Taman Nemo di Pulau Pahawang Lampung Selatan

pulau pahawang lampung selatan

Pernah nonton film Finding Nemo kan? Kalau kita pergi ke taman Nemo di Pulau Pahawang Lampung Selatan, rasanya kayak berada di film itu. Mau?

Pagi gaes, selamat pagi. Gimana kabarnya? Semoga sehat selalu ya. Seperti biasa, setiap jam 6 pagi kita akan traveling sebelum kerja, hehehe.

Kali ini kita mau main ke Lampung, tepatnya di sebuah pulau bernama Pahawang. Bisa ngapain aja kita disini? Ikutin ya, dijamin gak nyesel, apalagi buat para pecinta snorkeling!

Awal Kebangkitan Pulau Pawahang Lampung Selatan

Buat yang belum tau, pulau Pahawang ada di Lampung Selatan bro n sist. Selain jadi nama pulau, kata Pahawang juga jadi nama desa di kecamatan Marga Punduh, kabupaten Pesawaran, Lampung. (Wikipedia)

Tak disangka, sebuah desa seluas 1.084 hektare yang awalnya tak terlalu tenar ini bisa jadi daya tarik lain di Lampung setelah teluk Kiluan.

Nah, pernah ke teluk ini? Kalo belum abis ini mampir aja deh ke Teluk Kiluan Lampung Selatan, Rumahnya Ribuan Lumba-lumba. Pastinya ini juga gak boleh dilewatin gitu aja, hehehe.

Lanjut…

Diawali pada 2012 saat seorang pemuda bernama Suhendi bersama nelayan setempat merehabilitasi hutan bakau dan terumbu karang yang rusak.

pintu masuk pahawang
Ada nama Suhendi dibalik Pahawang yang sekarang | triptrus.com

Selain itu, Suhendi dkk juga membersihkan pantai dari sampah sebelum akhirnya diperkenalkan melalui media sosial.

Pelan tapi pasti, pulau Pahawang kemudian dikenal dan dikunjungi wisatawan baik lokal sampai mancanegara.

Sadar akan potensi yang lebih besar, mereka kemudian menyiapkan diri untuk menjadi tuan rumah yang baik, yakni dengan cara menyiapkan penginapan yang memadai.

Awalnya dari rumah-rumah warga sekitar, kemudian villa, home stay, sampai cottage untuk rombongan juga disiapkan.

Kini nelayan Pahawang tak hanya makan dari melaut, tapi juga menyewakan kamar plus perahu-perahu mereka pada wisatawan.

Nah, pake perahu ini kita bisa ngapain aja? Kini saatnya kita main, hehehe. Lanjut?!

Sajian Taman Nemo Pahawang

Nah, ini nih yang lagi nge-hits di jagat instagram. Namanya Taman Nemo Pahawang. Disinilah rumah-rumah ikan Nemo yang sama persis kayak di film itu.

Ya, kita bisa snorkeling sama ikan Badut dan melihat langsung lokasi budidaya terumbu karang. Jangan salah bro n sist, pelestarian terus dilakukan sembari menjual potensi wisatanya.

tempatnya ikan badut di pahawang
Main sama Nemo langsung di rumahnya | wisatatiga.com

Ngomongin soal snorkeling, ternyata gak cuma disitu aja. Masih ada pulau-pulau kecil lainnya seperti Pahawang Kecil, Kelagian, Cuku Bedil, dan Tanjung Putus.

Nah para nelayan tadilah yang bisa mengantarkan kita ke pulau-pulau ini dengan perahu sewaan mereka.

Jangan lupa juga buat foto di antara pulau Pahawang dan Pahawang Kecil. Disinilah candi-candi kecil buatan masyarakat sekitar diletakkan.

pulau pahawang kecil kabupaten pesawaran lampung
Jangan lupa foto disini ya! Hehehe | kebudayaanindonesia.com

Candi tersebut bertuliskan “Pahawang”, “Pulau Pahawang Wisataku”, dan “Welcone to Taman Nemo”. Wah pastinya instagramable banget!

Abis Snorkeling Terus Ngapain?

Potensi snorkeling ini lahir dari perairan Pahawang yang santai dan cenderung tenang sepanjang tahun. Apalagi kedalamannya hanya sekitar 3 meter.

Tapi kalo udah capek snorkeling sama mandi air, kita bisa lakuin hal lainnya. Bisa juga kita bersepeda mengelilingi pulau Pahawang dengan sepeda yang bisa disewa Rp15.000/jam (harga bisa berubah).

Eh abis renang sepedaan, malah tambah capek ya? Hahaha.

Okelah, bisa main hammock di antara pepohonan kelapa di pinggir pantai yang putih pasirnya. Atau mau main Banana Boat? Bisa juga!

banana boat di pahawang
Main ginian juga bisa, ayo siapa ikut? | ig @piknik_lampung

Duh syahdu banget buat ngabisin waktu, hehehe.

Yang pasti bro n sist, gak cukup deh kalo cuma 24 jam disini. Butuh waktu yang lebih banyak.

So, siapkan waktu dan tenaganya! Dan tentunya uang sakunya, hehehe.

Gitu dulu ya, sampai ketemu besok pagi di blog yang sama!

Semoga pulau Pahawang Lampung Selatan semakin maju! Aamiin.


Featured image bersosial.com

Ngobrol santai yuk...