Wisata Gunung Telomoyo, Indahnya 4 Kepungan Gunung

gunung telomoyo seloprojo magelang jawa tengah

Wisata gunung Telomoyo gak kayak gunung lainnya lho. Pendakian gunung ini termasuk mudah, tapi di pucuknya, kita bisa dapetin view yang kece abis.

Sebelum kita ke puncak gunung ini, nyapa dulu deh ya. Pagi semuanya, gimana kabarnya? Semoga selalu dalam keadaan baik, aamiin.

Pagi ini kita mau naik gunung, tapi tenang, gunung ini gak susah amat buat didaki. Bahkan bisa naik motor buat sampe puncaknya, hehehe. Enak to?

Wisata Gunung Telomoyo di Jawa Tengah

Oh iyaa, bentar. Ini kan tanggal 28 Oktober ya? Bertepatan sama hari Sumpah Pemuda. Semoga setelah hari ini pemuda Indonesia semakin berkembang dan berkontribusi. Aamiin.

Oke yuk kita lanjut. Udah kenal sama wisata gunung Telomoyo? Atau malah belum tau gunung ini ada dimana? Hehehe, baiklah, kita mulai dari situ ya.

Gunung Telomoyo adalah gunung bertinggi 1.984 meter di atas permukaan laut dan termasuk gunung berapi yang tak pernah tercatat meletus.

pemandangan gunung telomoyo
Gunung aktif yang belum pernah meletus, gunung Telomoyo | @sathourdays

Walau tingginya gak sampai 2.000 mdpl, namun gunung ini berada di 2 kabupaten. Yakni kabupaten Magelang dan kabupaten Semarang.

Bahkan kita bisa melihat puncaknya dari 4 sudut kota, dari Secang, dari Magelang, dari Salatiga dan dari Ambarawa.

Tapi kalo mau muncak, kita bisa lewat Magelang, tepatnya di desa Pandean, kecamatan Seblak, kabupaten Magelang.

Kalo gak mau capek, yaa naik motor aja, hehehe. Emang bisa? Bisa, wisata gunung Telomoyo bisa dijangkau dengan naik motor broo.

Mau jalan atau naik motor nih? Yuk gass! Hehehe | @tukang_mlaku

Bedanya, kalo emang mau jalan kaki, kita bisa menikmati pemandangan alam Magelang yang sejuk dan menakjubkan.

Dengan jalan kaki juga, kisa bisa dapat esensinya naik gunung, hahaha. Tapi harus kuat ya, soalnya perjalanan cenderung nanjak.

Untungnya, di pucuk kita akan disuguhi pemandangan yang kece abis. Apa lagi kalo bukan sunset?

sunrise dan sunset gunung telomoyo magelang
Keindahan matahari terbenam di puncak Telomoyo. Sadis! | @ghufron03

Sunrise dan Sunset di Gunung Telomoyo

Ya, gunung Telomoyo dikenal sebagai spot oke buat menikmati matahari terbit dan terbenam. Ini juga didukung dengan lokasinya yang sangat strategis.

Gimana enggak, gunung ini diapit sama gunung Lawu, gunung Sindoro-Sumbing, sama Prau. Dan kalo pas lagi cerah, kita juga bisa lihat danau Rawa Pening.

Selain itu, udah disiapin juga spot foto yang iconic banget buat wisata gunung Telomoyo, yakni landasan paralayang dari kayu.

wisata gunung telomoyo
Ini dia landasan paralayang yang iconic di wisata gunung Telomoyo | @saiffuul

Naaah, udah ketebak kan? Selain bisa jadi area berburu foto yang instagramable, puncak gunung ini juga biasa dipake buat kegiatan paralayang.

Okenya lagi, di kanan kiri dan sekitar puncak udah ada banyak pemancar. Artinya, kita gak begitu susah buat nyari sinyal.

Tentu itu jadi kabar bagus buat yang suka bikin Facebook atau Instagram Live, hehehe.

gunung telomoyo jawa tengah
Wisata gunung Telomoyo udah ‘terfasilitasi’ dgn sinyal yang kuat, hehe | @tifanimaulidza

Kapan Main?

Oh iya, sebelum kelupaan. Kalo emang mau naik motor buat sampai puncak, pastikan ya kondisi motor dalam keadaan prima!

Soalnya, gak semua sudut jalan udah mulus. Ruas jalan juga ada yang cuma bisa dilewatin 1 mobil aja. Kudu ati-ati nih ya.

puncak gunung telomoyo
Motor yang prima memudahkan perjalanan kita ke puncak Telomoyo | @rickyusman

Terus kapan mau main? Seperti biasa, pesan kita adalah jangan ‘memperkosa’ alam dengan cara membuang sampah sembarangan dan melakukan vandalism.

oh iyaa ada lagi, di Jogja ada juga lho bukit yang biasa dipake buat paralayang. Malah kita juga bisa nyobain. Mampir deh keĀ bukit Gupit Giricahyo.

Okelah kalo begitu. Kita udahan dulu ya. Ketemu lagi besok jam 6 pagi. Dan, selamat menikmati sajian wisata gunung Telomoyo. Tchao!


Featured image by @restikahw

Ngobrol santai yuk...