Mata Ijo Abis Lihat Duit? Coba Lihat Kebun Teh Paling Legendaris Ini. Ijo Jiwa Lo!

kebun teh kayu aro jambi

Orang bilang abis lihat duit mata jadi ijo, kalo kita bilang abis lihat kebun teh ini gak cuma mata yang ijo, jiwa bisa ikutan ijo. Hahahaha, lebay!

Iya sih, bisa jadi itu lebay, tapi gak buat kemegahan kebun teh paling legendaris di Indonesia ini. Oh ya?

Udah tau belum bro? Indonesia punya banyak kebun teh yang bisa memanjakan mata kita, termasuk kebun teh paling tua ini. Namanya Kebun Teh Kayu Aro yang berlokasi di Jambi. Yuk main!

kebun teh kayu aro terluas di indonesia
Foto-foto dapet, ikutan manen dapet, hehehe | www.daftartempat.com

Sudah Lahir Sebelum Indonesia Merdeka

Kebun Teh Kayu Aro adalah pioner kebun teh di Indonesia. Ya, ini adalah kebun teh paling tua di tanah air. Awalnya kebun teh ini masuk dalam proyek paling awal penjajah pada saat itu, Belanda, di tanah Sumatera. Mereka sudah melakukan penanaman sejak 1925 dan pada 1932 pabriknya resmi bediri. Pabrik dan segala kegiatan bisnisnya ini ada di bawah perusahaan yang memilikinya kala itu, NV. Namlodse Venotchaaf Handle Veriniging Amsterdam.

Setelah Indonesia merdeka dari menir-menir Belanda, kebun teh ini kemudian menjadi milik pemerintah kita. Tepatnya pada era 1959 melalui PP no. 19 tahun 1959, kebun teh paling tua ini resmi di bawah pengawasan dan dikembangkan oleh PT. Perkebunan Nusantara VI.

Paling Megah di Dunia

Dan hebatnya lagi nih bro, kebun teh Kayu Aro tidak hanya menyandang status yang tertua di Indonesia. Di kancah dunia, hamparan luas tanaman teh ini juga dianggap yang termegah!

Total luas lahan yang pernah tercatat mencapai lebih dari 3.020 hektare lebih dan hingga kini masih terus ditanami. Angka tersebut menjadikannya salah satu kebun teh paling luas di dunia. Dan soal posisi berdasarkan ketinggian, si Kayu Aro hanya kalah dari 1 nama, itu pun tidak kalah telak. Kok bisa?

Adalah kebun teh Darjeeling. Sebuah kebun teh yang berada di India Utara, tepatnya di pegunungan Himalaya. Kalau Kayu Aro ada di ketinggian 1.401 sampai 1.715 di atas permukaan laut, si Darjeeling ada di atas meter ke 4.000!

Tapi karena ketinggian itu juga, keindahan Darejeeling lebih sering ketutup sama salju. Yaa iyalah, di atas 4.000 brooo!

kebun teh kayu aro jambi kaki gunung kerinci _
Lebih ijo lihat duit apa lihat si Kayu Aro bro? hehehe | www.pojokinfounik.com

Penyuplai Nomor 1

Hasil alam raya Kayu Aro ini telah dinikmati orang-orang ternama sejak jaman kompeni. Bahkan Ratu Elizabeth sendiri termasuk penikmat hasil kebun teh yang satu ini.

Secara umum, hasil kebun ini biasa dilelang di Jakarta, kemudian diekspor ke negara Eropa seperti Inggris, Swiss, termasuk negara tetangga, Jepang. Kalau kamu pernah nyicip teh kemasan merk Lipton, nah itu juga cikal bakalnya dari Kayu Aro.

Lokasinya Dimana?

Hehehe, ada yang nyadar gak? Dari tadi kita gak nyebut lokasi tepatnnya kebun teh ini dimana, hehehe.

Oke, buat kamu yang mau ikut nikmatin spot alam yang super ijo ini, kamu bisa ke Jambi. Tepatnya di kaki gunung Kerinci, kecamatan Kayu Aro, kabupaten Kerinci. Kalo kamu dari pusat kota Jambi, perjalanan bisa sampai 9 jam. Bikin capek gak tuh? Kalo iya, mending sewa homestay aja disana buat beberapa hari.

Dan walau sedikit agak jauh dari kebunnya, kamu juga bisa pilih hotel buat nginepnya. Dah, enak tuh, tinggal pilih aja deh.

Ngobrol santai yuk...