Main ke Rumah ‘Marisa’ di Danau Terbesar ke-2 di Sumatera

objek wisata danau ranau sumatera selatan

Kalo mau ngomongin danau, pasti pada merujuk ke danau Toba. Emang wajar sih, danau Toba adalah danau terbesar di Indonesia dan namanya udah dikenal di dunia internasional. Tapi apa cuma danau itu aja yang unik di negara kita? Enggak bro. Ada banyak, salah satunya danau yang mau kita obrolin ini.

Masih di Sumatera kok, tapi gak ‘satu rumah’ sama sang Toba. Mereka berdua ada kemiripan, dan semoga bakal ada ‘The Next Toba’. Selain berdampak positif buat warga sekitar karena menggerakkan perekonomian juga bagus buat para traveller. Mereka jadi ada menu baru buat dikunjungi, hehehe.

Yaa udah, yuk main ke Danau Ranau…

Danau yang Terbelah

Ya, namanya Danau Ranau. Danau Ranau punya keunikan yang mungkin jarang kita temui, apa itu? Karena lokasinya, dia nampak ‘terbelah’ di 2 kabupaten. Sebagian ada di kabupaten Lampung Barat dan sebagian lagi berada di kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan, Sumatera Selatan.

Selain karena terletak di dua kabupaten, danau Ranau juga menyandang status danau terbesar ke-2 di pulau Sumatera dengan luas nyaris 130 kilometer persegi. Danau ini juga punya view eksotis karena keberadaan gunung Seminung dengan ketinggian kurang lebih 1.880 meter di atas permukaan laut.

gunung seminung lampung barat
View gunung Seminung yang berpadu sama danau dan hijaunya tetumbuhan | www.ekokurniady.com

Mirip kayak Toba, danau Ranau juga terbentuk karena gempa besar dan letusan vulkanik gunung berapi. Tapi karena posisinya berada di perbukitan yang berlembah, ia tetap berhawa dingin nan sejuk.

Kesejukan itu bisa kamu nikmati dengan perahu yang bisa kamu sewa dengan harga yang murah buat berkeliling sekitar danau. Pemandangan gunung berpadu dengan jernihnya air. Oh iya, karena airnya yang jernih dan terjaga, warga setempat juga sering memancing ikan seperti mujair, kepiat, harongan, dan kepor.

Dan gak cuma ikan aja, wisatawan juga bisa ikut berenang dan snorkeling. Tapi ingat, air disini dingin. Berani ikutan renang bro? Kalau enggak, coba ke spot yang satu ini aja…

pulau marisa danau ranau
Kamu bisa ketemu penginapan, air terjun & pemandian air panas di pulau Marisa | suzannita.com

Bertamu ke Marisa

air terjun subik danau ranau
Air terjun yang ada di pulau Marisa | southsumatratourism.com

Kalo air yang dingin nan sejuk tak menarik ‘tubuhmu’ untuk merenanginya, mendingan kamu ke tempatnya Marisa aja. Hehehe, ini bukan Marisa Nasution ya, tapi Marisa adalah sebuah pulau kecil yang ada di tengah danau Ranau. Siapa yang tiba-tiba keinget pulau Samosir di danau Toba? Hehehe.

Di pulau Marisa, kamu bakal disuguhkan sumber air panas. Kamu bisa berendam dan bersantai menghabiskan waktu. Kalo masih kurang juga, kamu bisa ke air terjun Subik Tuha buat foto-foto yang instagramable banget.

Murah untuk Ukuran View yang Menakjubkan

Buat kamu yang pengen menikmati danau Ranau, kamu cuma butuh uang masuk sebesar Rp 4.000. Tapi jaga-jaga kalo udah naik, buletin aja jadi Rp 10.000 atau Rp 20.000. Lagian angka ini termasuk murah untuk ukuran keindahan danau Ranau.

Selain itu, di sekitar danau ada pondok-pondok yang dibangun dan dijaga oleh warga sekitar. Kamu bisa menyewanya kalo pengen bermalam di danau. Tapi siapin jaket sama sleeping bag broo, soalnya suhu di danau bisa sampai 20 derajat celcius bahkan lebih rendah.


Featured image by www.indonesia-tourism.com

Ngobrol santai yuk...