Pulau Terindah di Indonesia selain Bali? Ada! Banda Neira!

keindahan pulau banda neira

“Bilur embun di punggung rerumputan

langit biru, kapas awan

sapa burung berbalasan”

Ya, itu adalah salah sepenggal lirik lagu yang disenandungkan Banda Neira. Band indie yang udah bubar ini emang punya lagu yang puitis dan deket banget sama alam. Salah satunya lagu itu. Mau denger? Ntar deh kita kasih link.

Tapi pernah gak sih mikirin sebenarnya apa makna di balik nama Banda Neira? Apa gak sempet mikirin karena sibuk dengerin lagunya? Hehehe. Padahal nama itu istimewa lho.

Banda Neira ternyata adalah nama sebuah pulau di Maluku. Pulau ini menyimpan keindahan yang mempesona, gak jauh-jauh sama lantunan lagu-lagu mereka sih.

Nah, kali ini kita mau main ke Banda Neira. Sebuah pulau indah di sudut Indonesia.

Berkenalan dengan si Banda Neira

Ngomongin pulau terindah di Indonesia selain Bali bakal banyak banget, tapi salah satunya adalah pulau yang satu ini. Banda Neira namanya.

Pulau Banda Neira atau yang juga biasa disebut Banda Naira adalah satu pulau yang berada di kepulauan Banda. Kepulauan ini berlokasi di kecamatan Banda, kabupaten Maluku Tengah, Maluku Indonesia.

Pulau Banda Neira termasuk pulau kecil karena cuma 6 desa yakni Kampung Baru, Dwiwarna, Nusantara, Rajawali, Tanah Rata, dan Merdeka. Tapi jangan salah, pulau ini dihuni tak kurang dari 14.000 jiwa dan telah dilengkapi dengan kantor pemerintahan, dermaga, bahkan sampai bandara bro!

bandara bandanaira
Ini dia bandara Bandanaira | ngadem.com

Bandara di pulau ini diberi nama sesuai dengan lokasinya, yakni Bandara Bandanaira. Tapi sebagian orang menyebutnya bandara Banda. Jadi kalo mau menikmati alam di Maluku ini kita datang dengan pesawat. Tentu perjalananya relatif lebih cepat.

Eh emangnya bisa ngapain aja kalo ke Banda Neira?

Mendaki Gunung Banda Neira

Di kepulauan Banda Neira, ada satu pulau yang cuma dihuni oleh ‘satu’ saja, yakni gunung berapi. Karena keberadaan gunung tersebut, pulau ini dinamakan Pulau Gunung Berapi. Tingginya sekitar 660-an meter di atas permukaan laut dan bisa dipuncaki kurang lebih 2 jam pendakian.

gunung api banda neira
Jangan diliatin aja doong, yuk naik dek! *eaa | sahabatimajinasi.blogspot.co.id

Di pucuk gunung ini kita bisa menikmati sunsire. Eh jangan lupa juga ambil foto buat instagrammu dengan background bandara Bandanaira sama Benteng Belgica. Eh benteng apa nih?

Benteng yang (Tak Lagi) Perkasa

Di seberang gunung Berapi Banda Neira berdirilah benteng Belgica. Benteng ini adalah peninggalan penjajah dari Portugis dari abad ke-16. Lokasinya berada di atas ketinggian 30 meter di atas permukaan laut. Belgica disebut-sebut menjadi spot terbaik buat menikmati sunset bro.

obyek wisata di maluku tengah pulau banda neira benteng belgica
View gunung Berapi Banda Neira dari atas Benteng Belgica | www.ilmitour.com

Selain benteng Belgica, ada lagi benteng dengan nama Nassau dan Hollandia. Meski bertetangga dengan Belgica, namun ketiganya beda nasib. Nassau tak terawat lagi, sedangkan Hollandia tinggal puing-puingnya saja. Tapi kalo buat jadi spot foto, kayaknya oke juga nih.

Snorkeling

Naaah, pasti deh, kalo main ke pulau kecil yang cakep itu musti main air juga, hehehe. Banda Neira ternyata punya spot snorkeling yang bagus banget. Saking banyaknya lahan terumbu karang, kita diwajibkan untuk lebih berhati-hati.

tempat snorkeling di maluku tengah
Spot wajib buat snorkeling nih bro. Keren banget ya? | marischkaprudence.blogspot.co.id

Jadi buat kamu yang masih belajar snorkeling, kamu pake aja jaket pelampung biar kaki gak nginjak terumbu karang. Kan sayang tuh kalo keinjak.

Terekam dalam Senandung Banda Neira

band indie banda neira
Band indie Banda Neira dgn lantunan puitisnya

Sebenarnya, gak cuma 3 itu tadi aja gan. Banda Neira masih ada rumah pengaingan pengasingan bung Hatta dan Rumah Captain Cole. Dan yang pasti, pulau ini bakal ngasih kita pengalaman tak terlupakan deh. Se-takterlupakan-nya lantunan band dengan nama Banda Neira ini.

Ada satu lagunya yang sebagian kecil lirinya kita tulis di awal tadi. Video klipnya juga keren banget karena nampilin alam Indonesia yang gak ketulungan cakepnya. Dan karena itulah tim Jejak Alam memasukkan lagu Matahari Pagi ke dalam 1 dari 5 lagu buat para pendaki dan petualang. Mau denger sambil lihat video clipnya?

Mampir aja ke (VIDEO) 3+2 Lagu Pilihan buat Pendakian dan Jalan-jalanmu


Featured image by ngadem.com

Ngobrol santai yuk...