Kebun Teh Kaligua Brebes di Kaki Gunung Slamet

kebun teh kaligua brebes

Di tulisan lama, kita pernah ngobrlin salah satu kebun teh terluas di dunia yang ada di Indonesia. Pernah mampir kan? Sini kalo belum Mata Ijo Abis Lihat Duit? Coba Lihat Kebun Teh Paling Legendaris Ini. Ijo Jiwa Lo! Nah kali ini kita mau bahas kebun teh Kaligua Brebes. Ada yang tau?

Sama dengan kebanyakan kebun teh di Indonesia, yang satu ini juga bekas menir-menir Belanda. Dengan polesan yang ciamik, spot ini berhasil jadi daya tarik yang menampilkan keindahan alam di sekitarnya. Main yuk kapan-kapan kesini…

Peninggalan Belanda

Ya, kebun teh ini bernama Agrowisata Kaligua. Agrowisata Kaligua berlokasi di desa Pandansari, kecamatan Paguyangan, kabupaten Brebes dan dalam pengelolaan PT Perkebunan Nusantara IX (Persero) Jawa Tengah.

Perkebunan teh Kaligua berada di atas ketinggian 1200 sampai 2050 meter di atas permukaan laut. Tak ayal ketinggian itu membuatnya sering ditutupi kabut dan berhawa dingin. Di spot ini, suhu terendah bisa mencapai 4 derajat celcius lho!

wisata kebun teh di brebes
Pemandangan yang menghijaukan jiwa, hehehe | atiningtyas.blogspot.co.id

Kebun teh ini juga berada di lereng barat gunung Slamet, gunung tertinggi nomor 2 di pulau Jawa setelah gunung Semeru. Bahkan beberapa pendaki ada yang memuncaki Slamet dari Kaligua ini bro.

Tapi para wisatawan yang dateng ke sini gak cuma para pendaki aja, wisatawan keluarga juga meminati spot ini. Mereka akan disuguhi view yang cakep banget dengan sajian teh hitam asli. Naah, inilah produk andalan kebun teh Kaligua.

Mereka gak cuma jualan tempat aja bro, tapi juga jualan teh hitam yang mereka labeli dengan nama mereka, yakni Kaligua. Teh hitam ini juga sudah didistribusikan ke beberapa tempat di Indonesia bahkan ke luar negeri. Wow!

Wisata Makam Si Menir

Kalo pengen cari sensasi lain di Kaligua, kita bisa main ke beberapa tempat di sekitarnya. Ada gua Jepang, Tuk Benih, dan Gua Angin yang bisa ngabisin waktumu di spot ini. Ada juga 1 lagi yakni wisata makam. Tapi makam ini dijaga kebersihannya lho, padahal makamnya orang Belanda.

gua jepang kaligua brebes
Kaligua punya gua Jepang, berani masuk? | fesbukerbrebes.blogspot.co.id

Ya, makam yang dimaksud adalah milik van de Jong. Dia adalah orang Belanda pendiri kebun teh  Kaligua sebelum dikelola pemerintah Indonesia. Sebelum jadi Kaligua van de Jong memberinya nama John Fan & Pletnu buat perusahaan teh ini.

Nah, buat yang mau nginep dan menikmati suasana malam di kebun teh Kaligua Brebes, pengelola udah nyiapin penginapan mulai dari vila dan homestay. Udah pas banget buat kita liburan dan sejenak hilang dari kebisingan.


Featured image by fesbukerbrebes.blogspot.co.id/

2 thoughts on “Kebun Teh Kaligua Brebes di Kaki Gunung Slamet”

Ngobrol santai yuk...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.