Pantai Jolosutro Blitar, Tentang Angin Sepoi & Lautan Hindia

pantai jolosutro blitar

Pantai Jolosutro Blitar mungkin gak begitu populer, tapi bisa jadi spot alternatif buat yang nyari pantai di Blitar. Ada keistimewaan apa di pantai ini? Yuk main!

Pagi bro n sist, gimana kabar? Semoga selalu dalam keadaan baik, aamiin. Pagi ini kita mau main ke pantai. Tapi pantainya yang kurang populer.

Namanya Jolosutro, sebuah pantai di Blitar yang diapit perbukitan. Kalo gak populer, bisa ngapain aja di sini? Boleh mandi? Ikutan dulu yukk ahh…

Keindahan Pantai Jolosutro Blitar

Pantai ini tepatnya berlokasi di desa Ringinrejo, kecamatan Wates, kabupaten Blitar, Jawa Timur. Kalo dari pusat kota, jaraknya kurang lebih 45 kilometer.

Pantai Jolosutro adalah pantai yang menghadap ke samudera Hindia, makanya gak heran ombaknya cukup besar.

Karena kondisi ini, sangat disarankan untuk gak renang ya. Ntar keseret wah repot, hehehe. Cukup masa lalu aja yang menyeretmu, ombak jangan! Hahaha *apaansih

lokasi pantai jolosutro blitar
Pantai Jolosutro adalah bekas pertambangan biji besi. Pasirnya coklat tua, bahkan hitam | @zakiyabuanglemak

Pantai ini juga memiliki pasir coklat tua sampai hitam bahkan mengandung biji besi. Dulunya, spot ini adalah area pertambangan biji besi broo.

Tapi seiring berjalannya waktu, pertambangan pun mulai sirna dan perlahan menjadi tempat wisata potensial di Blitar.

Apalagi keberadaan pohon cemara yang cukup meneduhkan sebagian sisi pantai. Jadi gak perlu terlalu khawatir ntar kulit jadi gosong, hehehe.

pepohonan cemara membuat rindang pantai Jolosutro blitar
Sudut pepohonan cemara membuat rindang pantai Jolosutro Blitar | @dimaskriyuks

Eh ngomongin pantai dengan pepohonan cemara, jadi inget obrolan kita di salah satu pantai di Tuban. Masih inget? Mampir sini deh pantai Cemara Tuban

Lanjut! Pepohonan cemara itu juga membuat angin yang berhembus dari lautan terasa lebih adem, sejuk, dan bikin betah.

Saking betahnya, ada juga yang nge-camp, hehehe. Biasanya abis ini ntar bakar-bakar ikan laut. Uenak tenan!

camping di pantai jolosutro
Camping sembari menikmati deburan ombak pantai Jolosutro Blitar. Seger! | @wl_pebrianty

Oh iyaa, gak perlu takut kemahalan beli ikan di pantai Jolosutro Blitar. Justru di sinilah salah satu ‘markas’ nelayan dengan berbagai macam tangkapan laut.

Sembari bakar ikan, nikmatin juga sajian es kelapa muda. Ya, inilah minuman khas anak pantai, hehehe.

Alternatif Wisata

Nah, selain bisa camping terus bakar-bakaran, kita juga bisa lho naik bukitnya. Keberadaan bukit ini menjadi pembeda dari kebanyakan pantai yang lain.

Pastikan fisiknya sehat, soalnya jalannya bakal nanjak dan bikin capek. Eh tapi jangan salah, view dari atas juga gak kalah kece lho!

pemandangan pantai jolosutro
Pemandangan pantai Jolosutro dari atas bukit. Syahdu rasanya | @nonaseptiana

Sebenarnya, pantai ini bisa jadi alternatif wisata. Soalnya kalo ke Blitar itu identik sama ziarah makam Presiden Soekarno. Pulangnya bisa mampir sini bentar.

Cuma kudu hati-hati juga, jalan menuju pantai ini cukup menantang dengan naik turun dan rusak di beberapa titik.

Sementara itu, tiket masuknya gak mahal, cuma Rp 5.000 aja (harga bisa berubah yaa). Dengan uang segitu kita disuguhi samudera Hindia? Sangar gak tuh?

keindahan pantai jolosutro
Kapan mau ke pantai Jolosutro Blitar? Sampai ketemu di sini ya! | @anggita038881

Okelah, jadi kapan mau main? Kapanpun itu, ingat selalu untuk gak buang sampah di sembarang tempat ya. Ingat! Kita gak boleh ‘memperkosa’ alam!

Gitu dulu yaa, ketemu lagi besok jam 6 pagi. Sampai ketemu juga di pantai Jolosutro Blitar. Tchao!


Featured image by @dianaarahmah

Ngobrol santai yuk...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.