Pulau Nusa Barong, Pulau Pengasingan para Traveler

asal usul pulau nusa barong

Pulau Nusa Barong, pernah dengar? Hayoo dimana lokasinya? Nusa Tenggara Barat? Timur? Sorry ya, itu adalah jawaban yang salah. Terus dimana?

Sebelum menjawabnya, nyapa dulu aja lah. Haloo bro n sist, gimana kabar pagi ini? Semoga selalu dalam keadaan baik, aamiin. Pagi ini kita mau ke pulau asing.

Masih punya Indonesia sih, tapi sepi banget. Jadi pas buat jadi pengasingan dari kebisingan, hehehe. Siap gak nih? Jangan lupa bawa tenda. Yuk gasss!

Jajaran Terluar Pulau Jawa

Eh ngomongin pulau yang pas buat pengasingan, jadi inget pulau yang pernah kita obrolin dulu. Ada 2 lagi. Ntar deh kita kasih tau di bagian bawah.

Kembali ke topik. Pulau Nusa Barong, ada juga yang nyebut Nusa Barung, adalah salah satu pulau yang berada di Pulau Jawa. Kejawab kan? Hehehe.

Tepatnya di desa Puger Wetan, kecamatan Puger, kabupaten Jember, Jawa Timur. Buat sampai ke pulau ini, pastinya kita harus nyebrang dulu.

akses menuju pulau nusa barong
Perjalanan 2 jam ke pulau Nusa Barong akan terbayar lunas! Selamat datang! | @pitik_alas

Kita akan menempuh perjalanan sekitar 2 jam dari pelabuhan Puger. Walau agak lama, dan itu pun kalo gelombang gak lagi ‘ngamuk’, kita akan dapat sajian mewah.

Sajian mewah ini adalah pasir pantai yang putih, dengan ombak yang cukup tenang, plus bonusnya adalah ikan-ikan yang siap untuk dipancing!

Eh tapi jangan salah, masih ada lagi. Yakni lokasi yang tenang, gak bising, hening. Ya, pulau Nusa Barong adalah pulau tak berpenghuni broo.

pulau nusa barung termasuk wilayah provinsi
Pulau Nusa Barong adalah pulau yang tak berpenghuni. Sepi brooh! | @destio_dwiputra

Bahkan dari luas sekitar 6.100 hektare pulau ini, terdapat 3 hutan dengan masing-masing ‘alirannya’. Apa aja tuh?

Yang pertama adalah hutan mangrove yang ada di teluk Plirik dan teluk Kandangan. Di area ini tentunya bakal teduh banget, mungkin juga sangat tertutup di bagian tertentu.

Yang kedua adalah hutan pantai yang menjalar sampai ke hutan dataran rendah. Keberadaan hutan ini benar-benar membuat udara di pulau Nusa Barong lebih sejuk.

kehidupan di pulau nusa barong
Selain main air, ada apa lagi di pulau ini? | @bahvidhilmi

‘Magnet’ Lain Pulau Nusa Barong

Oke, kita sebutin dulu bisa ngapain aja di pulau ini. Pantainya yang berombak tenang, kita jelas bisa main air atau snorkeling kalo lebih keren dikit, hehe.

Selain itu, kita bisa mancing ikan langsung dari ‘rumahnya’. Sampai camping sambil ngabisin waktu liburan kita. Tapi di samping itu semua…

Pulau Nusa Barong masih punya ‘magnet’ lain, apa tuh? Hutan yang rimbun tadi sebenarnya adalah ‘rumah besar’, bukan bagi manusia, tapi buat flora dan faunanya.

satwa di pulau nusa barong
Pulau Nusa Barong ditinggali berbagai satwa, termasuk ikan-ikan seperti ini | @bagus_reg7

Sebut aja rusa, kera, sampai babi hutan, semua ada di dalam hutan tersebut. Belum lagi elang laut, walet, kuntul, sampai ayam hutan.

Nah, jadi buat yang mau nginep di pulau ini, harus siap-siap juga tuh sama si empunya rumah, hehehe. Siapa tau mereka datang ‘tak diundang’, hahaha.

Kapan Main?

Jadi kapan mau main nih? Saran kita, kalo mau camping, bawa perlengkapan dari rumah ya. Soalnya di pulau ini bisa jadi belum tersedia.

wisata pulau nusa barong jember
Nginep di pulau ini bakal ada sensasinya sendiri, berani coba? | @choiron_affandi

Terus soal perbekalan, buat jaga-jaga aja, bawa yang banyak biar gak kehabisan. Namanya juga ‘pengasingan’, pasti sepi banget.

Eh tapi soal pulau pengasingan, ternyata gak cuma jadi mlik pulau di Jawa Timur ini aja. Dulu kita pernah ngobrolin pulau Kenawa sama pulau Tikus.

Kalo mau pergi dari kepenatan, 2 pulau itu recommended banget. Cobain deh mampir abis ini.

Udah deh kayaknya gitu dulu yaa bro n sist, kita ketemu lagi besok jam 6 pagi. Sampai ketemu di pulau Nusa Barong. Tchao!


Featured image by @andiexkambey

Ngobrol santai yuk...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.