Menikmati Goa dengan Gaya Baru di Goa Pindul Jogja

alamat goa pindul gunung kidul yogyakarta

Abis ngomongin waduk Sermo sama Gunung Api Nglanggeran, kayaknya masih aja ada yang kurang. Apalagi kalo itu soal Jogja, hehe. Kota ini emang punya banyak spot liburan yang keren, dari yang buatan sampe yang alami. Nah soal yang alami dan gak semua kota punya, ini salah satunya.

Susur gua, tapi pake pelampung. Keren gak tuh? Kamu bisa melakukan di di gua Pindul bro. Tapi ngomongin soal susur gua, jadi inget film pertama yang jadi rekomendasi Jejak Alam buat para traveler beraliran ‘Sufi’. Film apakah itu? Lihat aja di tulisan kami yang judulnya Awas! Ini Cuma Buat Traveller Beraliran ‘Sufi’

Oke, kita balik ke Jogja, tepatnya ke Bantul. Monggo…

Cara Baru Nikmatin Susur Gua

Gua Pindul berada di desa Bejiharjo, Karangmojo, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Kalo dari bandara Adi Sucipto kira-kira 1 jam-lah bro. Gua sepanjang 350 meter dan lebar 5 meter ini dapat kamu tempuh selama 45 menit sampai 1 jam. Dari permukaan air ke atap gua sekitar 4 meter dan buat kedalamannya mulai dari 1,5 sampai 12 meter.

Gua ini kayak kotanya, istimewa, karena menggabungkan rafting dan susur gua yang kemudian dikenal dengan istilah cave tubing. Jadi kamu gak perlu jalan bro, tinggal duduk aja di ban pelampung dan ngikutin aliran sungai. Oh iya, soal aliran sungai, di gua ini termasuk tenang dan kalem kok. Gak bergelombang kayak yang buat murni rafting.

wisata gua pindul gak perlu jalan kaki
Santai dan ikuti aliran air saja broo | indonesiaspektakuler.blogspot.co.id

Di perjalanan ini nanti kamu bakal ketemu sama tempat yang biasa disebut Sumur Terbalik sama masyarakat sekitar. Sumur ini kayak ruangan yang cukup besar yang di bagian atas terdapat sebuah lubang. Dari lubang ini masuklah sinar matahari yang membuat Sumur Terbalik instagramable banget. Nah, kamu bisa ngambil foto-foto di tempat ini bro.

wisata goa pindul di gunungkidul
Sumur Terbalik, spot paling instagramable di Goa Pindul | indoloka.com

Tapi jangan salah brooo… Gak cuma di situ aja, kamu juga wajib ngambil foto di stalagtit yang juga istimewa ini. Kenapa istimewa?

Gua emang identik sama stalagtit dan gua Pindul punya stalagtit bertaraf internasional! Salah satu stalagtit di gua ini melakukan ‘fusion’ dengan salah satu stalagmit dan menjelma menjadi yang terbesar ke-4 di dunia. Bentuk dari karya sang alam ini mirip kayak tiang raksasa.

stalaktit goa pindul
‘Tiang penyangga’ gua nomor 4 sedunia ada di Pindul | tripgoapindul.com

Paling enggak butuh 4 sampai 5 orang buat meluk ‘tiang’ yang satu ini. Jadi sayang banget kalo ke gua Pindul sampe gak foto sama spot fenomenal ini.

Berapa Duit?

Gua Pindul adalah salah satu spot yang udah matang wisatanya. Nah, buat kamu yang mau menikmatinya cukup keluarin duit Rp 35.000. Duit segitu udah sepaket broo sama jasa pemandu, perlengkapan cave tubing (ban pelampung, jaket pelampung, sepatu karet, head lamp), sama asuransinya.

Tapi karena harga mungkin aja bisa naik, siapin aja Rp 50.000 gitu deh yaa. Buat spot keren Rp 50.000 mah kecil, hehehe.


Featured image by paketwisatajogja75.com

Ngobrol santai yuk...