Kambing Memanjat Pohon di Maroko, Bukti Nyata Evolusi (?)

kambing memanjat pohon di maroko

Kambing memanjat pohon di Maroko sebenarnya bukan cerita baru. Kisah ini sudah lama terdengar, tapi tahukah kamu kalau ini ada hubungannya sama evolusi?

Halo kawan-kawan, selamat pagi. Apa kabar di hari Idul Adha ini? Kabar baik? Oh iya, selamat hari Raya Idul Adha 1438 Hijriah ya!

Nah, di hari raya ini Jejak Alam gak libur, tetap bakal ngajak bro n sist main. Kayak hari ini kita mau ke Maroko. Emang ada apa di Maroko? Ada kambing bos!

Cerita Lama Kambing Memanjat Pohon di Maroko

Hahahaha, tapi bukan kambing biasa broo. Btw, udah pada tau kan kalo ada kambing bisa manjat pohon di Maroko? Cerita lama nih….

Jadi gini, tepatnya di Maroko daerah selatan ada banyak banget kambing yang bisa manjat pohon. Pohonnya pun unik, namanya pohon Argan.

Pohon Argan bisa tumbuh antara 8 sampai 10 meter dan mampu bertahan selama 150 sampai 200 tahun. Pohon ini berduri dengan batang dan ranting yang meliuk-liuk.

Kambing itu gimana bisa manjat? Kan emang bukan kodratnya. Di pohon yang berduri lagi. Nanti kita bahas soal ini.

kambing maroko memanjat pohon
Pohon Argan menjadi sumber makanan bagi kambing kece ini | Amusing Planet

Pohon ini disebut sebagai sumber makanan bagi kaum kambing Maroko ini. Apalagi pas bulan Juni yakni saat buah-buahan pohon Argan sedang masak.

Tapi emang sih, daerah sini panas dan gersang banget. Kambing-kambing ini gak bisa ketemu rumput hijau kayak di kampung kita.

Keadaan ini membuat si kambing lambat laun mengalami evolusi. Evolusi ini adalah hasil dari adaptasi dalam waktu yang sangat lama. Menarik? Yuk lanjut…

Evolusi Kambing Ajaib di Maroko?

Kembali ke pertanyaan tadi. Gimana ya binatang yang kodratnya jalan di atas tanah dengan ‘desain’ yang sedemikian rupa tapi bisa manjat di pohon yang berduri?

Jawaban dari pertanyan ini ternyata ada hubungannya sama evolusi yang dialami kambing Maroko. Evolusi itu terjadi pada kaki mereka.

kambing paling aneh di dunia
Evolusi pada kaki yang membuatnya mampu memanjat pohon | Amusing Planet

Ternyata eh ternyata, setiap kuku di kambing-kambing Maroko memiliki 2 jari yang dapat dilebarkan. Inilah kenapa mereka bisa mencengkeram ranting dan batang pohon.

Belum lagi telapak kaki mereka yang justru lembut. Kelembutan ini membuat cengkeraman benar-benar mampu menyesuaikan kontur pijakan mereka.

Alhasil, cengkeraman si kambing mantab dan menjaga mereka ‘petakilan’ di atas pohon. Dasar kambing sangar emang!

kambing pemanjat pohon di maroko
Kambing yang biasanya jalan di atas tanah, yang ini malah manjat pohon | kamzakrasou.sk

Dalam Rangka Idul Adha

Gitu dulu yaa bro n sist, mau shalat Ied dulu nih, abis itu ikutan nyembelih kambing, hehe.

Salam buat teman dan keluarga. Sekali lagi, selamat hari raya Idul Adha 1438 H. Semoga aku dapat tulang rusuk, kamu dapat tulang punggung yaa. *eaa

Setelah kisah kambing memanjat pohon di Maroko ini, besok kita main lagi. Sampai ketemu besok pagi ya. Tchao!

Ngobrol santai yuk...