Si Semok Rupa Monster yang Aneh

ocean sunfish nusa penida

Aneh memang!

Beberapa hari yang lalu aku lihat satu binatang yang bentuknya cukup aneh. Aku lihat di twitter sih trus aku ngiranya hoax. Eh pas aku cari di internet beneran ada.

Yang mau aku omongin ini adalah ikan, tapi bentuknya aneh dan beratnya ‘horor’ deh untuk ukuran ikan yang sering keluar di salah satu pantai di Indonesia ini. Dimana? Temukan jawabannya di artikel kita kali ini. Siapa tau kamu naksir terus mau liat langsung.

Namanya Mola Mola. Ya, ikan Mola Mola. Kalo pake istilah bahasa Inggris, namanya jadi Ocean Sunfish. Keren gak tuh?

Ikan ini emang aneh. Umumnya ya, ikan dari kali belakang rumah sampe laut dalam, punya sirip samping sama belakang. Karena sirip itu, ikan jadi lebih cepat renang, apalagi kalo ada predator. Si Mola ini, hehehe sebut saja si Mola, cuma punya sirip depan aja.

Tapi tau gak?

Sirip depannya ini posisinya ada di atas bawah! Nah lhoh! Nih liat kalo gak percaya…

ikan mola mola di bali
Ini dia penampakan ikan Mola Mola | image by pinterest.com

Kalo soal size, doi emang masuk ke big size. Paling enggak si Mola ini berukuran 3,5 sampe 5 meter dengan berat bisa mencapai 1-2 ton lebih. Padahal pas mereka baru lahir, panjangnya cuma 2,5 cm. Kalo dihitung matematis, mereka punya potensi tumbuh sampe 60 juta kali lipat! Dengan bobot dan ukuran yang wow itu, ikan Mola Mola dinobatkan sebagai ikan bertulang sejati terbesar di dunia yang pernah ditemukan.

Edan!

Kok edan? Iyalah! Dengan berat segitu, sirip ada di atas sama bawah, sama gak punya sirip belakang, kebayang gak seberapa cepat dia bisa renang?

Ikan Mola Mola ini gak kayak hiu atau lumba-lumba yang expert banget renang. Dia termasuk ikan yang sangat lambat berenang. Bahkan ikan yang makanan utamanya ubur-ubur ini lebih terbiasa mengikuti arus aja. Duh kasian deh…

Tapi gak cuma itu, karena lambatnya ini doi jadi korban kecelakaan kapal. Kadang kesangkut di baling-baling, kadang kejedot body-nya yang semok itu.

Satwa Dilindungi

Walau sering jadi korban kecelakaan, faktor utama langkanya ikan Mola Mola bukan karena itu. Tapi karena apa? Tentunya, kebiadaban manusia sendiri. Banyak dari kita yang memburu dan menjual dagingnya ke restoran. Orang-orang Jepang tuh yang katanya sering ngeburu si Mola.

Tapi sebagai bagian dari alam yang sangat megah ini, ikan Mola Mola adalah salah satu ikan yang dilindungi di negara Indonesia. Kamu malah bisa lihat langsung si ikan gendut ini di Nusa Penida, Bali.

ikan mola mola dilindungi di Bali
Naksir sama si Mola, ke Nusa Penida aja pas Juli – Oktober | ferrebeekeeper.wordpress.com

Di perairan pulau Dewata itu mereka dibiarkan hidup bebas di habitatnya. Disana mereka ‘bekerja’ sebagai obyek wisata, hehehe. Kalo kesana, disarankan pas bulan Juli sampai Oktober. Biasanya mereka muncul sama pemandu selam profesional yang disiapkan di Nusa Penida.

Udah sana aja yuk kapan-kapan…

Ngobrol santai yuk...