Danau Kakaban, Main Ubur-ubur Ala Spongebob

danau kakaban di kalimantan

Wisata danau Kakaban menyajikan pengalaman seru bermain dengan ubur-ubur. Tapi tunggu dulu! Ada beberapa pantangannya. Pantangan apa tuh?

Nah, ntar kita bahas pantangan itu sebelum kita main ke danau ini. Sebelum itu, nyapa dulu deh ya, hehehe. Pagi bro n sist, gimana kabar pagi ini?

Gak kerasa ya? Kita udah di ujung Oktober nih. Sebagai penutupnya, hari ini kita mau main ke danau yang lokasinya sangar banget. Mana tuh?

Danau Kakaban di Pulau Kakaban Kalimantan

Danau Kakaban sebenarnya ada di pulau yang bernama sama, Kakaban. Pulau seluas 774,2 hektare ini adalah tetangganya pulau Derawan. Tau kan Derawan?

Pulau ini udah nge-hits beberapa tahun belakangan ini. Dari pulau itu, kita bisa naik speedboat menuju pulau tujuan ini. Perjalanannya sekitar 1 sampai 1,5 jam.

Jadi udah pada tau kan lokasinya dimana? Ya, benar. Danau Kakaban berada di Kalimantan timur, tepatnya di kabupaten Berau.

danau kakaban kalimantan timur
Lelahnya perjalanan akan dibayar lunas keindahan danau Kakaban | @yayat_ruhayat

Danau seluas 5 kilometer persegi ini unik. Ia sebenarnya adalah atol yang naik ke permukaan. Atol ini berbentuk cincin raksasa atau mirip juga sama lensa kaca mata tunggal.

Nah, air di tengah danau ini terperangkap, tak bisa keluar ke laut lepas lagi. Dan setelah jutaan tahun, airnya bercampur dengan air hujan dan air laut.

Air laut itu merembes melalui pori-pori pasir dari dasar danau. Kebayang gak rasa airnya? Yaa tetep asin broo, hehehe.

Dengan bentuknya yang keren, danau ini nampak seperti kolam raksasa di tengah laut. Mantab kan? Tapi gak cuma itu yang mantab. Yuk lanjut main!

gambar danau kakaban
Sajian utama pulau Kakaban adalah tentang ubur-ubur | @cahyodc

Sajian utama yang bisa kita nikmatin di danau Kakaban adalah bermain dengan ubur-ubur. Secara langsung. Nyebur ke danaunya. Takut tersengat?

Hehehe, gak perlu takut. Ubur-ubur di sini udah gak ‘ngambekan’ (baca:menyengat) lagi alias ‘jinak’. Tapi tetep ada rambu-rambunya ya bro n sist.

Pengelola danau Kakaban melarang beberapa hal buat yang mau renang dan main bareng ubur-ubur. Apa aja tuh?

danau kakaban terletak di pulau
Pengen main sama ubur-ubur kayak doi? Ada rambu-rambunya lhoh, yuk lanjut! | @syahraainisiregar

Upaya Pelestarian

Yang pertama adalah dilarang mengenakan sunblock sebelum berenang. Hal ini dimaksudkan biar gak merusak alaminya air di danau Kakaban.

Kalo rusak, yang punya ‘rumah’ yang kena polusinya bro. Terus gak boleh juga pake fin atau sepatu katak. Biar kalo kita renang gak gangguin ubur-ubur di belakang kita.

Terus ada lagi, dilarang mengambil ubur-ubur dan mengeluarkannya dari danau. Ngangkat doi sampai ke permukaan air aja sangat tidak disarankan.

Yaa iyalaah, doi kan cocoknya di air bukan di udara, hehe. Terus masih ada nih. Kalo mau renang di laut, bukan di danaunya, itu boleh, asal….

danau kakaban derawan
Abis renang di laut gak boleh nyebur di danau Kakaban lho yaa! | @yayat_ruhayat

Setelah renang di laut lepas, jangan kemudian masuk ke danau. Soalnya, plankton dan mikroorganisme laut lainnya bisa jadi predator di dalam danau.

Kalo mereka besar di dalam danau, mereka bisa jadi benalu bagi si ubur-ubur. Dan yang terakhir, kita gak boleh buang sampah di dalam danau.

Yaa pastinya doong. Sampah itu tempatnya bukan di danau! Janganlah kita ‘memperkosa’ alam dengan membuang sampah sembarangan!

danau ubur ubur kakaban
Mari ikutan jagain ubur-ubur dgn tidak membuang sampah di danau Kakaban ya | @iismamaevan

Kayaknya agak ribet ya bro n sist? Tapi coba dipikir logis deh, semua itu arahnya sama, yakni ke pelestarian danau Kakaban.

Danau ini unik banget, di dunia cuma ada 2, yang 1 di kepulauan Mirconesia. Kalo gak dijaga, waduh kebangetan banget. Ya kan?

Tapi tenang, kita tetap bisa bersentuhan dan berfoto sama ubur-ubur. Yaa, mirip-mirip kayak Spongebob-lah ya, hehehe.

Kapan Main?

Biasanya sih, yang kayak gini gak bakal puas walau udah seharian, hehe. Tapi karena pulau Kakaban tak berpenghuni, kita gak bisa nginep sini.

keunikan danau kakaban
Ubur-ubur adalah penghuni Kakaban, kurang rekomen buat nginep di pulau ini, hehe | @bramsuryahadi

Kita musti balik dulu ke Derawan. Untungnya, di Derawan banyak penginapan dengan tarif Rp 100.000an ribu per malam.

Jadi kapan mau main? Okelah, kayaknya gitu dulu soal danau Kakaban ini. Kita ketemu lagi besok jam 6 pagi di bulan November ya. Tchao!


Featured image by @aconk_firmansyah

Ngobrol santai yuk...