Pertimbangan Mendaki Gunung saat Musim Hujan

mendaki gunung saat musim hujan

Buat refreshing, naik gunung adalah salah satu pilihan paling tepat. Menyusuri alam, menikmati langit biru dan hijaunya pepohonan, menghirup udara segara yang gak ada di perkotaan. Tapi… kalo buat musim yang kayak gini, apakah naik gunung itu bagus dan disarankan?

Iya, sekarang kan lagi musim hujan. Jadi beberapa rencana buat muncak terpaksa diundur dulu sampai waktu yang lebih tepat datang. Tapi ngomong-ngomong, apa sih plus minusnya naik gunung pas lagi musim hujan kayak gini? Banyakan minus apa plusnya ya? Yuk kita coba bahas deh…

Perlu Pertimbangan Matang

Buat beberapa pendaki kadang mereka gak peduli mau musim apa, yang penting mah naik ya naik aja, hehehe. Tapi buat yang lebih hati-hati, mereka mikir-mikir kalo mau naik di musim hujan. Ini dia yang mereka pikirkan…

  • Rawan Bencana

Ya, pastilah. Kalo naik pas musim hujan, ancaman utamanya adalah longsor. Dampak dari longsor, selain mati di tempat, adalah tertutupnya akses naik atau turun. Bisa aja tuh kejadian kayak gitu. Alhasil, gak bisa kemana-mana. Kalopun harus cari jalan lain, resikonya ntar tersesat. Wah repot….

  • Dapat Zonk di Puncak

Nah, ini juga gak kalah pentingnya. Kalo pas musim hujan, biasanya kan ketutup kabut tuh. Awan pada turun. Padahal kalo udah di puncak, yang dinikmati kan view-nya. Entah itu view gunung itu sendiri, atau langitnya, dan yang pasti alam sekitarnya. Gimana ceritanya kalo pas udah sampai puncak malah banyak yang ketutup awan?

Emang sih, dulu saya dulu pernah naik gunung pas hujan dan sampe atas kita malah berada di atas awan mendung. Jadi kayak berada di negeri di atas awan. Bagus banget. Tapi gak bisa dipastikan juga kita bakal dapet panorama itu. Bisa jadi kita malah ada di tengah awan mendungnya. Duh, zonk banget!

track yang becek
Musim hujan membuat track becek | www.setapakkecil.com
  • Becek Gak Ada Ojek

Pasti! Hujan pasti ngebuat jalanan jadi becek. Apalagi track kayak Merbabu, Prau, atau Andong yang gak tinggi-tingi amat, pasti becek banget karena cuma tanah. Kalo udah becek, biasanya ntar licin trus rawan kepleset sama jatuh. Mana disana gak ada ojek lagi….hahaha.

Tapi yaa maklumlah ya, jalan yang biasa dipakai naik itu kan sebenarnya jalan air. Jadi air dari puncak itu turunnya juga pasti lewat jalannya pendaki naik ke puncak.

  • Suhu Lebih Dingin

Ini juga sering terjadi. Kalo lagi musim hujan, biasanya suhu gunung juga lebih dingin. Pastinya kamu harus bawa jaket yang lebih tebal, SB yang lebih oke, sama tenda yang lebih hangat. Bawa juga makanan sama minuman penghangat buat angetin badan.

Terus apa lagi guys minusnya naik gunung pas lagi musim hujan? Kalo ada saran masukan, tulis aja di komentar ya. Ntar kita tambahin. Ya udah, kita ke plusnya sekarang. Paling gak ada ini nih….

  • Cuaca Gak Panas

Yaa iyalah, namanya juga musim hujan. Cuaca pasti lebih dingin, bahkan cenderung gelap. Tapi ini cukup membantu pendaki yang naik pas siang hari. Karena cuaca gak panas, mereka gak butuh air minum yang lebih banyak. Alhasil, persediaan air bisa lebih terjaga.

  • Gak Berdebu

Jalanan yang kalo musim panas biasa menerbangkan debu atau pasir karena bergesekan sama angin, kalo pas musim hujan malah enggak. Air atau suhu dingin berembun yang ‘memeluk’ pasir  dan debu akan menjaganya agar tidak beterbangan. Soalnya kalo mereka terbang kemana-mana, pasti akan mengganggu pandangan sama pernafasan kita. Ya kan bro?

  • Medan Cenderung Lebih Hijau

Musim hujan adalah masanya Allah menyirami ciptaanNya yang ada di gunung, kayak rumput, sabana, pepohonan, bunga, dan tumbuhan lainnya. Biasanya musim inilah medan di atas gunung terlihat lebih hijau dan nyegerin mata. Udah udaranya lebih seger gak berdebu, pemandangan ijo-ijo menyejukkan, wah adem bener deh….

pendakian gunung saat musim hujan
Menikmati alam bersama si dia. Hijau, sejuk, betah deh lama-lama, hehehe

Nah, kalo dipikir-pikir, masih mau tetep naik pas ujan? Atau nunggu sampe musim panas aja? Kalo mau pas musim panas, kita saranin pas Agustus aja, atau sekitar Juli-September. Rentang waktu itulah masa terbaik naik gunung. Kayak pas kita naik trus dikasih lihat Edelweis lagi mekar-mekarnya. Kamu bisa ke tulisan kami yang judulnya Keabadian Edelweis di Hamparan Sabana Mebabu.

Gitu ya bro. Kalo ada saran masukan, tulis aja di komentar. Kalo tetep mau naik pas musim ujan, yang penting tetap hati-hati sama waspada. Tapi kalo boleh nyaranin, mending nunggu pas terang ajaa…. oke? See you gan!

Ngobrol santai yuk...