Hamparan Berlian Misterius di Gurun Pasir Terunik di Dunia

gurun pasir terunik di dunia

Satu lagi fenomena unik dan misterius yang ternyata ada di planet kita. Fenomena ini mirip-mirip kayak batu berlian yang berserakan di pantai Kolbano. Tapi ini gak di Indonesia bro, tapi di salah satu di Afrika. Gurun ini patut jadi gurun pasir terunik di dunia

Disebut terunik karena luasnya juga luar biasa, bahkan hampir sama dengan 1 negara! Kebayang gak tuh kaca berserakan di 1 negara? Seberapa banyak? Terus kalo dikumpulin beratnya berapa? Okelah, yuk main ke satu-satunya gurun yang mengandung kaca silika murni di bumi.

Gurun dengan ‘Berlian’ yang Berserakan

salah satu batu kaca yang ada di great sand sea
Ini dia salah satu pemampakan batu kaca yang mirip banget sama berlian | flickr.com

Di perbatasan Mesir dan Libya, ada sebuah gurun yang disebut Great Sand Sea. Gurun ini membentang dari utara ke selatan sepanjang 650 kilometer dan dari timur ke barat sepanjang 300 kilometer.

Luas ini bahkan hampir menyamai 1 negara di Eropa, Irlandia. Tapi jangan kira istimewanya gurun ini pada luasnya aja ya.

Great Sand Sea ternyata mengandung bebatuan kaca alami yang juga dinamakan Libyan Desert Glass. Kaca-kaca yang berserakan di sepanjang ratusan kilometer ini disebut sebagai kaca yang paling murni di dunia. Bila dijumlahkan, totalnya diperkirakan mencapai lebih dari 1000 ton!

Kaca-kaca ini punya varian warna dan ukuran. Umumnya berwarna kuning, tapi ada juga putih susu dan hitam. Dari sisi ukuran, ada yang berbentuk kerikil halus hasil polesan alam, yakni abrasi pasir karena angin. Namun ada juga yang berbentuk bongkahan super besar seberat 26 kilogram.

Teori yang Tak Pasti

Ngomong-ngomong, darimana ya asalnya kaca-kaca ini? Nah inilah yang memunculkan banyak teori. Teori yang pertama berkaitan dengan gunung berapi atau aktivitas vulkanis.

Sebagian pihak menganggap kaca ini adalah hasil dari letusan gunung, sehingga kaca-kaca itu disebut juga kaca vulkanik. Tapi masalahnya, gurun ini tidak memiliki 1 gunung pun, entah itu aktif maupun pasif. Oke, teori pertama sangat meragukan, kita ke teori ke-2.

gurun pasir unik di dunia
Adu teori asal usul batuan kaca di gurun Libya | dailytimewaster.blogspot.co.id

Yang ke-2, teori yang dikaitkan sama sambaran petir. Dahulu kala, diperkirakan ada petir yang menyambar pasir jenis kuarsa. Dampak dari sambaran ini ‘melahirkan’ kaca-kaca indah yang berserakan. Logiskah? Kalo teori yang ke-3 ini gimana?

Para peneliti menyebutkan bahwa material kaca ini sudah terbentuk sejak 26 juta tahun yang lalu. Anggapan itu kemudian dikaitkan dengan meteor atau komet yang pernah menghujam gurun. Kayaknya ini paling masuk akal, ya kan? Cuma masalahnya 1. Apa itu?

Great Sand Sea hingga kini tidak ditemukan adanya kawah atau semacam lubang bekas meteor. Tapi siapa tahu lubangnya ketutup sama pasirnya ya? Tapi masa iya kawah ketutup tapi kaca-kaca efek dari meteor justru ada di permukaan? Dan tapi tapi tapi lainnya….

Perhiasan Firaun

perhiasan firaun dari batuan kaca gurun
Wujud perhiasan Firaun yang abadi hingga kini | wikipedia.org

Orang Eropa pertama yang mengembangkan studi batuan kaca ini adalah Patrcik Clayton dari Inggris pada 1932. Akan tetapi, dia bukanlah orang pertama yang mengetahui keberadaan bebatuan cantik ini, melainkan orang Libya dan Mesir kuno. Bahkan orang-orang terdahulu sudah menjadikannya alat dan barang mewah, termasuk perhiasan Firaun.

Firaun Tutankhamun telah menjadikan batuan ini sebagai permata dari gurun pasir terunik di dunia. Tentunya dengan simbol mata satu. Hingga kini, permata Firaun masih ada lho.


Featured image by www.amusingplanet.com

Ngobrol santai yuk...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.