Kawah yang Berselimut Hijaunya Tetumbuhan

pemandangan kawah wurung bondowoso

Biasanya, kalo kita denger kata kawah, yang ada di benak kita gak jauh dari belerang, lava, panas, dsb. Ya gak? Tapi beda sama kawah yang satu ini. Boro-boro panas, malah nyejukin mata sampai ke hati *eh. Nah, yakin gak kalo di Indonesia ini ada kawah yang warnanya ijo. Ijo banget malah!

Kawah itu dikasih nama Kawah Wurung. Kawah yang pemandangannya berkebalikan sama kawah pada umumnya. Dan satu lagi, kawah ini gak jauh dari Kawah Ijen broo. Jadi gak bakal bikin capek kalo mampir ke sini abis liat sang api biru di Kawah Ijen.

Udah baca tulisan kami tentang kawah Ijen? Baca aja di Cuma Islandia yang Menyamai Indonesian Blue Fire Ini

Ya udah, kita kenalan dulu aja sama Kawah Wurung ini…

Antitesa Kawah pada Umumnya

Kawah Wurung letaknya gak jauh dari Kawah Ijen, tepatnya di sebelah barat dari Kawah Ijen sejauh kurang lebih 10 kilometer. Alamatnya tepat di desa Jampit, kecamatan Sempol, kabupaten Bondowoso, Jawa Timur. Kawasan seluas 100 hektare ini berada di ketinggian 1500 mdpl dan di bawah kendali Perhutani KPH Bondowoso.

Nama Wurung sendiri diberikan untuk menggambarkan keadaan kawah yang mati atau sudah tidak aktif ini. Saking lamanya gak aktif, permukannya sampai ketutup sama tetumbuhan hijau yang instagramable banget. Tapi itulah yang bikin beda.

Ya, kawah ini benar-benar beda. Sejauh mata memandang, yang ada cuma warna hijau. Warna ini adalah ‘selimut’ kawah yang terdiri dari rerumputan dan segala tanaman yang menghiasi. Beberapa pohon hanya ada di sebagian sudut saja di kawah ini.

Tapi kalo kamu dateng pas musim panas, pesona warna hijau akan berubah jadi kekuningan. Walau beda kesan, tapi soal pesona tetap sama bro.

Mau Ngapain Aja di Kawah Wurung?

Kalo lagi pada kesini, yang pasti dilakukan adalah…jelas, foto-foto, hahaha. Mau pas musim panas atau hujan, tetep, foto-foto. Malah ada yang mengabadikan momen pre-weddingnya di sini. Jadi, hal pertama yang bisa kamu lakuin disini adalah foto pre-wedding. Udah siap pre-wednya boss? Hehehe.

Spot unggulan yang biasa buat foto-foto, termasuk pre-wed ada di bukit cincin. Bukit ini mirip kubangan besar yang dihijaukan oleh rumput. Banyak orang menyebutnya mirip sama kaldera berukuran besar.

Terus, kamu juga bisa main hammock. Tau kan hammock? Kalo belum, kamu bisa ke gunung Masigit yang ada di tulisan kami berjudul Kalo Kamu Traveler Biasa, Mending Gak Usah Kesini.

kawah wurung jawa timur hammock
Santai main hammock, bisa juga gaan | banyuwangibagus.com

Selain itu, kabarnya kawah ini jadi latihan para pecinta gantole. Tau kan gantole? Itu lho, paralayang. Siapa tau kamu bisa nyobain olahraga menantang ini.

Kalo kamu pecinta gowes, kamu juga bisa bersepeda disini bro. Tapi sebaiknya pake sepeda gunung ya, biar sesuai sama medannya. Atau kalo mau lari-larian aja juga bisa, udaranya pun mendukung banget.

Serupa dengan Teletubbies

Kawah Wurung juga mengingatkan kita sama bukit yang ada di serial tv Teletubbies. Hijau, asri, dan nyegerin banget. Ini juga ngingetin kita sama bukit Pelaihari yang pernah kita bahas di artikel berjudul New Zealand? Iya, Tapi di Pelaihari.

Duh sorry yaa nge-link mulu, hahaha.

Jadi paling enggak, kita punya 3 bukti Teletubbies, di kawah Wurung, Pelaihari sama di gunung Prau. Ah jadi mupeng pengen main kesana…


Featured image by www.banyuwangibagus.com

Ngobrol santai yuk...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.