Pendakian Gunung Ciremai via Apuy

pendakian gunung ciremai

Pendakian gunung Ciremai memiliki 3 jalur populer. Jalur Apuy disebut paling mudah, tapi kenyataan tak semanis omongan Google, hehehe. Yuk muncak!

Halo bro n sist, gimana kabarnya? Semoga selalu dalam keadaan baik, aamiin. Pagi ini kita mau muncak ke gunung tertinggi di Jawa Barat. Mana tuh?

Betul, gunung Ciremai. Tapi kita naik lewat jalur yang disebut paling ‘gampang’, padahal mah gak gitu juga, hahaha. Udah yuk, gass!

Salah Satu dari 3 Jalur Pendakian Gunung Ciremai

Okee, sebelum kita mulai, kita kenalan dulu. Gunung Ciremai termasuk gunung yang masih aktif dan berlokasi di 2 kabupaten, Kuningan dan Majalengka.

Dengan tinggi mencapai 3.078 meter di atas permukaan laut, gunung ini menyandang status sebagai gunung tertinggi di Jawa Barat.

Ada 3 jalur yang bisa kita pilih untuk menaklukkan sang Ciremai, yakni jalur Patulungan dan Linggarjati yang berada di Kuningan. Serta jalur yang ke-3….

pendakian gunung ciremai lewat apuy
Pendakian gunung Ciremai via Apuy akan dimulai. Harap tenang! Hehehe | @yunithaekasari

Yakni jalur Apuy yang berlokasi Majalengka. Jalur Apuy dikenal sebagai jalur yang lebih ramah buat pendaki, karena medannya disebut tidak ekstrim.

Pun dengan jaraknya yang disebut paling singkat dari 2 jalur yang lain. Hal ini nampak masuk akal kalo kita lihat jarak tempuh menuju pos 1 dari basecamp.

Iya bro, dari basecamp ke pos 1 kita bisa naik kendaraan umum, pake motor pribadi juga boleh. Jadi parkirnya ntar di pos 1, Berod namanya.

Perjalanan dari basecamp ke Berod ini kurang lebih memakan waktu sekitar 35 sampai 45 menit. Tapi harus hati-hati di jalan soalnya ruas jalan sempit.

gunung ciremai majalengka
Siap untuk pendakian gunung Ciremai yang kayak gini? | @egy_ksp

Belum lagi kalo pas naik turun curam dan harus berpapasan. Wah ‘senam jantung’ tuh, hehehe. Tapi kalo mau praktis, ya tinggal sewa aja angkutan umum.

Perjuangan Dimulai

Di pos 1 bernama Berod ini, kita wajib membayar Rp 50.000 (harga bisa berubah). Mahal ya? Tapi tenang, ini udah dapet makan juga, hehehe.

Makanan itu nasi, sayu, telur, tahu, dan tempe. Bisa dimakan di tempat atau dibungkus. Perjalanan dimulai dari Berod ke pos 2, Arban namanya.

rute pendakian gunung ciremai via apuy
Selamat datang di pos Arban. Istirahat dulu broo | @yayan_emo

Waktu tempuh ini bervariasi, bisa cuma 30 menit, bisa sampai 1 jam, hehe. Tapi medan masih enak, landai namun perlahan naik.

Kalo pas musim hujan, harap lebih hati-hati karena track bisa lebih licin dan labil. Lanjut? Dari pos 2 kita lanjut ke pos 3 yang bernama Tegal Masawa.

Medan akan perlahan lebih naik dan didominasi akar-akar besar, semak-semak, dan pepohonan hijau yang rimbun.

Bahkan rimbunnya tumbuhan sampai membatasi jarak pandang. Untuk sampai di pos 3, jaraknya kurang lebih 1 jam, bisa lebih. Maklum medannya sudah lebih ‘hot’.

gunung ciremai jalur apuy
Pendakian gunung Ciremai via Apuy dihiasi dgn pepohonan rindang & menyejukkan | @windy.broth

Nah, pendakian gunung Ciremai via Apuy lanjut ke pos 4 yang diberi nama mirip dengan pos 3, yakni Tegal Jamuju.

Untuk sampai di Jamuju, kita juga bakal ngabisin waktu sekitar 45 menit sampai 1 jam. Track juga masih didominasi pepohonan hijau yang teduh.

Tapi jangan senang dulu, hehehe. Karena panjangnya perjalanan dari Jamuju ke pos 5 inilah yang disebut paling panjang, paling ngos-ngosan. Siap?

Perjuangan Menuju Puncak

Rute pendakian gunung Ciremai kita masih terus berlanjut dengan menuju ke pos Sanghyang Rangkah, pos 5 nih!

pos Sanghyang Rangkah
Track akan tetap didominasi dgn pepohonan rindang. Lanjutt! | @eriksyhptra

Perjalanan masih didominasi pepohonan hijau dan semak-semak. Tahan sebentar, walau nahannya bisa sampai 1,5 jam, hehehe.

Pos Sanghyang Rangkah adalah tanah yang cukup lapang dan jadi salah satu favorit mendirikan tenda.

Tapi ada juga yang milih naik lagi ke pos 6, namanya pos Goa Walet. Goa ini berada di ketinggai 2.900 mdpl dan disebut sebagai salah satu bekas letusan gunung Ciremai.

goa walet gunung ciremai
Penampakan Goa Walet, salah satu sumber air di gunung Ciremai | @iwan_semutapuy

Tapi tunggu dulu, perjalanan ke Goa Walet ini akan benar-benar menguras tenaga. Track seakan sudah tak bersahabat, naik dengan kemiringan curam.

Untungnya, di spot ini ada sumber air. Kita bisa mengambilnya tentu dengan bijak, jangan seenaknya, hahaha. Udah deket sama puncak nih.

Sekitar 30 sampai 45 menit kita akan sampai di puncak gunung Ciremai. Puncak tertingginya bernama puncak Sunan Cirebon.

Ahh, akhirnya pendakian gunung Ciremai menemui pucuknya, hehehe. Santai dan nikmati pemandangan dulu….

puncak tertinggi gunung ciremai
Inilah puncak dari gunung Ciremai. Selamat datang! | @feryfrd

Kapan Main?

Melihat pendakian gunung Ciremai ini nampaknya tak main-main susahnya. Pastikan ya kalo mau ke sini, siapin dulu mental dan tenaganya.

Pastikan juga tubuh dalam kondisi fit. Kalo hujan jangan lupa bawa jas hujan. Dan pastinya, jangan sampai buang sampah sembarangan. Oke?

Oh iyaa, kalo pas turun boleh nih mampir ke Telaga Biru Pelampiasan Pendaki Gunung Ciremai. Siapa tau capeknya langsung ilang sebelum pulang, hehe.

Gitu dulu deh yaa bro n sist, kita ketemu lagi besok pagi. Ini baru 1 dari 3 jalur pendakian gunung Ciremai. Lain kali kita ngobrolin yang lainnya. Tchao!


Featured image by @zhie36015

Ngobrol santai yuk...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.