Evolusi Brilian ala Jaddih ( VIDEO )

Aku mau bilang: Brilliant!

Abis lihat tempat traveling barumu ini, aku mau bilang ‘Brilliant!’

Gimana gak brilian ngelihat si Jaddih. Awalnya spot tambang, eh malah jadi spot wisata yang keren abis sampe masuk tv juga. Iya, namanya Jaddih. Asli Indonesia kok. Mau kenal? Boleh. Tapi kalo naksir, jangan nyalahin aku ya, hehehe.

Oke, yuk langsung ke rumahnya aja. Kita ke Madura….

Oh iya, di bawah ntar kita kasih link liputan si Jaddih di NetTv juga. Selamat baca, selamat nonton ya!

Tambang Jadi Wisata

Namanya Bukit Kapur Jaddih. Doi tinggal di kecamatan Socah, desa Jaddih, kabupaten Madura, Jawa Timur. Kalo ditarik dari pusat Surabaya, kira-kira ada 28 kilometer perjalanan. Kalo dari Bangkalan, 10 kilometer aja. Kita bisa kesana naik motor atau naik mobil.

Sesuai namanya, bukit kapur, spot ini adalah bekas lokasi pertambangan kapur. Sekilas emang agak mirip sama Brown Canyon Semarang sama Tebing Breksi deket Prambanan. Cuma bedanya lokasi ini udah lebih matang penggarapan wisatanya.

Dari pertambangan, si Jaddih ‘disulap’ jadi lokasi yang enak buat main. Disana udah ada spot kayak kolam renang atau pemandian yang konon airnya muncul secara alami dari bawah tanah. Orang sana nyebutnya Aeng Goweh Pote yang artinya Air Gua Putih.

wisata bukit kapur jaddih madura
Kolam renang di bekas lokasi tambang. Keren gak tuh? | liburmulu.com

Kalo gak mau mandi, hehehe, kamu bisa main ke atas bukit. Disana ada hamparan rerumputan hijau yang bikin mata dan pikiran kalem. Kamu bisa santai aja sambil foto-foto. Saking indahnya, tempat ini juga sering jadi lokasi pre-wedding, cieee…

Buat masuk sama nikmatin si Jaddih, kamu cuma perlu keluar duit Rp 2.000 aja, sama parkirnya Rp 5.000. Trus kalo mau mandi di kolam renang tadi tambah Rp 10.000. Lumayan murah lah yaa buat piknik yang super unik.

Evolusi Belum Selesai

Si Jaddih ini sebenarnya belum 100% berevolusi. Penambangan kapur masih dilakukan bahkan pake alat berat. Jadi kalo kesana tetap hati-hati guys yaa. Apalagi ada sebagian jalan yang masih belum mulus. Semoga deh segera dimulusin.

Oh iya, namanya juga dekat sama lokasi tambang, biasanya kan panas tuh. Baiknya kalo kesana kamu bawa topi deh. Biar lebih adem aja.

Dan semoga evolusi ini benar-benar menjadikan Jaddih 100% lokasi wisata dan traveling yang asik. Gak cuma buat wisatawan, tapi juga buat warga lokal. Mengais rezeki dengan menambang selalu beresiko besar. Beda halnya kalo mereka beralih menjadi pelaku wisata di rumah mereka sendiri, yakni Jaddih.

Masuk NetTv

Nah, sesuai sama janji tadi, ini kita kasih link buat yang mau lihat liputan bukit kapur Jaddih sama NetTv. Ah jadi tambah mupeng aja nih hahaha.


Featured image by ksmtour.com

Ngobrol santai yuk...