[ VIDEO ] Afrika ala Indonesia yang Abadi Bersama Raisa (1/2)

taman nasional baluran banyuwangi

Indonesia, negara kita ini, emang kerennya gak ketulungan deh. Disini tuh jauh sama Paris, tapi punya yang namanya Paris van Java yang mengarah ke Bandung. Kalo sukanya yang lucu-lucu, ada Opera van Java, hahaha. Acara tv yang ada di hampir setiap malam di Trans7. Tapi gak cuma itu…

Ada lagi namanya Africa van Java, hahaha, keren ya. Nama yang satu ini mengarah ke sebuah taman nasional yang mirip banget sama belantara Afrika. Pasti kamu udah tau kan? Raisa aja jatuh hatinya disini, masa belum tau? Hehehe.

Okelah, kalo gitu kita kenalan aja sama Afrika dari Jawa yang juga diabadikan sama Raisa di video clipnya.

Replika Afrika

Gelar Africa van Java disandang oleh Taman Nasional Baluran, sebuah taman nasional yang sensasional dari Jawa Timur. Tepatnya di Banyuputih, Situbondo dan Wongsorejo, Banyuwangi, Jawa Timur. Nama Baluran sendiri mengacu pada nama gunung yang menjadi ikon di kawasan ini, yakni gunung Baluran.

Taman nasional ini terdiri dari hutan mangrove, hutan musim, hutan pantai, hutan pegunungan sawah, hutan rawa, hutan yang hijau sepanjang tahun dan vegetasi sabana. Dan untuk tipe vegetasi sabana sendiri adalah yang paling dominan, yakni 40% dari lahan seluas kurang lebih 25.000 hektare.

Di lahan seluas itu, kita bakal disuguhi pemandangan yang emang Afrika banget. Baluran punya ‘penghuni’ yang emang kayak di benua hitam itu. Sebut aja banteng, kerbau liar, kijang, rusa, kancil, kucing bakau, sampai yang ‘horor’ adalah, macan tutul! Edannn!

padang savana baluran situbondo
Ini gak cuma ada di Afrika, di Indonesia juga ada! | airyrooms.com

Jadi disana kalo ada banteng atau rusa yang lari-larian itu udah bukan barang baru. Karena view itulah yang disajikan Taman Nasional Baluran. Tapi kalo kamu datang di waktu yang tepat, kamu gak cuma dikasih lihat rusa lari-larian, tapi duel rusa!

Tepatnya di kawasan yang disebut Bama, Bilik, sama Balanan. Tiga spot ini adalah arena rusa jantan berduel memperebutkan betina. Atraksi ini ‘mereka’ helat pada bulan Juli atau Agustus. Selain atraksi duel rusa, kamu juga bisa menikmati ‘pagelaran’ kera abu-abu memancing kepiting atau rajungan dengan ekornya saat air surut. Hahaha bayangin aja udah lucu banget tuh…

banteng di taman nasional baluran
Salah satu penghuni Taman Nasional Baluran, sang Banteng | nationalgeographic.co.id

Abadi di Lagu Jatuh Hati

Ah, kalo mau cerita semua tentang Baluran gak bakal selesai deh. Selain yang kita tulis di atas, Baluran masih nyimpan spot buat snorkeling, wisma tamu, wisma peneliti, atraksi lain kayak tarian burung Merak pas musim kawin, spot berkemah, sampai habitat macan tutul yang dianugerahi sumber mata air yang gak pernah kering, padahal di Afrika…walau replika, hehehehe.

Nah, karena Taman Nasional Baluran ini cuakepnya gak ketulungan, Raisa memilihnya jadi latar salah satu video clipnya yang berjudul Jatuh Hati. Kalo lihat video ini rasanya gak cuma Baluran yang bikin jatuh hati beneran deh, Raisanya juga, hahahaha. Emang siapa ya yang gak naksir sama ‘bidadari’ ini?

Soal Baluran ini, kita bakal ketemu lagi di bagian ke-2 ya. Buat penutup, yuk kita nonton Raisa nyanyi di atas bumi Afrika van Java….


Featured image by balurannationalpark.web.id/

Ngobrol santai yuk...