Gak Punya Pasir, Pantai Ini Tetap ‘Semlohay’. Kapan Kesini?

pantai kesirat kabupaten gunungkidul

Kalo kita ke pantai, kita bakal nemu pasir putih dan kadang hitam di beberapa pantai. Kita juga bisa ketemu sama air sama ombaknya, iyalah kan di pantai bos! Hahahaha. Tapi ada juga lho gan, pantai yang gak ada pasir sama kita gak bisa mandi disana. Terus dapet apa ya kalo main ke pantai yang kayak gitu?

pemandangan pantai kesirat
Inilah pohon ikonik dari pantai Kesirat | image fajarshaprol.blogspot.co.id

Nah, pantai ini yang lagi booming, namanya pantai Kesirat. Pantai ini kalo aku bilang sih unik banget. Kita cuma bisa nikmatin sunset cantik aja, itupun kalo lagi cerah. Tapi anehnya, inilah kelebihan dari salah satu pantai di Gunungkidul ini.

Awal Dikenal

Iya, betul, pantai Kesirat ini terletak di Gunungkidul, tepatnya di desa Girikerto, Jogjakarta. Dulunya, pantai ini lebih dikenal sebagai spot buat mancing di satu sisi tebingnya. Tapi lama kelamaan, gak cuma pemancing aja yang datang. Wisatawan pun, bahkan dari luar Jogja, ikutan menikmati pantai yang lebih mirip tebing ini.

Oh iya, daripada pantai, sebenarnya Kesirat memang lebih mirip tebing. Nah, kalo kita kesana, kita sebenarnya ada di bibir tebing. Menariknya lagi, tebingnya ada pohon yang tumbuh miring. Pohon ini bernama Keben, ada juga yang bilang pohon abadi. Dan dari sana kita bisa menikmati sunset yang indah banget.

Coba deh liat foto yang satu ini…

pantai kesirat jogjakarta
Pemandangan Kesirat Jogjakarta | image www.njogja.co.id

Tiket Masuk

Buat bisa masuk dan menikmati sunset di pantai Kesirat, kita cuma butuh keluar duit Rp 5.000 aja. Buat parkir motor Rp 2.000, kalo mobil Rp 5.000. Tapi karena masih asri, kita gak nemu fasilitas seperti mushola dan warung yang buka 24 jam. Semoga pas kamu baca ini, fasilitas disana udah lebih baik, aamiin.

Kita juga bisa ngecamp disana juga lho. Tinggal bawa aja tenda sama perlengkapannya. Jangan lupa juga bawa persediaan makanan yang cukup, soalnya yaa itu tadi, warung gak buka 24 jam. Motor sama mobil bisa kok dititipkan nginep juga, yang penting bilang ke petugasnya.

Jogja Istimewa, Kesirat Juga Istimewa

Selain jadi spot istimewa buat nikmatin sunset, pantai Kesirat ini juga punya keistimewaan lain. Kita kalo pas lagi musimnya kesana bisa dapet momen migrasinya ikan-ikan besar. Gak tanggung-tanggung, kita bisa liat lumba-lumba, paus hingga hiu tutul lewat di depan mata kita gan!

Di pantai ini juga pernah ada cerita dilewati sekelompok paus yang berjenis Sei. Paus Sei ini punya nama latin Balaenoptera borealis, anggota Balaenoptiidae, dan masuk dalam spesies paus balin. Gedenya paus ini cuma kalah sama paus biru dan paus sirip.

LAST WORDS

Jadi mau kapan guys main ke pantai Kesirat? Kapanpun kesana, jangan lupa ya hati-hati, bawa bekal yang cukup, sama jangan lupa bawa kamera. Nyesel ntar kalo ada sunset, ada paus lewat, eh gak bawa kamera, hahaha.

Udah ya, sambung lain artikel. Ada saran masukan apa koreksi? Komentar aja gan, bebas, hehehe. Thanks!

Ngobrol santai yuk...