewa tenda dengan tarif Rp 120.000 per malam dan itu pun tinggal pakai. Udah gitu, ada banyak warung makan yang menjaga kita dari kelaparan, hehe.

Harganya bersahabat, sebersahabat orang-orangnya, hehehe. Ada juga tempat ibadah lho. Enak kan? Oke, selain itu masih ada lagi nih.

Di sekitar pulau Pari terdapat hutan mangrove broo n sist. Kita bisa nyewa perahu buat keliling hutan mangrove.

Ngomongin mangrove, jadi ingat obrolan kita yang waktu itu. Masih ingat? Kalo udah lupa, mampir aja lagi ke Wisata Hutan Mangrove PIK, Sudut Hening Ibu Kota.

keliling hutan mangrove dgn sewa perahu
Nyewa perahu buat keliling hutan mangrove. Keren banget nih! | @tripmurah_id

Mengintip Matahari di Dermaga Bukit Matahari

Jadi gimana? Mau nginep di pulau Pari? Kalo iya, paginya kita bisa bergeser ke dermaga bernama Bukit Matahari.

Dermaga ini termasuk bagian penting dari wisata pulau Pari Kepulauan Seribu karena disebut sebagai spot terbaik untuk menikmati matahari di kala fajar maupun senja.

Selain itu, ada juga yang justru nge-camp di lokasi ini sembari pesta barbeque biasa sampai acara ulang tahun.

senja di dermaga bukit matahari
Pemandangan epik di Dermaga Bukit Matahari | @louise_venh

Lokasinya pun gak jauh-jauh amat dari pelabuhan dan pantai Perawan tadi. Jadi bisa nih masuk ke jadwal traveling kita.

Okelah, mau kapan mampir liburan di spot ini? Jangan lupa buang sampah di tempatnya ya. Jangan sampai kita mengotori pulau keren ini.

Oh iya sebelum udahan, sebenarnya ada 1 pantai lagi nih di pulau Pari, yaitu pantai Pasir Kresek. Pantai ini gak kayak si Perawan tadi.

Kita gak bisa renang di Pasir Kresek, tapi di pantai ini kita bisa melihat penangkaran bintang laut, ikan pari sampai penyu.

penangkaran penyu di pantai pasir kresek
Penangkaran penyu di pantai Pasir Kresek lengkapi wisata pulau Pari Kepulauan Seribu | @rahmat_rusli

Buat mampir ke sini, kita cuma diwajibkan membayar donasi seikhlasnya (semoga belum berubah). Dan pastikan juga kita gak mengotori dengan sampah kita ya!

Dengan tersampaikannya pantai Pasir Kresek, maka lengkaplah sudah wisata pulau Pari Kepulauan Seribu. Sampai ketemu lagi besok pagi ya. Tchao!

wisata pulau pari
Sampai bertemu di pulau Pari | @pulauseribu_tour

Featured image by @ageltones

Ngobrol santai yuk...