Pendakian Gunung Andong Magelang, Kecil tapi Cabe Rawit

pendakian gunung andong magelang jawa tengah _

Gunungnya gak tinggi, gak kayak Merbabu atau Lawu, atau Semeru, tapi tetap menarik dan patut buat dinaiki. Ini adalah gunung Andong, sebuah gunung kecil yang ada di Magelang. Gunung yang sebenarnya gak tinggi-tinggi amat ini pas banget buat teman-teman kita yang baru belajar naik gunung. Ah masa iya perlu belajar juga…

Kalo menurutku sih perlu aja gan. Biar gak kaget kalo diajak naik yang tinggi sama perjalanan jauh, mending naik dulu deh Andong ini. Tapi walau kecil dan gak setinggi tetangganya, Merapi-Merbabu, kita wajib nyiapin peralatan lengkap buat jaga-jaga.

Selain buat itu, kita baiknya tau apa aja yang ada di gunung ini. Kayak yang mau kita sebutin di bawah ini nih…

  • Pas Buat Pemula
pendakian gunung andong magelang
Salah satu pemandangan menuju puncak Andong | batcaveminis.blogspot.co.id

Kalo ada teman, adek, apa gebetan gitu yang ngajak naik gunung tapi dianya belum pernah sekalipun muncak, mendingan ajak aja ke gunung Andong ini. Dijamin lebih aman, hahaha. Maksudnya lebih aman?

Gunung Andong cuma punya tinggi sekitar 1.700-an meter di atas permukaan laut. Buat ukuran gunung, angka ini gak tinggi-tinggi amat. Perjalanan juga diperkirakan cuma 2 jam, kalo sama istirahat di jalan yaa boleh deh bulatin jadi 3 jam. Eh tapi yakin mau istirahat pas perjalanan?

Jalan menuju puncak ini gak ada yang datar. Artinya, gak ada tempat yang cukup buat bikin tenda sebelum sampai puncak. Hampir 100% kemiringan 45 derajat dari bawah sampe atas. Tracknya juga masih alami, tanah liat. Kalo gak capek-capek amat, mending langsung puncak aja biar bisa langsung istirahat.

  • Ramai Kayak Pasar

Karena gunung ini enak buat dipuncaki, banyak orang yang dateng bahkan pas gak weekend sekalipun. Mereka yang kesana ada yang cuma naik langsung turun lagi, ada yang emang nyari hiburan karena penat kerjaan, ada yang emang ngincer sunset atau sunrise sampe ngecamp semalem.

Ramainya ini emang yang kadang bikin pusing, soalnya ada hubungannya sama space bikin tenda. Cuma bisa bikin tenda di puncak dan itu pun bisa abis-abisan kalo gak cepet bikin. Mau dimana lagi kalo gak di puncak?

  • 4 Puncak

Ngomongin soal puncak, si Andong punya 4 puncak lho. Puncak ini bentuknya memanjang dari timur ke barat. Puncak paling timur dinamai puncak Alap-alap, puncak Andong, puncak Jiwa, terus yang paling barat puncak Makam.

pendakian gunung andong magelang jawa tengah
Pemandangan dari salah satu puncak gunung Andong | ig : @sukukulukulu

Nah di sepanjang itulah space buat yang mau ngecamp. Bentuknya panjang, sama gak luas-luas amat. Jadi, sekali lagi, harus cepet ya bro, hehehe.

  • Sumber Air

Dari sebuah sumber, ada kabar kalo katanya mendaki Andong via Sawit bisa ditemukan sumber air. Kalo gak mau bawa air banyak dar bawah, kamu bisa lewat sini aja gan. Tapi harus hati-hati juga. Biasanya track yang kena aliran air licin, malah ada yang berlumpur.

sumber air gunung andong magelang
Inilah wujud dari sumber air pendakian Andong bia Sawit | www.yukpiknik.com

Tapi kalo sama sekali gak mau bawa perbekalan logistik, kamu tetap bisa naik sampe puncak. Poin terakhir ini yang akan ngejelasin…

  • Warung di Puncak

Mirip kayak Lawu. Kalo di Lawu kita bisa ketemu warung di pos 1 jalur Cemoro Sewu, sama di puncak. Warung ini jualan makanan juga, dari makanan berat sampe gorengan atau berbagai snack. Di Andong ternyata ada juga lho. Walau gak sebesar yang ada di Lawu, kamu tetep bisa ketolong karena jualan mereka, hehehe.

Tapi baiknya juga jangan ngandelin warung doang. Warung di atas gunung ini juga kadang ada liburnya. Apalagi kalo gak weekend, kadang mending jualan di bawah daripada jualan di atas.

LAST WORDS

Kalo buat pemula sebenarnya gak cuma Andong aja gan. Gunung Prau pun bisa. Andong sama Prau emang gak sama, tapi bisalah jadi referensi buat ngajakin gebetan, hehe. Soal Prau ini, kita pernah ngebahasnya di artikel khusus berjudul Gunung Prau: Dari Hamparan Sabana sampai Latar Video Clip.


Featured image by manusialembah.blogspot.co.id/

Ngobrol santai yuk...