Curug Sanghyang Taraje Garut, Tangga Menuju Langit

curug sanghyang taraje garut

Curug Sanghyang Taraje Garut adalah curug dengan keindahan super megah. Beberapa fotonya kayak gak di Indonesia, kayak di Swiss. Yuk main!

Pagi bro n sist, gimana kabarnya pagi ini? Semoga selalu dalam keadaan baik, aamiin. Pagi ini kita mau ngadem, ikutan gak nih?

Tepatnya ke sebuah air terjun yang diberi nama Sanghyang Taraje. Lokasinya di Garut nih, ada yang dari Garut? Yuk gass!

Curug Sanghyang Taraje Garut

Kalo dari pusat kabupaten Garut, jaraknya sekitar 50 kilometer, yakni di desa Pakenjeng, kecamatan Pamulihan, kabupaten Garut, Jawa Barat.

Tapi sorry nih, kalau mau ke curug ini, kita musti siapin dulu motor kita. Rem dan kondisi mesin pastikan dalam keadaan oke. Tau kenapa?

Karena jalan ke curug Sanghyang Taraje Garut sangat menantang, naik turun bukit. Itulah kenapa naik motor lebih direkomendasikan.

curug sanghyang taraje di garut
Untuk sampai ke sini, kita harus berjalan kaki. Siap gak nih? | @hendra700

Hehehe, jangan senang dulu, itu belum semua lho. Sesampainya di lokasi, kita masih harus jalan dulu. Naik turun bukit dengan kemiringan mencapai 70 derajat lebih!

Nah kalo ini, pake sandal aja, yang anti selip. Biar enak gak gampang terpeleset. Soalnya gak cuma itu, track ini juga bakal cukup melelahkan.

Untungnya, spot yang mau kita sambangi ini cakepnya minta ampun. Bakal dibayar lunas deh sama kecantikannya. Serius!

lokasi curug sanghyang taraje garut
Lelahnya perjalanan akan dibayar lunas di curug Sanghyang Taraje Garut | @ilham_t.h

Lokasinya berada di ketinggian 1000 meter di atas permukaan laut. Udah pasti udaranya sejuk, adem, apalagi dengan air terjun. Dijamin betah!

Terus lagi, curug ini bertinggi 100 meter dan termasuk lokasi wisata alam yang megah. Rerumputan beserta gazebo di sekitarnya akan membuat lelah kita sirna *asek

Oh iya, ada lagi. Curug ini berada di antara tebing. Derasnya air ini sampai 2 arus yang menjadi jalan turunnya air terjun. Keren deh!

keindahan curug sanghyang taraje garut
Tak bisa dipungkiri, keindahan curug ini salah satunya dari aliran arusnya yang bercabang | @ricky__inst

Tapi gak cuma itu yang bikin keren. Ada sisi lain yang juga menjadi bumbu dan daya tarik spot ini. Apaan tuh?

Sisi Lain Curug Sanghyang Taraje Garut

Hampir setiap wisata alam di Indonesia punya sisi lain. yakni keberadaan legenda, mitos, dan ‘cerita lama’ yang ada di lokasi tersebut.

Termasuk di curug ini. Konon, Sanghyang Taraje berkaitan dengan cerita Sangkuriang dan Kian Santang. Entah tuh beneran apa enggak.

foto curug terindah di jawa barat
Sama seperti curug lain, spot ini pun ada kaitannya dgn cerita lama | @_aaaallll

Selain itu, curug ini juga disebut sebagai jalan naik menuju khayangan. Ini dapat dilihat dari namanya, ‘sanghyang’ dan ‘taraje’.

Kalo kata ‘curug’ pasti udah pada tau kan artinya apa? Betul, artinya ‘air terjun’. Sedangkan ‘sanghyang’, ada 2 arti yang populer. Apa aja tuh?

Yang pertama adalah sebutan dari bahasa Sunda untuk mengagungkan seorang dengan kekuatan supranatural. Arti ini beda jauh sama arti yang ke-2.

mitos curug sanghyang taraje
“Tangga menuju khayangan”, keren gak tuh? Hehehe | @diki_taufik

‘Sanghyang’ pada definisi lain berarti ‘khayangan’ atau ‘langit’. Sedangkan ‘taraje’ berarti ‘tangga’. Kebayangkan maksud dari nama curug Sanghyang Taraje?

Ya, artinya kurang lebih adalah air terjun yang menjadi jalan menuju khayangan. Wow! Udah ala-ala film lawas gitu ya, hehehe.

Kapan Main?

Sebenarnya, air terjun dengan cerita lama kayak gini ada banyak. Salah satunya air terjun Jurang Manten. Percaya atau enggak, silakan tentukan sendiri, hehe.

wisata alam curug di jawa barat
Jangan sampai kita kotorin tempat secantik dan senyaman ini. Okay? | @kulicitra

Oh iya, soal fasilitas, curug ini udah dilengkapi dengan musholla, tempat istirahat, toilet, sampai warung-warung penjaja makanan.

Itu semua bisa kita nikmati dengan duit Rp 5.000 aja (HTM bisa naik kapan aja. Jadi jangan sampai kita yang merusaknya. Oke?

Okelah, kita ketemu lagi besok ya. Sampai ketemu juga di curug Sanghyang Taraje Garut. Jangan lupa beli dodol Garut juga, hehehe. Tchao!


Featured image by @idrisns

Ngobrol santai yuk...