Jalur Pendakian Gunung Sumbing via Bowongso yang FULL BONUS

jalur pendakian gunung sumbing via bowongso

Banyak yang belum tau tentang menariknya jalur pendakian gunung Sumbing via Bowongso. Kali ini saatnya kita tau dan nyobain track keren ini.

Halooo bro n sist, apa kabar pagi ini? Baik-baik ya. Iyalaah, hari ini kita mau ke jalan-jalan ke Sumbing lewat jalan yang, bisa dibilang, kurang populer.

Tapi kalo liat sunset yang kayak di bawah tulisan ini, bakal jadi populer gak ya? Hehehehe. Oke deh, kita lanjut ya. Sambil ngemil boleh kok, hehe.

Sekilas tentang Gunung Sumbing

Buat yang belum tau aja, gunung Sumbing ini berada di 3 kabupaten bro n sist. Sepertiga ada di kabupaten Wonosobo, sepertiga lagi di Temanggung, dan sisanya di Magelang.

Gunung Sumbing punya 2 puncak, yakni puncak Buntu dan puncak Kawah (juga biasa disebut Rajawali atau Sejati) yang berada di ketinggian 3.371 meter di atas permukaan laut.

Dengan tinggi tersebut, Sumbing berada di urutan ke-3 sebagai gunung tertinggi se-Jawa setelah gunung Semeru dan gunung Slamet.

Nah, kalo mau memuncaki gunung ini, ada 4 jalur yang bisa dipilih bro n sist. Yang pertama via Cepit (Temanggung) dan via Kaliangkrik (Magelang).

Duanya lagi via Wonosobo, yakni Garung Kalikajar dan via Bowongso. Hari ini kita bakal naik via Bowongso ini. Udah pernah broo?

Jalur Bowongso dibuka pada 2007 dan melengkapi 3 jalur yang sudah ada sebelumnya. Meski demikian, jalur ini masih belum setenar pendahulunya.

foto puncak gunung sindoro sumbing
View kayak gini, banyak landainya, ada mata airnya. Gimana bro minat gak? | jelajahalamyuk.blogspot.co.id

Tapi jangan salah, jalur ini disebut jalur paling banyak ‘bonus’ dan cocok buat para pemula. Apalagi ada mata air yang bisa ngebantu banget. Ya udah yuk ke base camp langsung deh…

Banyak Bonus tapi Belum Terlalu Populer

Basecamp jalur pendakian gunung Sumbing via Bowongso dapat dicapai dari terminal Wonosobo.

Lokasi base camp berjarak kurang lebih 10 kilometer. Jarak itu bisa ditempuh pakai angkutan atau motor, buat yang motoran.

Jadi dari base camp ke pos 1 yang biasa disebut Taman Asmara ‘cuma’ butuh 2 jam perjalanan, itupun ritmenya santai.

Dari pos 1 ke pos 2, kita bakal ketemu sama mata air (semoga masih ada). Boleh diambil airnya, tapi secukupnya aja ya bro n sist. Jaga juga kelestariannya. Lanjut?

Setelah mata air, barulah ketemu pos 2. Di spot ini kita bisa bikin 5-7 tenda. Tapi kalo mau langsung ke pos-3, masih ada sekitar 1,5 kilometer perjalanan.

Nah, di pos 3 ini bisa lebih banyak tempat buat ngecamp. Bisa lah 15-20 tenda berdiri menaungi kita disana *eaa

pendakian gunung sumbing via bowongso
Sunset yang super cakep ada di via Bowongso | ig aji_pratangga

Dari sini saja, kita bakal dikasih view yang kece abis. Mata dimanjakan sama sabana plus kalo pas timing-nya, sunset yang super sexy.

Pos 3 sampai puncak jaraknya sekitar 3-4 jam. Ada 2 jalur yang bisa ditempuh, sebut aja sisi kanan dan sisi kiri, keduanya punya titik temu.

Sisi kiri jalurnya lebih pendek, tapi cenderung menanjak. Sedangkan sisi kanan lebih landai, tapi cenderung lebih jauh.

puncak kawah gunung sumbing
Dan…sampailah di puncak Kawah | amazingwonosobo.blogspot.co.id

LAST WORDS

Buat yang mau nyobain sensasi beda muncak ke Sumbing via Bowongso, jangan lupa bawa perbekalan yang cukup. Yang penting lagi, jangan sembarang buang sampah ya bro!

Semoga jalur pendakian gunung Sumbing via Bowongso tetap lestari dan populer biar bisa jadi jalan rezeki warga setempat juga. Okay, sampai besok pagi yaa bro n sist!


Featured image by www.pendaki.info

Ngobrol santai yuk...