Meteor Hoba dari Namibia yang ‘Diam’ Selama 80.000 Tahun

meteor hoba dari namibia

Pernah denger batu meteor Hoba dari Namibia di blog Jejak Alam? Pasti belum, hehe. Kita kan seringnya ngobrolin fenomena alam yang ada di bumi aja ya? Kenapa gak sekali-sekali ngobrolin soal langit? Langit kan termasuk alam semesta yang cakep, misterius, dan tercemari. Hehm! Tapi hari ini kita gak ngomongin itu semua.

Kita mau ngobrolin satu hal yang gak unik-unik banget sebenarnya, tapi pastinya fenomenal. Apaan tuh? Yakni kisah tentang batu meteorit terbesar yang pernah menghujam bumi. Selain karena ukurannya, batu ini juga gak sekadar batu biasa. Yaa iyaalah, kan dari langit. Ehmm…

Okelah, kita langsung aja ke TKP.

Meteorit Hoba yang Fenomenal dan Misterius

Kasus jatuhnya benda asing dari langit ke bumi sebenarnya gak cuma satu. Ada banyak banget. Tapi yang dikasih nama Hoba ini beda. Ini adalah batu meteor atau batu terbesar dari langit yang masih ‘lumayan’ utuh yang pernah ditemukan di bumi. Kenapa aku tulis ‘lumayan’? Soalnya sempata ada sedikit penyusutan bobot.

Para ahli mempercayai bobot batu meteor ini mencapai 65 ton! Kemudian menyusut menjadi 60 ton, tapi di prasasti meteor ini ditulis hanya 50 ton saja. Penyusutan ini terjadi karena tangan sebagian orang yang ‘mencuil’ batu ini dengan gergaji besi. Mereka menganggap batu ini keramat. Ah kurang kerjaan aja!

batu meteor jatuh ke bumi | meteor
Segede apa si Hoba? Segede ini…. | mforum.cari.com.my

Batu meteor Hoba dari Namibia ini punya panjang sekitar 3 meter dengan ketebalan mencapai 1 meter. Karena bobot dan ukurannya inilah Hoba tak pernah dipindahkan sejak pertama kalinya ditemukan. Oh iya, penemu pertama meteor Hoba ini seorang petani lho.

Kala itu Hermanus Brits tengah membajak sawahnya kemudian tersangkutlah bagian dari bajak yang ia pakai. Awalnya ia mengira  cuma tersangkut batu biasa, namun setelah digali, ia terkejut melihat batu yang sangat besar, berat, dan juga tua.

material Hoba
Sebagian besar Hoba terdiri dari besi murni | www.ritebook.in

Soal umur ini, tak ada yang dapat memastikannya. Para ahli cuma bisa memperkirakan batu ini terjun dari langit sekitar 80.000 tahun yang lalu. Mereka juga mengungkap material Hoba yang terdiri dari besi sebanyak 82,4%, 16,4% nikel, dan 0,76 kobal.

Menjadi Daya Tarik

Batu meteor Hoba ini berada di Namibia, Afrika Barat. Penduduk sekitar Hoba umumnya masih mempercayai klenik kuno. Dan seperti yang aku bilang diatas, mereka berani mengiris batu ini buat dijadikan jimat dan sejenisnya.

meteor hoba dari namibia
Hoba menarik minat peneliti sampai pelaku vandalisme | www.planeten.ch/

Tapi ternyata, Hoba gak cuma menarik buat para pelaku vandalisme itu lho, para wisatawan dari berbagai negara pun juga melirinya. Sadar akan potensinya, pemerintah kemudian menjadikan Hoba sebagai monumen nasional.

Dan agar semakin terlindungi dari keserakahan, sebuah yayasan bernama Foundation Rössing mendanai restorasi total untuk ikon Namibia itu pada 1988. Barulah setelahnya, spot ini semakin ramai dikunjungi. Bahkan tercatat hingga ribuan orang datang setiap tahunnya.

Meteor Hoba dari Namibia sama sekali gak goyang ketika dinaiki, jadi boleh banget foto pake pose yang nyeleneh di atasnya. Minat?


Featured image by www.wondermondo.com

Ngobrol santai yuk...