Pendakian Gunung Parang Purwakarta adalah Pendakian EDAN!

pendakian gunung parang purwakarta

Pendakian gunung Parang Purwakarta adalah pendakian EDAN alias GILA! Seriusah dah! Apalagi lihat medannya. Gak mungkin pendaki biasa bisa ngalahin gunung ini.

Hai, my bro n sist, apa kabar pagi ini? Sehat kan? Sehat selalu ya. Jejak Alam pagi ini mau ngajak main ke Purwakarta. Tepatnya ke gunung Parang.

Ini gunung ngeri banget buat puncaki. Gak kayak di Merbabu, Lawu, atau yang gak tinggi amat, Prau, gunung Parang jauh lebih ‘horor’. Bernyali gak nih?

Gunung Parang yang Prestisius

Oke, sebelum kita ngomongin soal nyali, kita kenalan dulu aja sama gunung ini. Siapa tau belum semua kenal, ya kan?

Gunung Parang terletak di Purwakarta, Jawa Barat. Bisa juga dikunjungi dari kampung Cihuni, desa Sukamulya, kecamatan Tegalwaru.

Gunung ini cuma punya tinggi 1.000 meter di atas permukaan laut, tapi ada hal lain yang membuatnya lebih prestisius. Apa itu?

penampakan gunung parang
Penampakan gunung Parang | denimulyanasasmita.blogspot.co.id

Gunung Parang ternyata adalah gunung batu andesit tertinggi di Indonesia dan berada di posisi ke-2 sebagai tebing batu andesit tertinggi di Asia.

Pada tingkat dunia, sang Parang masuk dalam 10 besar tebing alam tertinggi.

Dengan statusnya yang ‘gak normal’ inilah gunung Parang digandrungi sampai ke luar negeri. Para penikmatnya pun juga bukan pendaki biasa.

Bisalah kita sebut para pendaki ‘gila’ dan pecandu adrenalin. Ya iyalah, naik gunung ini kayak sama aja naik tebing curam! Edan!

Jalur Pendakian Gunung Parang Purwakarta

Walau cuma paling mentok bertinggi 1 kilometer, gunung ini didominasi track nanjak dan berbatu. Dan jangan mikir di jalan ada warung atau sabana, hehehe.

Jadi sangat disarankan untuk membawa perbekalan ekstra, termasuk air ya bro n sist.

Dari pos pendaftaran sampai puncak, terdapat 5 pos yang bisa disinggahi (kalo belum berubah). Disarankan juga untuk mendirikan tenda di pos 4-5.

wisata badega gunung parang
Rock Climbing lovers? Gunung Parang musti dicoba bro n sist | pikiran-rakyat.com/

Nah track gunung Parang juga sangat digemari para pecandu rock climbing. Bahkan disini udah disediain 3 jalur panjat yang kalo dijumlah tingginya di atas 500 ratus meter.

Kegiatan ini ternyata sudah menjadi daya tarik sang Parang bahkan sebelum era 90an. Pada jamannya, spot ini juga menjadi tempat latihan perang tentara Indonesia.

Berapa Duit?

Berminat buat naklukin si gunung Parang?

Siapin dulu otot dan mentalnya bro n sist. Soal perlengkapan memanjat, di spot sudah disediakan dan bisa disewa seharga kurang dari Rp 500.000. Gak perlu repot bawa dari rumah.

panjat tebing gunung parang purwakarta
Nikmatin Parang dgn manjat tebingnya | jalanpendaki.com

Dan tenang juga karena disana udah ada pemandunya.

Yang pasti kita musti sadar kalo pendakian gunung Garang Purwakarta ini bukan pendakian biasa. Kuat fisik aja gak cukup, perlu latihan dan pemandu. Terutama buat yang baru.


Featured image by kanopiberjalan.wordpress.com/

 

Ngobrol santai yuk...