Gunung Prau: Dari Hamparan Sabana sampai Latar Video Clip

pendakian gunung prau dieng wonosobo
bukit teletubies gunung Prau
Ini adalah salah 1 spot di gunung Prau. Langitnya cadas gan!

Udah pernah naik gunung Prau kan bro? Pasti udah deh, hehe.

Buat aku, gunung ini cukup istimewa. Walau gak setinggi tetangga, Sindoro dan Sumbing, gunung ini tetap menyimpan keindahan yang ‘semlohai’. Ahaaay!

Kalo udah di pucuk, kita bisa lihat hamparan rerumputan hijau yang kayak gak keliatan ujungnya. Belum lagi kalo foto ngambil background 2 tetangga itu tadi, keren banget dah! Tapi gak cuma itu lho. Gunung Prau ternyata pernah jadi latar video clip band lokal bernama Brother of Smoke featuring sama ikon bocah gimbal Dieng.

Judul lagu mereka  Puncak Seribu Bukit yang menggambarkan Prau banget gitu. Di akhir tulisan ini ntar kita bisa lihat videonya. Suaranya dijamin sangar gan! Hahahaha.

Tapi sebelum kesana, kita mau nyari tau soal gunung Prau nih. Emang ada apa aja sih di gunung yang biasa jadi tempatnya pendaki pemula ini?

Kenalan Dulu

Gunung Prahu, yang biasa dibaca Prau, ini terletak di kawasan dataran tinggi Dieng, Jawa Tengah, Indonesia. Wikipedia menyebut tinggi gunung ini 2.565 mdpl, tapi ada sumber juga yang bilang tingginya sampai 2.590 mdpl. Gunung ini adalah batas dari 3 kabupaten, Batang, Kendal, sama Wonosobo.

Gunung Prau masuk kawasan hutan lindung yang dikelola PT Perhutani. Karena dilindungi dan sangat dijaga, gunung ini ditutup 3 bulan untuk pemulihan ekosistem pada 5 Januari – 5 April. Jadi kalo mau naik mendingan pas lagi musim cerah aja kayak Juli sampe akhir September. Emang dapet apa naik pas bulan-bulan itu?

gunung prau ketika cerah
Pas cerah kayak gini gan. Pertanyaannya, ini sunrise apa sunset? hehehe

Kalo kita naik pas lagi cerah-cerahnya, kita bisa lihat gunung-gunung di sebelah gunung Prau kayak Sindoro-Sumbing, Merapi-Merbabu, gunung Slamet sampai Lawu gan!

Selain itu, kalo beruntung kita bisa lihat bunga Edelweis juga. Agak susah sih biar dapet momen bunga ini mekar di Prau, tapi paling enggak kita bisa dapet cuaca cerah di bulan-bulan tadi.

gunung prau background sindoro-sumbing
Berfoto di atas gunung Prau dgn background Sindoro-Sumbing

Jadi Latar Video Clip

Gunung Prau yang menawarkan sejuta keindahan ini sempat jadi latar video clip band lokal bernama Brother of Smoke yang berkolaborasi dengan icon bocah gimbal Dieng. Aku pikir nih ya, jujur aja, paling suaranya biasa-biasa aja, eh ternyata suaranya edan banget, hahaha, sangar pokoknya!

Sayangnya gak ada info lengkap soal band lokal Wonosobo ini. Yang kita temuin cuma akun fb-nya. Kalo si bocah ini namanya Alfarizi. Nah, doi ini pernah sepanggung juga sama Slank nyanyiin Terlalu Manis. Gimana gak sangar tuh?!

Di ujung tulisan ini kita tonton aja nih si Brother of Smoke ft. Alfarizi, si bocah gimbal dari Dieng. Check this out!

Ngobrol santai yuk...