‘Kiamat’ yang Diawali Gunung Sangiang di Bima Meletus Hebat

gunung sangiang di bima meletus

Soal gunung, kita mau balik lagi ke Nusa Tenggara Barat. Gak cuma Batutara yang punya cerita, gunung bernama Sangiang juga gak kalah mengerikan. Pada 2014, gunung Sangiang di Bima meletus dan sebagian menduganya sebagai kiamat yang akan menggulung dunia.

Ya, gunung ini berada tak jauh dari Bima, NTB. Dia tiba-tiba ‘mengamuk’ dan memaksa penduduk 1 pulau kala itu untuk angkat kaki dari rumahnya. Betapa mengerikannya Sangiang kala itu.

Hari ini kita mau ngobrolin Sangiang dan sedikit bernostalgia dengan sebuah kejadian di masa lalu.

Gunung Sangiang, 

Disebut Sangiang karena gunung ini berada di pulau Sangiang. Pulau ini adalah bagian dari kepulauan Sunda Kecil. Kalo dari Sumbawa, Laut Flores, letaknya tepat berada di timur laut. Dan secara administratif, pulau tersebut berada di kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat.

Gunung Sangiang punya bentuk yang cukup unik. Dia punya 2 kerucut vulkanik, 1 bernama Doro Api dengan tinggi 1949 meter di atas permukaan laut yang juga menjadi puncak utama. Sedangkan yang lainnya bernama Doro Mantoi, 1795 mdpl.

Gunung ini masih aktif dan termasuk yang teraktif di kepulauan Sunda Kecil. Sangiang tercatat pertama kali meletus pada 1512, kemudian berurutan pada 1988, 1989, Desember 2012, dan yang teranyar, Mei 2014. Dan yang lebih mengerikan lagi adalah…terjadi pada hari Jum’at.

Sangiang yang tenang, tiba-tiba ‘menghentak’ | blackmountaingoats.blogspot.co.id

Cerita ‘Kiamat’ dari Bima

letusan gunung sangiang di bima ntb
Penampakan Sangiang sesaat setelah meletus | ekliptika.wordpress.com

Erupsi pada Mei 2014 ini laksana hentakan alam yang mengejutkan setiap jiwa manusia Bima. Sangiang waktu itu tanpa ‘aba-aba’, tanpa gemuruh dentuman, tanpa seorang pun tahu, meletus dan membuat kepanikan hebat. Tepatnya pukul 15.50 WITA, warga Bima berlarian menyelamatkan diri.

Kepanikan semakin menjadi-jadi ketika mereka menyadari bahwa peristiwa ini terjadi pada hari Jum’at, hari dimana kiamat diramalkan terjadi. Ditambah lagi ketika mereka melihat amukan Sangiang, mereka seperti melihat ledakan bom Hirosima-Nagasaki pada perang dunia 2.

Begitu mengerikannya pemandangan kala itu. Kalo kamu ada di sana, apa yang akan kamu lakukan?

Abu vulkanik dengan tinggi tak kurang dari 3.000 meter ke langit perlahan ‘mengubur’ kota Bima. Evakuasi pun dilakukan dari sore itu sampai malam. Banyak warga mengungsi dan meninggalkan tempat tingglnya. Hingga tengah malam, gempa pun sering terjadi dan hujan abu tak terhindarkan lagi.

Akibat Terburuk Jika Gunung Sangiang di Bima Meletus Kembali

Syukurnya adalah bencana ini bukanlah kiamat besar atau kiamat yang sesungguhnya, ternyata ‘cuma’ kiamat kecil. Dengan ini maka warga Bima dan kita semua masih berkesempatan untuk memperbaiki diri untuk menghadapi kiamat besar yang sesungguhnya. Aamiin.

gunung sangiang yang berada di tengah laut
Kalo Sangiang ‘ngamuk’, Tsunami bisa saja terjadi | liputanislam.com

Sangiang memang gunung yang sangat berpotensi mengakibatkan bencana besar mengingat letaknya yang berada di cincin api. Tapi selain dampak dari abu vulkanik dan lahar dingin, gunung ini juga dapat mengguncang lautan bila ia mengamuk dahsyat.

Kedahsyatan itu dapat mengakibatkan gelombang besar hingga tsunami yang dapat menyapu Bima dengan cepat. Maklum letak gunung ini ada di tengah perairan.

Tapi tentunya ini bukan harapan kita semua. Mari bedoa dan semoga Sangiang jadi lebih aman lagi, aamiin.


Featured image by awaluddintahir.wordpress.com

Ngobrol santai yuk...