Pulau Cilik Karimunjawa, ‘Hutannya’ Terumbu Karang

pulau cilik karimunjawa

Gara-gara kemarin bahas Menjangan Besar dengan ‘tuan rumahnya’ yang gak biasa, jadi pengen ngobrolin Karimunjawa lagi deh, hehehe. Tapi kali ini sajiannya bakal beda sama tulisan kita yang pertama itu. Kita geser sedikit ke timur dari rumahnya para hiu itu menuju pulau Cilik Karimunjawa.

Disebut pulau Cilik karena emang bentuknya kecil, gak megah. Walau gak megah, pulau kecil ini bisa jadi pelampiasan kepenatan. Jadi tambah lagi nih referensi traveling kita. Lengkap deh pokoknya.

Pulau Hutan Terumbu Karang

Kalo dari Karimun Besar, perjalanan pake kapal bakal ditempuh selama kurang lebih 1 sampai 1,5 jam. Kita bisa pake kapal wisata atau ada juga yang milih nyewa kapal nelayan. Pulau Cilik ini berada di antara pulau lain kayak pulau Tengah, pulau Cendekian, sama pulau Gundul.

Tapi bukan itu keistimewaan pulau Cilik….

pintu masuk pulau cilik karimunjawa
Selamat datang di pulau Cilik, are you ready for adventure? | vipburoqtourandtravel.com

Eh sampe lupa, hehehe. Kata Cilik berarti ‘kecil’ kalo dalam bahasa Indonesia. Tentu aja nama ini merujuk pada ukuran pulau yang ‘mini’. Terus bisa ngapain aja kita di pulau Cilik? Dan apa istimewanya?

Yang pertama adalah hamparan terumbu karang yang bisa dilihat dengan mata telanjang. Terumbu karang disini udah kayak Jakarta, padet banget, hehehe. Tapi tetep indah, soalnya terumbu karangnya terawat dan subur.

Airnya juga bening dan kalo gak lagi ada gelombang, kita bisa snorkeling deh. Kedalamannya pas buat kita yang baru belajar renang, tapi harus hati-hati juga. Apalagi di beberapa sisi yang sangat dangkal yang bisa aja kita gak sengaja nginjak terumbu karang. Butuh waktu bertahun-tahun lho biar bisa tumbuh lagi. Hati-hati ya.

Cantik yaa…ikan-ikan di pulau Cilik Karimunjawa 😀 | megalata-uci.blogspot.co.id

Buat yang punya skill diving, kamu bisa juga menyelami spot ini. Asal jangan lupa peralatannya ya, hehehe. Oh iya, buat yang gak mau basah-basah, udah mancing aja deh, hahaha. Ada ikan-ikan kecil yang bisa kita pancing buat bakar-bakar ala anak pantai. Sembari menikmati senja, kita bisa bakar ikan atau BBQ-an juga boleh.

Cocok Buat Keluarga

Pulau Kecil termasuk pulau yang udah digarap. Artinya fasilitasnya cukuplah buat wisata keluarga atau instansi. Selain bakar-bakar dll itu, kita disediain lahan juga buat main game atau outbond.

Airnya yang biru, pasirnya yang putih lembut bakal bikin betah deh pulau Cilik Karimunjawa, hehehe. Dan jangan lupa, penuhi instagrammu pake foto-foto pulau Kecil biar tambah dikenal. Plus 1 lagi, buang sampah pada tempatnya ya broooo….


Featured image by megalata-uci.blogspot.co.id

Ngobrol santai yuk...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.