Tempat Ini Setara Sama Raja Ampat, Wakatobi, Bunaken Jadi Satu

pariwisata yang menarik di pulau sulawesi tengah

Seperti yang udah kita tahu, Indonesia adalah negara kepulauan. Ada ribuan puluan yang menghiasi ‘rumah’ besar kita ini. Mulai dari pulau yang besar, sampai pulau yang kecil, semua berjajar menampilkan keindahan yang tiada dua di dunia. Keindahan inilah yang kemudian jadi ‘makanan’ para traveler.

Termasuk pulau yang akan kita obrolin ini, namanya pulau Sombori. Sebuah pulau kecil yang ternyata menyimpan keindahan layaknya Raja Ampat, Wakatobi, sama Bunaken jadi satu. Bukan kami lho yang bilang, hehehe. Tapi kebayang gak tuh seberapa indahnya?

Ya udah, kita langsung aja ke TKP. Catat ya, alam di pulau ini bakal jadi spot travelingmu!

Keterbatasan di Balik Mutiara yang Terpendam

Sombori adalah kepulauan yang masuk dalam wilayah desa Mbokitta, kecamatan Menui Kepulauan, Morowali, Sulawesi Tengah. Kita bisa ke sini via Kendari dengan perjalanan 3-4 jam dengan perahu. Sesampainya di Sombori, kita akan disambut oleh penduduk yang merupakan suku Bajo.

Ya, semua yang ada di pulau ini adalah suku Bajo. Di antara mereka jugalah kamu akan menginap bro, maklum pulau ini gak ada penginapan, hotel, atau sekadar homestay (tapi semoga segera ada). Nampak masih ‘perawan’ bukan pulau ini?

pulau sombori sulawesi tengah
Kehidupan yang masih tradisional di Sombori | lintokendari.blogspot.co.id

Masyarakat Sombori gak bercocok tanam karena tanah mereka gak cocok buat itu. Sehingga mereka semua melaut mencari ikan. Oh iya, walau udah dijamah sama listrik, tapi masyarakat disini baru menikmatinya pada jam 6 petang sampai 10 malam.

Di pulau mereka juga gak ada air tawar, jadi kalo lagi butuh air mereka menyebrang ke pulau lain. Dan yang lebih miris lagi apa bro? Bangunan yang mereka dirikan rata-rata berbahan dasar kayu yang suatu hari nanti lapuk. Plus 1 lagi, satu-satunya sekolah di Sombori cuma Sekolah Dasar. Kalo mau lanjut sekolah, anak-anak harus pindah ke pulau lain.

Ah sudahlah, nanti jadinya sedih, gak jadi main, hehe. Kita doakan biar Sombori semakin maju dan cemerlang kedepannya. Secemerlang potensi alamnya yang disebut mutiara terpendam. Gak cuma itu sih, Sombori juga disebut perpaduan antara Raja Ampat, Wakatobi, sama Bunaken. Edaaan!

Sebutan itu gak keluar dari mulut orang biasa lho bro, tapi diucapkan langsung sama Wakil Bupati Morowali, Sumisi Marunduh. Tapi apa benar sekeren itu? Padahal 3 tempat yang disebut udah punya nama besar di Indonesia.

tempat wisata yang ada di sulawesi tengah
Sombori, spot wisata masa depan Sulawesi Tengah | lintokendari.blogspot.co.id

Mutiara yang Siap Bersinar

Walau Sombori gak punya penginapan, hotel, atau homestay, tapi dia punya segalanya buat jadi tempat sekeren Raja Ampat, Wakatobi, sama Bunaken. Ada beberapa spot yang bisa kamu kunjungi kalo kesini, tapi paling enggak kamu gak boleh lewatin yang bakal kita sebutin ini…

  • Pulau Kayangan

Sesuai namanya, Kayangan, pulau ini punya keindahan tingkat super. Kayangan adalah pulau kecil yang punya pasir putih yang indah. Tapi gak cuma itu, perairannya yang jernih, dangkal, tenang dan gak ada ombak menjadikannya maskot Sombori. Udah tau mau ngapai kalo ke Kayangan?

Tentu aja, snorkeling! Eh tapi itu gak cukup. Perlu sesuatu yang lebih menantang.

Kayangan punya tebing setinggi kurang lebih 30 meter yang gak semua orang boleh naik! Siapa yang gak boleh? Yang punya phobia ketinggian, hehe. View keren di atas sini harus jadi foto instagrammu. Di sudut lain, ada spot buat loncat ke ‘kolam’ Kayangan. Berani gak nih?

pulau indah di indonesia yang belum terkenal
Ini dia pulau Kayangan di kawasan Sombori. Berani loncat dari atas sini? | somboriisland.com

Ngomongin loncat dari ketinggian jadi inget Sironjong. Abis ini mampir ke sini ya Putus Asa? Pengen Bunuh Diri? Loncat di Pulau Sironjong Aja!

  • Goa Berlian dan Goa Tengkorak

Nah, abis mandi dan basah-basahan, sebelum pulang kita harus mampir ke 2 goa ikonik Sombori ini bro. Yang pertama adalah goa Berlian. Hampir bisa ditebak ya bro, kalo ke sini suasana goa yang kita lihat kayak berlian yang menyala karena paparan sinar matahari. Gak semua goa kayak gini ya…

Yang ke-2 adalah goa Tengkorak. Dinamakan Tengkorak karena dulu pernah ditemukan tengkorak manusia yang sampai sekarang tak teridentifikasi. Dua goa ini megah karena stalaktitnya, jadi sayang banget kalo gak mampir.

goa tengkorak di sulawesi tengah
Penampakan goa Tengkorak pulau Sorombi. Ngeri! | pegipegi

LAST WORDS

Sebenarnya, Sombori gak cuma soal 2 spot yang kita sebutin di atas. Tapi kalo kita sebutin semua, bisa jadi ntar gak jadi main kesana karena kelamaan baca, hahaha. Kapan-kapan ntar disambung. Udah yuk kapan main ke sana? Sampai jumpa di sana ya!

sombori pantai pasir putih
Nunggu apa lagi buat ke Sombori? | kakabantrip.co.id

Featured image by lintokendari.blogspot.co.id

Ngobrol santai yuk...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.