Main ke Gunung Sepikul Sukoharjo, Gunungnya Wiro Sableng!

gunung sepikul sukoharjo

Pernah denger gunung Sepikul Sukoharjo? Kalo belum, kita juga baru-baru aja taunya. Ternyata gak cuma Jogja yang punya gunung api purba, di sebelahnya Solo juga punya lho. Eh udah tau belum nih gunung purbanya Jogja? kalo belum mampir aja ke Murka dan Kutukan di Balik Gunung Api Purba Nglanggeran.

Kalo dari size kayaknya masih kalah sama yang di Jogja, tapi spot ini sayang juga kalo dilewatin gitu aja. Selain itu, gunung purba yang di Sukoharjo ternyata pernah jadi tempatnya pendekar gendheng Wiro Sableng lho! Anak 90an pasti kenal sama pendekar ini, hehehe.

Tapi tenang aja buat yang belum tau, ntar kita obrolin kok. Asal jangan ikut gendheng ya! Hahahaha.

Gunung Sepikul Sukoharjo, Gunung Purbanya Solo Raya

Kabupaten Sukoharjo bersebelahan sama kotamadya Solo dan kabupaten Klaten. Di kabupaten inilah gunung Sepikul berdiri dan menawarkan view alam sekitar yang ‘mewah’ banget, termasuk sunsetnya. Alamat lengkapnya ada di desa Gentan, kecamatan Bulu, kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah.

Bentuk Sepikul ini memanjang dan sebenarnya ada di 2 kabupaten, Sukoharjo dan Wonogiri. Tapi walau demikian, gak semua menyebutnya dengan kata ‘gunung’, ada yang nyebut ‘bukit’. Mungkin karena gak tinggi-tinggi amat kali ya?

bukit sepikul sukoharjo
Buat bisa duduk cantik di atas sini gak gampang bro, kuat gak nih? | twitter @papae_irgie

Eh tapi jangan salah, mau disebut bukit atau gunung, kita tetap butuh tenaga juga kalo mau sampe puncaknya Sepikul. Kemiringan medan di spot ini cukup menantang karena mencapai kisaran 40 sampai 60 derajat.

Tapi gak cuma itu tantangannya. Gunung atau bukit ini gak ditumbuhi pepohonan tinggi yang rindang sehingga suhunya lumayan panas. Jadi buat yang mau muncak, mending dateng pas sore aja. Sekalian menikmati sunset.

Oh iyaa, sunset adalah sajian utama kalo kita kesini. Semburat senja yang bersandingan dengan gunung Merapi Merbabu bakal lebih memperindah foto instagrammu. Sayang banget kalo dilewatin kan?

Gunungnya Wiro Sableng

Dilihat dari batuannya, gunung ini emang termasuk sangat tua. Maka dari itu disematkan kata ‘purba’. Selain itu, spot ini juga dikenal dengan nama Situs Danyangan dan Komplek Batu Seribu. Disebut Batu Seribu karena emang ada banyak spot batu di gunung Sepikul. Contohnya Watu Jaran, Watu Kandang, Watu Tingik, Watu Pawon, dan yang jadi favorit adalah Watu Tumpuk.

Akan tetapi, di balik watu-watu­ di atas, bukit Sepikul juga punya cerita di masa lalu. Tepatnya di era 90an ketika pendekar 212 Wiro Sableng masih ngetrend dan tayang setiap hari Minggu. Hehehe, anak 90an masih inget gak nih?

Ternyata, serial yang diangkat dari novel ini mengambil lokasi syuting di gunung Sepikul, tepatnya di sisi Wonogiri. Aktor utamanya, yang bernama Ken-Ken, juga adalah salah satu warga Wonogiri lho. Sejak saat itu juga bukit ini dikenal dan menjadi kunjungan wisatawan.

vino g bastian akan memainkan peran wiro sableng
Akankah pamor Sepikul juga akan naik seiring bangkitnya kembali Wiro Sableng? | bintang.com

Eh ngomongin Wiro Sableng, kemarin ada kabar katanya mau diangkat ke layar lebar Holywood lho! Tau gak siapa yang jadi pemeran utama? Itu, si Vino G Bastian. Dan tau gak? Wiro Sableng awalnya ada novel yang juga ditulis oleh ayahanda Vino, almarhum Bastian Tito.

Wah kalo ngambil spot di gunung Sepikul Sukoharjo lagi, bisa kebanjiran wisatawan dari mancanegara nih, hehehe.


Featured image by mahasiswikorban-php.blogspot.co.id

Ngobrol santai yuk...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.