Yeey! Hari Ini adalah Ulang Tahun Pulau Komodo yang ke-47

objek wisata pulau komodo nusa tenggara timur

Hari ini adalah hari spesial lhoh, apalagi buat salah satu ikon wisata dan traveling di Indonesia. Udah tau belum hari ini adalah ulang tahun Pulau Komodo yang ke-37? Yeey! Dan yang lebih istimewa lagi, Google pun tak mau ketinggalan momen penting ini.

Kalo kita buka Google.com atau Google.co.id, kita bakal ketemu sama doodle khusus yang udah disiapin buat ultahnya pulau Komodo. Kalo diklik, nanti kita dikasih pertanyaan seputar pulau Komodo. Yaa, semacam kuis gitulaaah…

Nah, udah pada tahu belum nih sejarah panjang Tanam Nasional Komodo yang jadi warisan dunia ini? Ikutin kita terus yaa…

Berlian Pariwisata paling Berharga di Dunia

Pulau Komodo adalah sebuah pulau yang berada di Nusa Tenggara. Pada hari ini, 37 tahun yang lalu, berdirilah Tanam Nasional Komodo (TNK) yang juga menjadi penangkaran komodo terbesar sedunia!

Taman nasional ini juga meliputi pulau lain yang ada di kanan-kirinya, yakni pulau Komodo itu sendiri, pulau Rinca, sama pulau Padar plus beberapa pulau kecil lainnya. Dengan demikian, bila ditotal beserta luasnya perairan rumah komodo ini, luas total TNK mencapai 173.300 hektare.

taman nasional komodo kabupaten manggarai barat nusa tenggara timur
Taman Nasional Komodo punya luas lebih dari 173.000 hektare | www.langgeng-wisata.com

Eh ngomongin soal rumah komodo, di TNK ada sekitar 277 species komodo yang dulunya berasal dari Asia sama Australia. Tapi selain komodo, TNK juga dihuni sama 37 species reptilia lain, 32 species mamalia, dan 128 species burung langka.

Karena keunikan dan keindahannya, pulau Komodo diganjar UNESCO dengan status sebagai Situs Warisan Dunia pada 1991. Tapi gak cuma itu, pada 2006, TNK dijadikan salah satu ‘role model’ dari Taman Nasional di Indonesia. Edan emang, keren abis!

Nah, pesona rumahnya komodo ini sampai-sampai memikat hati sang pembalap paling tersohor saat ini lho, Valentino Rosi. Mas Rosi, hehehe anggap aja sodara, kemarin abis mampir ke Labuan Bajo buat foto-foto sama komodo. Udah tau kan infonya ini?

Ah kalo belum kamu juga harus mampir kesini deh Gak Cuma VR46 Aja, Dua Pesohor Lainnya Juga Pernah Mampir.

kunjungan valentino rosi ke pulau komodo indonesia
Vale dkk lagi ngawasin Komodo | image by Wonderful Indonesia

Bukan Kali Pertama Google

Google sebenarnya bukan kali pertama membuat doodle khusus buat Indonesia. salah satu yang gak terlupakan adalah saat ulang tahun kemerdekaan Indonesia kemarin, Google merilis doodle edisi Indonesia merdeka.

doodle ulang tahun pulau komodo | ulang tahun pulau komodo
Doodle buat Indonesia ini ternyata bukan yang pertama lhoh

Belum lagi yang terbaru sebelum Komodo ini, yakni doodle buat mas Pram. Tau mas Pram kan? Itu lhoo, Pramoedya Ananta Toer. Beliau adalah seorang sastrawan ulung yang karyanya ia haramkan difilmkan orang bule, harus orang pribumi. Keren ya!

Nah, setelah ini, siapa lagi yang bakal dikasih doodle spesial ya? Tapi yang pasti, semoga ulang tahun pulau komodo yang ke-37 ini bisa dijadikan tonggak untuk lebih baik lagi. Semoga panjang umur ya broo, hehehehe. Dan jangan lupa, kita juga harus nyempetin main ke Komodo. See you there!


Featured image by www.jalansanasini.com

Ngobrol santai yuk...