Pantai Tebing: Jejak Keperkasaan Sang Rinjani

pantai tebing kabupaten lombok utara nusa tenggara barat

Pantai dan gunung, kadang kita susah nemuin kaitannya. Kayak terlalu jauh. Tapi beda sama yang 1 ini. Pantai dengan nama ‘Tebing’ ini erat kaitannya sama gunung Rinjani. Ada pantai, tebing, sama gunung (Rinjani), bingung gak bro? Hehehe.

Pantai yang lagi naik daun ini emang termasuk unik. Doi adalah dampak dari amukan sang Rinjani Tua di masa lampau. Penasaran bagaimana prosesnya? Mau gak kenal lebih jauh sama pantai yang 1 ini? Yuk cuss…

Pantai dengan Beragam Nama

Pantai Tebing berlokasi di dusun Luk, desa Sambi Bangkol, kecamatan Gangga, Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat. Kalau dari kota Lombok, pake sepeda motor kita akan ngabisin 1,5 – 2 jam perjalanan buat sampai di spot keren ini.

Pantai Tebing berpasir hitam nan eksotis. Dan sesuai namanya, pantai ini dihiasi tebing gagah setinggi 20-25 meter. Maka dari itulah banyak orang menamainya pantai Tebing. Tapi tahu gak? Pantai ini punya banyak nama!

Di sekitar pantai itu biasa jadi spot mancing para nelayan. Kata mereka, pantai ini juga disebut pantai Balihai yang merujuk pada gudang salah satu merk beer yang ada di dekat sana. Selain Balihai, ada juga yang menyebutnya pantai Luk.

Kata Luk diambil dari nama dusun lokasi pantai berada. Dan yang lebih unik lagi, ada yang menyebutnya pantai Montong Pal. Montong Pal sendiri adalah nama pantai yang juga berada di dekat Tebing ini.

Apapun sebutannya, yang penting tetap satu jua, hehehehe. Kalo dari namanya aja unik dan beraneka ragam, tapi tidak dengan sejarah panjangnya.

Jadi begini…

pantai tebing kabupaten lombok utara
Ornamen alami yang terbentuk berkaitan dengan Rinjani | lombokatraktif.blogspot.co.id/

Jejak Keperkasaan Sang Rinjani

Pantai Tebing punya kisah lampau yang erat sama gunung Rinjani. Tepatnya pada 1257 saat sang Rinjani masih bernama Rinjani Tua atau Samalas. Gunung Samalas kala itu ‘mengamuk’ hebat dengan memuntahkan material lebih dari 40 kilometer kubik. Muntahan ini tercatat melebihi gunung Tambora di Sumbawa pada 1815.

Dari letusan tersebut, terbentuklah tebing pasir yang merupakan endapan piroklastik dari letusan gunung Samalas. Para ahli mencatat ketebalan mencapai 50 meter. Dan maerial setebal itulah yang menjadi tebing dan bukit yang menghiasi pantai di Lombok Utara ini.

Di sepanjang tebing, kita juga akan menemukan ornamen yang terbentuk secara alami. Ornamen ini tentu memperindah tebing itu sendiri dan menjadikan pantai ini begitu unik. Jadi kalo mau nyari tempat buat foto-foto, pantai ini dijamin gak akan bikin nyesel deh, hehehe.

pantai tebing kabupaten lombok utara NTB
Tebing yang menjulang membuat pantai semakin indah | ig : @herykurniawan

Tapi Sayangnya…

Sampai tulisan ini dibuat, pantai Tebing belum memiliki penginapan seperti homestay dan sejenisnya. Semoga ini tinggal nunggu waktu aja ya mengingat di Lombok sendiri sudah banyak hotel dan penginanan dengan berbagai tarif.

Jadi kalo mau nginep, mungkin baiknya kamu ngecamp aja disana guys, hehehe. Yang penting jangan bikin vandalisme sama bawa pulang ya sampahnya.

Oh iya, masih di Lombok, kita juga punya artikel tentang Lombok yang abis disambangi atlet internasional Valentino Rossi. Klik aja gan Gak Cuma VR46 Aja, Dua Pesohor Lainnya Juga Pernah Mampir.


Featured image by www.wego.co.id

Ngobrol santai yuk...