Kedamaian yang Bersemayam di Hutan Pinus Mangunan

hutan pinus mangunan di dlingo bantul

Hiruk pikuk peradaban kota seringkali membuat penat dan bosan. Bahkan ketika kamu ada di kota Jogjakarta. Kota yang tersohor dengan sebutan kota budaya dan kota pelajar, kini perlahan berevolusi jadi kota metropolitan. Mungkin beberapa tahun lagi, Jogja akan seperti Jakarta. Bising, sumpek, dan yang pasti, macet.

Tapi tenang, buat kamu dan aku yang masih pengen ketemu sama kedamaian sama ketenangan di kota Jogja, masih ada 1 harapan. Harapan ini ada di salah 1 spot wisata alam yang sedang naik daun, yakni Hutan Pinus Mangunan. Disinilah Jogja terasa lebih kalem.

Sudut Jogja Paling Adem

hutan pinus pre-wedding
Ciee pre-wed cieee 😀 | www.pakettourjogja.com

Hutan Pinus Mangunan berada di Imogiri, satu arah dengan makam raja Imogiri. Tepatnya di desa Dlingo, Mangunan, Imogiri. Untuk masuk dan nikmatin alam disana pun kamu gak perlu keluar duit. Adem buat jiwa raga, adem juga kan buat kantong? Hehehe.

Kamu cuma butuh ngeluarin duit parkir aja, motor 3.000, mobil 10.000 (kalo belum ada perubahan).

Disana kamu bisa diam aja sambil merem melek ngeliatin barisan pinus yang menjulang tinggi berusaha menutupi cahaya. Atau kamu juga bisa sesekali ngabadiin momen. Spot foto disana udah tingkat dewa deh. Kayak gak di Indonesia aja pokoknya, hehe.

Nah, karena saking aduhainya pemandangan di sana, hutan Pinus Mangunan sering dijadiin lokasi pre-wedding. Malahan pihak Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata) yang ada disana sudah menyiapkan spot khusus untuk calon pengantin. Mungkin maksudnya biar gak terganggu sama wisatawan lainnya.

Tapi buat kamu yang gak doyan diem, kamu bisa ngaikutin track yang udah disediain. Track ini adalah jalur outbond Watu Abang yang nantinya sampe ke sumber mata air Bengkung. Kono katanya mata air ini adalah lokasi pertapaan Sultan Agung Hanyakrakusuma.

Pilih mana? Diem aja nikmatin alam apa jalan-jalan? Apa pre-wedding aja? *eaa

Kulineran Sekalian

Di kawasan Imogiri, dekat sama hutan Pinus ini juga, kamu juga akan nemuin kuliner nikmat. Kuliner ini sayang juga kalo dilewatkan gitu aja. Udah tau nama kulinernya apa? Ya, sate klatak.

sate klathak pak pong bantul daerah istimewa yogyakarta indonesia
Sate Klatak, salah satu kuliner Jogja yang paling dicari saat ini | www.pegipegi.com

Sate ini emang unik. Kalo biasanya daging kambing ditusuk pake bambu atau kayu, kasih bumbu, terus dibakar di atas arang, sate klatak sedikit beda. Bedanya dikit sih, cuma ganti dari tusuk kayu atau bambu ke tusuk jeruji besi. Tapi nyatanya kuliner ini jadi salah satu yang favorit di Jogja saat ini.

Ah ngomongin makanan bikin lapar aja, hahahaha. Udah gitu dulu deh ya, mau makan dulu. Laper soalnya. Nuwun!


Featured image by piknikasik.com

 

Ngobrol santai yuk...