Mata Air Citaman Pandeglang Banten, Sesepuhnya Mata Air

mata air citaman pandeglang banten

Mata air Citaman Pandeglang Banten ternyata punya daya tarik tersendiri dibanding mata air lainnya di Indonesia. Ada yang tau?

Nyapa dulu ah, haloo my bro n sist! Gimana kabarnya pagi ini? Semoga sehat selalu yaa, aamiin. Pagi ini kita mau main ke Banten.

Tepatnya di kabupaten Pandeglang, yakni di tempatnya mata air yang bergelar ‘Sesepuh’. Emang setua apa kok disebut sesepuh? Ini dia yang menarik…

Lokasi Mata Air Citaman Pandeglang Banten

Nah sebelum kita ngorek soal ke-Sesepuh-an spot ini, kita kenalan dulu aja deh. Soalnya mata air ini bisa jadi tempat favorit buat kamu yang kerja di JaBoDeTaBek.

Mata air Citaman berlokasi di desa Sukasari, kecamatan Menes, kabupaten Pandeglang, Banten. Kawasan ini dijamin bakal bikin otak seger, tau kenapa?

tempat pemandian di pandeglang
Penampakan mata air Citaman. Bening ya broo? | ig @imammuizd12

Soalnya, mata air ini berada di lereng atau kaki gunung Pulosari. Inilah yang menyebabkan tak cuma cuacanya yang sejuk, airnya pun dingin, bening, dan nyegerin.

Karena kebeningan yang menakjubkan, kita bisa berfoto di dalam air broo! Nih contohnya :

kejernihan mata air citaman
Emang deh, gak bo’ong sama tingkat kejernihannya! | ig @madeo29

Ngomongin foto dalam air, jadi inget umbul Ponggok di Klaten. Mirip-mirip sih sama Mata Air Citaman. Abis ini mampir ke Klaten ya, klik aja Foto dan Snorkeling di Bunaken-nya Klaten

Lanjut?

Oh iyaa, mata air ini juga berlokasi jauh dari keramaian. Apalagi kalo datang pas hari kerja, bisa-bisa satu komplek serasa milik pribadi, hehehe.

pemandian mata air citaman
Dateng pas hari kerja, rasanya punya kolam pribadi, hehehe | bantenwisata.com

Oke, kini saatnya kita ke pertanyaan awal. Kenapa situs ini disebut Sesepuhnya Mata Air?

Berusia Sangat, Sangat, Sangat Tua

Mata air Citaman ternyata memiliki keunikan lain dari yang udah kita obrolin di atas. Apa itu keunikannya? Ternyata ada pada usianya.

Masih ingat pemandian yang kita tulis beberapa hari sebelum ini? Iya, yang di Pematangsiantar. Mampir aja ntar ke Mendadak Bangsawan di Pemandian Bah Damanik Siantar

Pemandian itu sudah ada di jaman kerajaan. Nah, si Citaman ini sudah ada sejak 2.500 tahun yang lalu broo! Betul, sebelum masehi! Keren pisan! Hehehe.

Hebatnya lagi, walau sudah sangat sepuh, spot ini tetap punya air yang mengagumkan! Sehingga inilah yang menarik buat wisatawan kayak bro n sist.

batu goong citaman pandeglang
Situs batu yang ada di sekitar mata air Citaman | G+ Ajie Quinn

Oh iya, mumpung ingat… Ada situs lain di mata air Citaman yang gak kalah menarik, yakni situs Batu Goong.

Batu Goong adalah peninggalan kebudayaan Budha yang dulu ada di Banten sebelum masuknya Islam.

Nah kalo ke sini bisa sekalian belajar sejarah, hehehe.

Yuk Main

Tiket masuk ke pemandian ini cuma Rp 4.000, tapi mungkin aja udah naik. Bawa aja Rp 10.000 deh, udah sama parkir motonya.

Yang pasti bro n sist, yuk jaga kelestariannya. Udah sepuh nih, biar gak rusak ‘dimakan’ tangan-tangan wisatawan alay.

Gitu dulu ya, sampai ketemu di mata air Citaman Pandeglang Banten. Tchao!


Featured image by ig @ikiobor

Ngobrol santai yuk...