Abis Lihat Spot Ini, Masih Mau Bilang Pacarmu Paling Seksi?

bukit pergasingan sembalun lawang kabupaten lombok timur nusa tenggara barat

Awalnya cuma liat foto di ig-nya @folkindonesia, lama-lama naksir juga sama 1 spot ini. Seksi banget deh, namanya mbak Balun, nama lengkapnya Sembalun, hehehe. Udah pernah main kesana bro?

So, kali ini aku mau sharing soal mbak seksi yang 1 ini. Siapa tau bisa jadi referensi jalan-jalanmu sama ‘si dia’. Dari beberapa sumber, tulisan ini bakal ngasih tau kita apa itu Sembalun sama ada apa aja disana. Oke?

LanjutGan!

Kenalan Yuk…

Jadi sebenarnya di Lombok itu gak cuma gunung Rinjani aja, masih ada pantai bukit, air terjun, desa wisata kuno, bahkan spot alami nan asri bernama Sembalun. Apa itu Sembalun?

Sembalun adalah salah satu kecamatan yang Tuhan takdirkan ada di Lombok sebelah timur. Kecamatan ini memiliki luas lebih dari 217 Km2 dengan 6 desanya, yakni desa Sembalun Bumbung, desa Sembalun Lawang, desa Sajang, desa Bilok Petung, desa Sembalun, sama desa Sembalun Timba Gading.

Selain seksi karena alamnya yang masih asri, Sembalun ini juga sejuk dan bikin betah deh. Kok bisa? Bisa aja, soalnya rata-rata spot di tempat ini ada di 800 sampai 1200 meter di atas permukaan laut. Bisa kerasa lah ya sejuknya, macam AC alam gitu deh pokoknya.

Spot Paling Seksi

Entah ya, kamu setuju apa enggak, ada 1 spot yang paling menarik mata. Spot ini bisa dibilang bukit, bisa dibilang juga sabana. Namanya Dandaun. Ada yang dari Lombok? Bukit apa sabana nih?Tapi yang pasti, foto-foto yang udah main kesini bikin mupeng banget. Nih beberapa di antaranya :

Persawahan desa Sembalun
Yang ada cuma alam yang masih asri. Keren asli! | 7og4nk.blogspot.co.id/

 

adem bener bukit dandaun
Hijau dan sejuk aja rasanya | www.imgrum.net/

 

sembalun part 3, keren gak nih?
Alam lebih besar dari kita, tapi tak lebih besar dari Yang Punya | ig : @folkindonesia

Selain Itu…

Gak cuma sabana sama bukit Sembalun aja lho. Di kaki gunung Rinjani ini masih ada beberapa spot yang harus kita sambangi juga. Apa aja itu? Ini dia…

  • Bukit Pergasingan

Bukit ini biasa jadi ‘pelampiasan’ para pendaki yang batal naik Rinjani yang kadang ditutup sementara. Meski cuma bukit yang artinya gak setinggi gunung, spot ini menawarkan keindahan yang aduhai. Gimana enggak, pas di puncak kita punya background Rinjani. Tapi tunggu dulu…

bukit pergasingan sembalun
Bukit dgn background Rinjani. Edaaan! | explorerinjanitrekking.com

Bukit ini punya kemiringan sampai 60 derajat lebih. Selain itu, rata-rata perjalanan menuju puncaknya sampai 3 jam. jadi jangan sampai ditinggal tuh perlengkapan tracking-nya. Dan yang harus selalu diingat, harus hati-hati broo!

  • Air Terjun Mangku Sakti

Air terjun ini, katanya, masih sangat asri dan  baru sedikit orang yang tau. Bahkan ada yang bilang awalnya warga lokal aja gak semua tau lho. Tapi sekarang perlahan-lahan pemerintah dan para blogger mengenalkannya pada dunia.

air terjun mangku sakti
Air terjun yang masih tak terjamah banyak tangan, Mangku Sakti | www.pinezrinjanitrekker.com

Air terjun ini adalah satu-satunya air terjun yang mengalir dari gunung Rinjani. Jelas guys, asri dan asli, sejuk dan menyegarkan. Kalo abis naik Rinjani, bisa nih turunnya mandi disini. Masih di Sembalun, Lombok timur kok.

  • Desa Wisata Blek

Sembalun punya desa wisata, namanya Desa Wisata Blek atau Belek. Kata ‘belek’ ini artinya desa besar dan konon katanya desa inilah desa paling tua di Sembalun. So, pastinya rumah-rumahnya ini juga rumah paling antik di Sembalun ini bro.

Tapi gak cuma itu uniknya…

desa wisata blek
Desa Wisata Blek, Sembalun, Lombok Timur | rinjaniexplore.blogspot.co.id

Rumah hanya berjumlah 7 yang dilengkapi 7 tangga masuk menuju ke dalam. Selain itu, rumah ini cuma ada 2 ruangan aja, kamar tidur sama tempat menyimpan alat pertanian.

Sebelum Out

Spot yang keren di Lombok pastinya gak cuma Sembalun aja, masih ada pantai sampai desa wisatanya. Kapan-kapan kita share lagi spot-spot seksi lainnya itu. Kalo kamu ada saran atau koreksi buat tulisan ini, kamu bisa tulis di komentar ya.

Thanks!

Ngobrol santai yuk...