Teluk Kiluan Lampung Selatan, Rumahnya Ribuan Lumba-lumba

teluk kiluan lampung selatan

Masih ingat tulisan tim Jejak Alam yang kemarin? Kemarin kita ngobrolin sebuah danau di pulau Sumatera yang ‘menelan’ dan ‘memuntahkan’ cahaya, kali ini kita masih di pulau yang sama tapi di spot yang berbeda. Teluk Kiluan Lampung Selatan, pernah denger? Yap, kita mau main ke teluk bro.

Walau aksesnya gak mudah, tapi alam di teluk ini masih asri bro. Bahkan teluk ini jadi rumahnya koloni lumba-lumba dengan jumlah terbesar di dunia! Nah, keren kan? Tapi gak cuma itu, alamnya pun gak bisa diremehin banget. Agendakan ya, kapan-kapan kita main kesini…

Oke kali ini kita kenalan dulu sama Kiluan yang menawan!

Alam yang Memanjakan Penghuninya

Teluk Kiluan berada di Lampung, tepatnya di desa Kiluan Negeri, Kelumbayan, Tenggamus, Lampung Selatan. Kalo dari pusat kota Lampung, perjalanan kira-kira 3-4 jam. Tapi kita harus siap mental dan fisik bro karena jalanan belum sepenuhnya mulus. Eh tapi tenang aja, Kiluan bakal meredakan lelahmu dengan sekejap.

gambar pantai teluk kiluan lampung
Kiluan bakal menyambut kita pake keindahan tiada tara ini | marotravel.com

Teluk Kiluan Lampung Selatan ini punya pantai dengan pasir putih yang nyegerin mata. Belum lagi airnya yang jernih dan banyak ikan kecilnya. Saking banyaknya, tempat ini sering dijadikan spot memancing. Dan hebatnya, setiap tahun diadakan lomba memancing di Kiluan yang mampu mendatangkan pemancing-pemancing ahli dari berbagai penjuru negeri. *asek

Tapi kalo gak suka mancing, kita main aja sama lumba-lumba. Mau?

pemandangan lumba-lumba di kiluan
Di Kiluan, kita bisa ‘membeli’ pengalaman main sama lumba-lumba bro | pariwisatalampung.com

Kiluan ternyata dihuni puluhan hingga ratusan ekor lumba-lumba Paruh Panjang. Lumba-lumba jenis ini adalah kelompok yang gak malu-malu nunjukin diri ke permukaan. Mereka berlarian (baca:berenang) dan melompat kesana kemari layaknya anak-anak kecil yang sedang bermain.

Kita bisa ikut menikmati tingkah laku mereka lebih dekat dengan menyewa perahu Katir. Si Katir ini akan membawa kita lebih dekat dan kalo beruntung, kita juga bakal dikasih lihat lumba-lumba jenis lainnya yang justru sungkan menampakkan diri, yakni lumba-lumba Hidung Botol.

Dan kalo dapet jackpot-nya, kita bisa lihat penyu hijau langsung dari rumahnya di teluk Kiluan broo! Penyu yang dilindungi ini jarang banget terlihat. Pengalaman mahal ini adalah sajian alam paling diminati di Kiluan karena ratusan kawanan lumba-lumba ini adalah yang terbesar di dunia! Sayang banget kalo dilewatin ya…

Teluk Kiluan Lampung Selatan yang Bikin Betah

Kalo lumba-lumba dan penyu hijau beserta ombak Kiluan gak memuaskan kita, kita bisa menikmati suasana teluk di sore hari. Di waktu inilah muncul penghuni lain dari Kiluan, yakni kawanan Siamang, Simpai, dan Kukang. Kalo malam tiba dan malam itu adalah purnama, kita akan dikasih 1 lagi sajian alam tak terlupakan.

senja di teluk kiluan
Siap menikmati senja bersama deburan ombak Kiluan? | hanyasenja.wordpress.com

Kita akan menyaksikan keindahan sang rembulan yang indah dengan backsound deburan ombak yang tak jera menghantam bibir pantai. Ah indahnya.

Kalo udah ngantuk, tinggal tidur aja di pantainya, atau ke penginapan. Tenang broo, Kiluan udah ada penginapan yang layak dan pas buat kita-kita.

Kalo indah dan terus-terusan dimanjain sama alam, kapan puasnya kita? Yuk ke teluk Kiluan Lampung Selatan!


Featured image by wikipedia.org

Ngobrol santai yuk...