‘Ditimang-timang’ Tebing Curam Pantai Timang Gunungkidul. Berani?

pantai timang gunungkidul daerah istimewa yogyakarta

Kalo main ke pantai, biasanya kita juga main air. Atau kalo enggak, kalo pantainya kayak Parangtritis, paling juga mainan motor atau naik delman di sepanjang pantai. Kalo di pantai Gunungkidul Jogja kayak pantai Siung, sebagian bisa panjat tebing. Eh ngomongin pantai di Gunungkidul, ada 1 pantai yang menarik banget nih.

Namanya pantai Timang Gunungkidul. Udah pernah denger? Kayaknya belum banyak deh, tapi kalo lihat dari fotonya mungkin udah ada yang sebagian tahu. Pantai ini emang belum digarap serius kayak pantai wisata lainnya di Jogja. Tapi jangan salah, gak semua orang mau menikmati pantai ini. Emang kenapa?

Deretan Pantai Gunungkidul yang (Belum) Tenar

Pantai Timang berada di dusun Danggolo, desa Purwodadi, kecamatan Tepus, Gunungkidul, Wonosari. Kalo dari kabupaten Wonosari kurang lebih 35 kilometer. Pantai ini berada di antara pantai Siung dan pantai Sundak dan tentunya adalah salah satu anggota pantai Gunungkidul Jogjakarta.

Karena belum digarap sebagai pantai wisata seperti di kanan dan kirinya, akses menuju si Timang agak susah. Beberapa ruas jalan belum diaspal, belum lagi lokasinya yang cukup terpencil. Tapi jangan salah, gak cuma pasirnya yang putih nan kemilau, Timang juga punya keunikan lainnya.

view unik pantai Timang
Cuma pantai Timang yang punya view ini broo | piknikasik.com/

Jangan salah lho ya, kalo kita sampai di pantai ini, kita sebenarnya ada di atas bukit atau tebing curam di pinggir laut. Kalo lihat bawah, kita akan lihat ombak yang tak jera menghantam bebatuan yang tak berdosa. Dan di seberang tebing ini, terdapat pulau yang diberi nama pulau Panjang.

Pulau Panjang biasa juga disebut pulau Timang karena berada di pantai Timang, ada juga yang menamainya Batu Panjang. Disebut batu karena pulau ini emang mirip banget sama batu yang berukuran besar. Meski ‘cuma’ batu besar, tapi pulau ini dijadikan spot terbaik buat berburu lobster!

Eh tapi tunggu dulu, antara pantai Timang sama pulau Panjang kan kepisah sama lautan, sama tebing yang bawahnya ombak ganas. Terus gimana nyebrangnya?

Sajian Utama Pantai Timang Gunungkidul

Inilah yang membedakan pantai Timang dengan pantai yang lain. Pulau yang ada di seberang pantai ini adalah pulau yang biasa dipakai warga sekitar untuk mencari lobster. Kalo mau ke pulau ini, kita musti nyebrang pake gondola atau kereta gantung.

Wah aman nih pasti, enak tinggal nyebrang aja. Eh, serius?

Jangan salah broo, meski aman, tapi gondola yang ‘lahir’ di tahun 1997 ini sebagian besar terbuat dari kayu yang dikaitkan tali sepanjang 200 meter. Ehm, jadi kita bisa bayangin deh kurang lebihnya jarak antara tebing sama pulau ini.

gondola pantai timang gunungkidul
Gak semua berani ‘mencicipi’ sajian utama pantai Timang ini | www.pegipegi.com

Tapi tenang, gondola ini terbuka untuk umum. Walau awalnya gratis, tapi sekarang ditarik ongkos broo. Tau berapa? ‘Cukup’ dengan Rp 200.000 hehehehe. Yaa anggap aja ini adalah biaya buat membeli pengalaman super menegangkan!

Gimana gak menegangkan meluncur sejauh 98 meter di atas deburan ombak yang meluap-luap. Dari gantole tradisional ini sampe ke permukaan laut jaraknya cuma 9-11 meter aja kok. Inilah sajian utama pantai Timang. Berani coba?

LAST WORDS

Secara pribadi kita berharap, semoga wisata pantai Timang Gunungkidul semakin baik lagi. Dan semoga fasilitasnya semakin lengkap agar wisatawan dapat datang ke spot alam yang keren ini. Kalo perlu gondolanya diperindah lagi biar deg-degannya gak bikin jantungan, hahaha.


Featured image ksmtour.com

Ngobrol santai yuk...