Pegunungan Karst Tertinggi ke-3 Dunia Ada di Indonesia!

rammang rammang maros sulawesi selatan

Ada banyak spot alam menarik di dunia ini dan kalo dilihat-lihat, Indonesia punya hampir semua keindahan alam. Pantai? Ada, paling luas malahan. Gunung? Apalagi. Air terjun? Duh jangan tanya. Dan masih banyak lagi, termasuk gunung kapur. Indonesia ternyata juga punya pegunungan karst yang masuk 3 besar di dunia.

Buat yang belum tau, karst artinya kapur. Jadi kalo pegunungan karst artinya pegunungan kapur. Nah, salah satu pegunungan karst yang ada di Indonesia cuma kalah dari 2 negara di dunia. Dan pastinya, spot ini bakal ngasih alternatif traveling buat kita semua.

So, kali ini kita mau main ke karst terbesar di Indonesia sekaligus terbesa ke-3 di dunia.

Bukan Warung Remang-Remang

Pegunungan karst yang dimaksud berada di Maros, Pangkep, tepatnya di desa Salenrang, kecamatan Bontoa, kabupaten Maros, provinsi Sulawesi Selatan. Kalo dari Makassar, yaa kurang lebih 40an kilometer atau sekitar 2 jam perjalanan pake motor.

Penduduk sekitar ngasih nama pegunungan unik ini Rammang-Rammang, bukan remang-remang lho ya, hehehe, apalagi warung remang-remang. Waduh!

Kata ‘Rammang’ sendiri artinya kabut atau awan. Jadi kalo rammang-rammang artinya yang dipenuhi kabut atau awan. Dan emang gitu broo kenyataannya. Pegunungan ini sering banget diselimuti kabut, apalagi kalo lagi musim hujan atau pagi hari. Kalo pagi hari pas musim hujan, wah pekat banget pastinya, hehehe.

Ada beberapa spot yang bisa kita kunjungi disini, contohnya kayak telaga Bidadari, gua Bulu Barakka, gua Telapak Tangan, gua Pasaung, sungai Pute, atau ke taman hutan batu kapur.

tempat wisata di kabupaten maros sulawesi selatan | rammang rammang maros sulawesi selatan
Jelajahi alam Rammang-rammang dgn perahu | anekawisatanusantara.blogspot.com

Nah, luas lahan hutan batu kapur Rammang-rammang ini tak kurang dari 45.000 hektare. Dengan lahan seluas ini, kawasan karst Rammang-rammang dinobatkan sebagai yang termegah di Indonesia. Bahkan untuk taraf dunia, Rammang-rammang cuma kalah sama Tsingy di Madagaskar dan Shilin di China.

Taman Hutan Batu, Sajian Utama Rammang-Rammang

Karena luas banget, taman hutan batu ini dibagi menjadi 2, utara dan selatan. Dan hampir setengahnya, atau sekitar 20.00 hektare-nya, taman ini masuk ke taman nasional Bantimurung Maros. Tapi kalo main ke taman batu, apaan yang dinikmati ya?

Namanya aja taman, kalo taman bunga berarti ada berbagai macam bunga disana. Begitu juga batu, di taman batu berarti ada banyak sekali jenis bebatuan.

Dan yang paling menonjol adalah batu kapur. Karst di Maros-Pangkep ini ternyata punya batuan kapur dari ukuran kecil sampai puluhan meter menjulang ke atas. Maka dari itu sebutannya dengan nama ‘pegunungan’.

traveling sulawesi selatan
Kegagahan pegunungan karst tertinggi di Indonesia | wisatasulawesi.com

Selain itu, gua gua yang berjajar ternyata memberi keindahan tersendiri. Di dinding-dinding gua itu menjadi bukti bahwa manusia purba pernah mendiami gua di karst ini. Dan karena keunikan inilah UNESCO akhirnya memasukan nama karst Maros-Pangkep Rammang-Rammang ke dalam daftar warisan dunia.


Featured image by www.dzargon.com

Ngobrol santai yuk...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.