Pulau Tikus di Bengkulu, Kecil tapi Mempesona

pulau tikus di bengkulu

Beberapa kali kita pernah ngobrolin pulau-pulau kecil yang punya potensi alam yang indah luar biasa. Contohnya kayak pulau Kenawa dimana kita bisa hilang dari peradaban atau pulau Petong yang jadi spot snorkeling baru di Batam. Tapi udah tau belum pulau Tikus di Bengkulu?

Nah kali ini, kita mau ngobrolin pulau kecil yang ternyata menyimpan keindahan yang menakjubkan dibalik namanya binatang yang ia miliki, hehehe. Langsung aja yuk ke Bengkulu…

Pulau Tikus

Pulau Tikus adalah sebuah pulau kecil yang ada di wilayah Bengkulu. Kalo dari pusat kota, jaraknya kurang lebih 40 menit dengan perahu nelayan. Luas pulau ini cuma 0,6 sampai 1,5 meter aja, tergantung pasang surutnya air laut. Walau kecil, kamu gak bakal percaya sama potensi bawah lautnya.

Pulau Tikus punya pasir putih dengan air laut yang tenang. Nah, kalo airnya tenang biasanya cocok buat apa? Tentu aja, snorkeling!

pulau tikus berpasir putih
Pemandangan pulau Tikus dengan pasirnya yang putih kemilau | atapermata.wordpress.com

Diperkirakan ada seluas 200 hektare lahan bawah air pulau Tikus yang ditumbuhi terumbu karang. Dan itu artinya, seluas itulah spot snorkeling yang bisa kamu jelajahi di pulau ini.

Kalo kamu minat mau snorkeling disini, kamu bisa nyewa perlengkapan snorkeling yang biasanya sudah satu paket sama paket wisatanya. Atau kalo gak kamu bisa bawa dari rumah. Dan karena pulau ini kecil, wisatawan biasa datang pagi dan pulang sore.

Gak Cuma Jadi Tempat Buat Snorkeling

Kecilnya pulau Tikus gak sebanding sama potensi bawah airnya. Didukung sama keindahan susuan terumbu karangnya yang menawan, perairan pulau ini dihuni berbagai macam jenis ikan kecil. Ikan-ikan ini bakal nemenin kamu saat ber-snorkeling ria.

Selain ikan, kita juga bisa ketemu sama biota lainnya kayak berbagai jenis terumbu karang, udang, bahkan sampai lobster sama penyu brooo! Tapi khusus penyu, gak sembarang waktu kita bisa melihatnya. Maklum penyu banyak sibuk banyak acara, hahaha.

penyu hijau penghuni pulau tikus
Penyu hijau penghuni pulau Tikus | taman-wisata-indonesia.blogspot.co.id/

Tapi kalo ngebet banget pengen lihat penyunya, mending dateng pas malem aja. Lebih tepatnya pas musim bertelurnya para penyu. Sebagian orang, termasuk para penggiat dan aktivis kelautan, biasa ngecamp dan mendirikan tenda di pulau Tikus ‘cuma’ biar gak ketinggalan momen penyu sisik bertelur. Mau ikut?

Itu tadi alam bawah laut, kalo di atasnya gimana ya?

Jangan salaah. Pulau Tikus yang kecil ternyata juga ditumbuhi berbagai macam tumbuhan. Selain kelapa yang jadi tumbuhan wajib pinggir pantai, ada lagi pohon nyamplung, ketapang, dan pohon waru.

Ada juga satwa penghuni si Tikus seperti bangau hitam, burung dara laut, burung pecuk padi, dan burung kwak maling. Keren ya pulau Tikus di Bengkulu ini, main ah…!


Featured image by ksmtour.com

Ngobrol santai yuk...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.