Lubang Biru Misterius Sun Go Kong (?)

lubang di lautan terdalam di dunia

Yakin deh, kalo ngomongin soal Black Hole, pasti semua udah pada tau. Black hole adalah lubang yang nanti dikaitkan sama luar angkasa atau lorong waktu. Tapi kalo ngomongin soal Blue hole, kayaknya bakal masih banyak yang bertanya-tanya. Lubang macam apakah ini dan apa menariknya.

Gak sengaja beberapa waktu yang lalu kita dapet info yang nyebutin lubang atau gua vertikal misterius yang ada di lautan. Lubang itu disebut Blue Hole yang merujuk pada warna biru karena saking dalamnya.

Nah, uniknya lagi ada yang menyangkutkan lubang raksasa ini sama serial tv anak 90an, Kera Sakti, hehehe. Agak aneh sih, tapi coba deh ikutin kita siapa tau ntar nyambung, haha.

Blue Hole Ternama di Dunia

Secara umum, blue hole gak kayak black hole yang keberadaannya masih dipertanyakan sebagian orang. Kalo lubang biru yang juga biasa disebut lubang naga ini udah bener-bener ada di dunia. Kamu aja juga bisa search di google, ntar ketemu lubang-lubang berwarna biru yang pernah dicatat. Dan paling enggak, kamu bakal dikasih 3 referensi ini.

Yang pertama dan yang paling tersohor adalah lubang biru raksasa di Ambergris Caye, Belize. Lubang biru ini berada di tengah laut dan para ahli memperkirakan udah ada sejak puluhan ribu tahun yang lalu. Goa vertikal ini punya kedalaman mencapai 100an meter. Semakin dalam, akan kelihatan semakin biru gelap. Kayak di foto ini nih…

lubang biru besar di belize
Blue Hole yang ada di Belize | www.chabilmarvillas.com

Selain yang ada di Belize, kamu juga bakal dikasih lihat lubang biru bernama Dean’s Blue Hole yang ada di Bahama, tepatnya di Clarence Town, Long Island, Bahama. Dean’s Blue Hole diperkirakan punya kedalaman lebih dari 200 meter dengan diamater melebar. Lubang ini sempat booming sebagai lubang lautan terdalam.

misteri lubang biru di bahama
Dean’s Blue Hole di Bahama | www.1exotic.ru

Akan tetapi, muncullah 1 lubang biru yang mengalahkan 2 nama sebelumnya. Uniknya, sebagian pihak mengaitkannya dengan salah satu tokoh di serial tv 90an.

Lubang Naga ‘Buatan’ Sang Kera Sakti

Ya, namanya Lubang Naga. Lubang raksasa yang serupa Dean’s Blue Hole dan lubang di Belize ini ditemukan di China, tepatnya di kepulauan Paracel. Kepulauan ini sebenarnya masuk dalam Laut China Selatan yang masih dalam sengketa 3 negara, Vietnam, Taiwan dan China sendiri.

lubang naga di laut tiongkok selatan
Dragon Blue Hole diperkirakan lubang biru terdalam di dunia | www.huffingtonpost.com

Para peneliti memperkirakan Lubang Naga inilah gua vertikal terdalam di dunia, yakni mencapai 300 meter dari permukaan laut. Dan sama seperti 2 gua sebelumnya, tidak ada binatang yang bisa hidup di dalam gua kecuali hanya di bagian atas saja, itupun ikan kecil, bakteri dan sejenisnya.

Hal tersebut dikarenakan level oksigen yang semakin tipis di dalam gua. Kalopun ada binatang yang bisa hidup di dalam sana, mungkin binatang itu tak membutuhkan O2 untuk bernafas, hehehe.

Cerita unik lainnya datang dari para nelayan dan warga sekitar laut China Selatan. Mereka meyakini lubang raksasa itu adalah tempat bersemayamnya toya sakti Raja Naga sebelum Sun Go Kong mencabutnya. Jadi secara gak langsung, mereka meyakini bahwa cerita Journey To The West atau serial Kera Sakti itu nyata dan benar adanya.

Dragon Blue Hole dikaitkan dgn toya Kera Sakti
Dragon Blue Hole dikaitkan dgn toya sakti Sun Go Kong | hipwee.com

Padahal, cerita ini berasal dari novel pada abad ke-5. Novel berjudul Journey to The West terinspirasi dari seorang, entah biksu entah pendeta, yang melakukan perjalanan ke India dan kembali ke China. Kemudian dibuatlah cerita yang lebih menarik dengan menampilkan tokoh-tokoh siluman atau kalo di film X-Men disebut ‘mutan’.

Hehehehe, ada-ada saja ya….


Featured image by www.amusingplanet.com

Ngobrol santai yuk...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.