Goa Pinus Batu, Goa ‘Berselimut’ Hutan Pinus

goa pinus batu

Dulu, tak ada yang mendengar nama goa Pinus Batu. Kini, goa ini menjadi lokasi bersantai dan melepas penat. Mau lihat view-nya? Yakin deh bikin betah. Yuk main!

Haloo bro n sist, gimana kabarnya? Semoga selalu dalam keadaan baik, aamiin. Pagi ini kita mau ngadem ke kota Batu, tepatnya ke sebuah goa.

Tapi ini gak sembarang goa. Goa ini dikelilingi Air Conditioner alami berukuran raksasa. Pastinya, dijamin betah main ke sini. Yuk gass!

Goa Pinus di Batu Malang

Iyaa bro, namanya goa Pinus. Goa ini berlokasi di desa Gunungsari, Bumiaji, kota Batu. Fyi, kota Batu sekarang udah berdiri sendiri lho, udah gak di Malang lagi.

Ada juga yang lewat jl. Paralayang, Pujon, kota Batu. Kalo dari pusat kota, perjalanan pakai mobil bisa ngabisin 25 sampai 30 menit perjalanan.

Akses 90% udah mulus kok, beberapa titik aja yang kurang bagus. Nah, pada penasaran gak sih, ini sebenarnya goa apa hutan pinus ya? Hehehe.

selamat datang di goa pinus malang
Selamat datang di goa Pinus Batu yang sejuk dan nyegerin, hehehe | @heriyudianto1909

Itulah daya tarik yang pertama di spot ini. Disebut goa Pinus Batu karena ada goa di tengah hutan pinus. Inilah kenapa disebut dikelilingi AC raksasa, hehehe.

Soal ukuran, biasanya gao yang ukurannya besar dan ada stalagtit plus stalagmit. Yang satu ini, beda banget.

Goa pinus ukurannya cuma 1 meter aja. Kalo mau masuk, yaa musti nunduk, bahkan jalannya merangkak. Mau? Tenang, gak cuma itu aja kok yang ada di sini.

spot foto di goa pinus batu
Ada banyak pilihan tempat foto, ini salah satunya. Mau coba? | @nydiaivanah

Sadar akan trend, goa Pinus Batu bersolek dengan menyiapkan spot foto unik sampai menakjubkan!

Disini kita bisa berfoto dengan latar ranting kayu yang dibentuk sedemikian rupa. Ada juga kampung Papua yang iconic bange di spot ini.

Tapi sorry, itu belum semua. Yuk kita lihat yang lebih menakjubkan. Apa tuh?

Buang Tangan Kreativitas

Goa Pinus Batu sebenarnya sudah lama ada. Dulunya, spot ini adalah bekas lokasi tambang pasir. Untung saja ada ‘tangan-tangan’ yang berinisiatif.

sudut indah di goa pinus batu
Tangan-tangan kreativitas mengubah wajah goa Pinus Batu | @rizhaoctaviana

Warga kemudian menyulap goa menjadi wisata alam yang menyejukkan. Apalagi tempatnya berada di atas bukit dengan hutan pinus. Adem bener!

Dan di salah satu sudutnya, dibangunlah gardu pandang yang menghadap ke gunung Arjuno. Beneran deh, view ini super menakjubkan!

Nikmatin juga tuh rimbunnya hutan pinus yang menghijaukan mata. Dijamin hati yang panas pun jadi adem, hehehe, lebay.

goa pinus di batu malang
Inilah salah satu wahana foto terfavorit di goa Pinus Batu. Keren ya! | @ka.riskaa

Saat ini, goa Pinus Batu terus bersolek agar sajiannya gak cuma itu-itu aja. Tapi sampai hari ini, fasilitas penunjangnya sudah cukup memadai.

Udah ada tempat ibadah, lokasi parkir, sampai warung makan.

Kapan Main?

Jadi kapan mau main ke sini? Nginetin aja nih, yuk kita ikutan ngerawat dengan tidak membuang sampah sembarangan.

lokasi goa pinus batu malang
Yuk main ke goa Pinus Batu & nikmati kesejukkannya! | @imanraniman

Udah adem enak gini masak dikotorin sampah. Gak asik! Oh iya, soal harga tiket masuknya. Gak mahal kok, cuma Rp 10.000 dan parkir Rp 5.000

Sebelum udahan nih. Dulu, kita pernah ngobrolin lokasi wisata alam bekas pertambangan kapur di Madura. Kalo ada waktu, mampir sini yuk >> Evolusi Brilian ala Jaddih ( VIDEO ) <<

Okelah, kayaknya cukup dulu ya. Kita ketemu lagi besok pagi. Hari Senin nih, kudu semangat! Sampai ketemu di goa Pinus Batu. Tchao!


Featured image by @reginachouchou

Ngobrol santai yuk...