Foto dan Snorkeling di Bunaken-nya Klaten

peta lokasi umbul ponggok klaten

Udah beberapa kali kita ngomongin snorkeling. Kayak pas di tulisan yang judulnya Dua Tempat Snorkeling Indonesia adalah Dua yang Terbaik Dunia, Hilang dari Peradaban di Pulau Kenawa sama Snorkeling di Pantai Nglambor Jogja, Snorkeling yang Gak Bikin Boncos. Cuman, kali ini beda. Kalo yang itu tadi kan kita musti ke pantai, nah yang ini, gak perlu ke pantai gan. Tapi soal view-nya, gak bakal nyangka kalo itu gak di pantai. Lhah, terus dimana snorkelingnya?

Kali ini kita ke Klaten, Jawa Tengah. Kita mau lihat spot snorkeling yang ada di sebuah kolam alami. Kolam ini biasa disebut Umbul Ponggok, udah tau kan? Tapi gak cuma snorkeling bro. Di sini kita bisa nikmatin juga spot foto bawah airnya. Keren kan? Udah yuk kita langsung aja ke Ponggok…

Snorkeling Ala Bunaken

Umbul Ponggok berada di desa Ponggok, kecamatan Polanharjo, kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Kalo dari pusat kota jogja, kira-kira 1 jam perjalanan. Tapi mungkin lebih cepat kalo gak macet bro.

Nah, katanya, umbul ini udah ada sejak jaman kompeni Belanda. Kolamnya asli dari alam dengan aliran yang gak deras-deras amat. Dan karena aliran itu, air disini gak amis atau bau walau dihuni banyak ikan. Malahan, ikan-ikan disini bak menyulap umbul Ponggok serupa dengan Bunaken!

tempat wisata di klaten dan sekitarnya
Bening ya gan? Airnya…hehehe | lifestyle.okezone.com

Iya bro, ikan-ikan yang berwarna-warni berenang di atas permukaan pasir dan batuan yang ada di dasar umbul ini. Apalagi pas kena sinar matahari, udah kayak Bunaken aja. Oh iyaa,umbul Ponggok juga dijuluki Bunaken van Klaten lho karena keindahan bawah airnya.

Jadi buat kamu yang minat snorkeling di Bunaken dari Klaten ini, kamu bisa deh puas-puasin mengeksplorasi kolam seluas 50 x 25 meter ini. Gak perlu takut tenggelam juga bro, kedalamannya cuma 1,5 sampai 2,6 meter aja kok.

Tapi kalo masih takut…

Kamu bisa bawa pelampung dari rumah atau sewa pelampung yang udah disediain. Selain pelampung, kamu juga bisa nyewa perlengkapan snorkeling tadi sampai tabung oksigen buat yang diving. Udah deh, lengkap banget tinggal pilih aja, hehehe.

Umbul Ponggok emang jadi umbul favorit buat aktivitas snorkeling. Bahkan karena kualitas airnya yang kayak laut, umbul ini juga dijadikan tempat latihan para pecinta diving. Jangan kaget kalo pas kesana ketemu orang-orang yang ‘habitatnya’ di laut, hehehe.

Eh tapi gak cuma itu, umbul Ponggok juga punya spot foto yang super instagramable dan hits banget. Mau tau?

Potret bawah Air

contoh foto prewedding outdoor unik
Mau foto prewedd anti mainstream? Umbul Ponggok jawabannya, hehe | umbulponggok.com

Umbul Ponggok punya arus yang tenang, air yang biru, ikan yang beraneka ragam, tentunya ini bisa jadi latar foto yang oke banget. Tapi gak sembarang kamera bisa dipake broo, kan di bawah air, hehehe. Tapi tenang, sekali lagi Ponggok udah nyiapin semuanya buat kamu.

Disana ada persewaan kamera underwater dengan paket 30 menit dan 1 jam. Tapi kalo mau lebih, kamu juga bisa sewa tukang fotonya sekalian, hahaha. Minat? Kalo iya, disaranin dateng pagi aja jam 7-9 atau sore jam 2-4. Jam-jam segitu biasanya perpaduan air jernih sama sinar matahari lagi bagus-bagusnya.

Tapi spot ini gak cuma buat pelancong doang lhoo. Kalo kamu mau punya foto pre-wedd yang anti mainstream, kamu bisa pilih spot ini. Jadi ntar foto pre-wedd di bawah air. Keren gak tuh? Tapi syaratnya 1, udah ada belum calonnya? *eh

 Berapa Duit?

Buat masuk ke umbul Ponggok, kita cuma butuh duit Rp 15.000 per orang. Tapi kalo mau paket snokeling dan pelampungnya, jadi Rp 30.000 aja. Harga ini bisa naik sewaktu-waktu, bawa duit dobel ya buat jaga-jaga, hehehe.

Nah, terus kapan kita main? Sampe ketemu disana ya. Mau nyari calon dulu biar bisa foto pre-wedd di Umbul Ponggok *eaa

wisata umbul ponggok di klaten
Lhah, malah main ps, hahaha | mulpix.com
foto di umbul ponggok klaten
Jernihnya air di umbul Ponggok | mulpix.com

Featured image by spadepicnic.wordpress.com

Ngobrol santai yuk...