Pulau Kangean di Madura yang Bikin Lupa Rumah

pulau kangean di madura

Udah pernah dengar pulau Kangean di Madura bro n sist? Gak disangka, pulau ini cakepnya gak ketulungan. Kayaknya musti jadi destinasi kita selanjutnya deh…

Hai semua! Apa kabar jam 6 pagi ini? Semoga sehat selalu ya. Yang sakit juga cepet sembuh. Pagi ini bareng Jejak Alam, kita mau main ke Madura. Tepatnya ke sebuah pulau.

Pulau ini sebenarnya kepulauan, hehehe, karena punya pulau yang banyak. Namanya Kangean, pulau yang bikin betah dan gak mau pulang.

Kenalan dengan Pulau Kangean di Madura

Sebelum lihat ‘dalemnya’ kayak giman, kita kenalan dulu bro sama si Kangean.

Sebenarnya, Kangean ini emang lebih pas disebut ‘kepulauan’ karena terdiri dari 60 pulau kecil di sekitarnya. Total wilayahnya sekitar 487 kilometer persegi. (Wikipedia)

Dari total luas itu, pulau ini juga dikelilingi dengan pasir pantai berwarna putih yang memanjakan mata. Kayak yang di foto ini nih…

pulau yang indah di madura
Pasir putih, air tenang, wah idaman banget buat santai | kangean.net

Kalo secara administrasi, pulau ini masuk kabupaten Sumenep. Jadi kalo mau ke sini, kita musti nyebrang dari pelabuhan Sumenep.

Ada 2 pilihannya bro n sist, bisa pakai kapal ferry yang makan waktu sekitar 8 jam. Atau bisa naik perahu motor yang ngabisin sekitar 4 jam aja.

Tapi ya, kalo mau ke sini, disarankan hire pemandu deh. Tau gak kenapa? Soalnya, masyarakat daerah pulau ini kebanyakan para pendatang.

Ya, warga pulau Kangean adalah campuran dari orang Jawa, Sulawesi, Kalimantan, Bali, bahkan para keturunan penjajah.

Karena itulah bahasa mayoritas di pulau ini berbeda dengan bahasa di wilayah Madura lainnya. Keren ya, ada kepulauan di sebuah pulau yang bahasanya beda dari pulau induknya, hehehe.

Terus bisa ngapain aja kita di Kangean? Lanjut deh…

Menu Liburan di Kangean

Pulau yang indah di Madura ini menawarkan beberapa menu menarik buat kita nih, yang pertama ada diving!

Selain pasir putih, hal lain yang menarik adalah perairan yang sangat jernih dan cukup tenang. Inilah yang bikin ikan-ikan kecil bisa hidup dengan damai, hehehe.

pulau kangean sumenep madura
Perairannya tenang dan kita bisa santai diving. Siap? | @el_rul554

Kita bisa mengeksplor keanekaragaman bawah laut pulau ini.

Kalo gak mau diving, kita bisa mandi dan berendam di 2 obyek pemandian di Kangean. Namanya pemandian Celgung sama Olbek.

Obyek lainnya yang gak kalah keren adalah goa buatan penjajah Belanda. Namanya goa Kuning.

wisata goa di madura
Penampakan Goa Kuning di Kangean | detikone.com

Diperkirakan goa ini dulunya dipakai buat bersembunyi dalam waktu yang lama, bahkan di dalamnya bisa kita lihat perabotan kayak tempat masak dari batu dan almari.

Yuk Jadwalin Yuk…

Seiring dengan berjalannya waktu, pasti spot spot baru buat kita liburan di Kangean bakal dibuka. Yang kita obrolin di atas baru pembukanya aja.

Jangan lupa bawa perbelakan ya bro n sist. dan jangan lupa buang sampah di tempatnya. Maju terus pulau Kangean di Madura!


Featured image by ig @arfhaahmad

Ngobrol santai yuk...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.