‘Aroma Mistis’ di Balik Cantiknya Goa Hawang Pulau Kei

wisata goa yang ada di indonesia

Goa Hawang pulau Kei adalah salah satu goa dengan kecantikan yang tak pernah dibayangkan. Padahal goa ini erat dikaitkan dengan…. nyapa dulu deh, hehehe.

Pagi bro n sist! Gimana pagi ini? Udah sarapan? Siap berangkat kerja? Hari Sabtu nih. Tetap semangat! Dan seperti biasa, setiap jam 6 mampir dulu di Jejak Alam.

Pagi ini kita mau terbang ke sebuah goa di pulau Kei. Ada yang tau dimana pulau Kei? Jauh banget kalo dari Jakarta, tapi pesonanya gak bisa dipandang sebelah mata *asek.

Dimanakah Pulau Kei?

Nah, goa yang mau kita kunjungi ini biasa juga disebut ‘goa hantu’ atau ‘goa setan’. Tapi sebelum ke sana, cari tau dulu deh pulau Kei dimana, hehehe.

Pulau, atau biasa juga disebut kepulauan, ini berada di Maluku sebelah tenggara. Kei atau biasa disebut Kai memiliki 2 wilayah, yakni Kei Besar dan Kei kecil.

Kei Besar memiliki gunung-gunung dan hutan yang lebat. Keadaan ini justru membuatnya tidak terlalu banyak ditinggali penduduk.

kepulauan kei maluku tenggara
Selamat datang di pulau Kei | travel.tribunnews.com

Sebaliknya, Kei Kecil lebih datar dan kita bisa menemukan warga Maluku di tempat ini. Pulau Kei beribu kota di Tual. (Wikipedia)

Dari daerah Tual ini, jarak menuju ‘goa setan’ masih sekitar 15 kilometer. Tepatnya di desa bernama Letvuan. Yuk gass kesana!

Kecantikan Goa Hawang Pulau Kei

Untuk menuju ke desa tersebut, kita bisa naik angkutan umum dari terminal Langgur di Tual. Sesampainya di lokasi, kita akan dikasih asupan kesehatan jiwa berwarna biru, hehehe.

Siapapun yang ke goa Hawang pasti akan melihat air yang biru jernih. Air ini bersumber dari mata air bawah tanah bernama Evu.

Mata air ini disebut mata air terbesar di pulau Kei. Karena besarnya ini, Evu menyuplai air sungai di 2 goa yang berjarak 15 meter ini.

sudut goa hawang pulau kei
Salah satu sudut goa Hawang. Mau renang? Boleh, yuk! | imansyahtamnge.blogspot.co.id

Kita diperbolehkan berenang di goa Hawang ini. Maka jangan lupa buat menyiapkan kameranya bro n sist. Bebatuan di dalam goa bakal memperindah foto-foto kita.

goa hawang di kepulauan kei
Beningnya broooooh! | @indotravellers.co

Airnya terasa sejuk dan sangat menyegarkan, plus super bening! Saking beningnya, air berwarna biru dan tembus pandang.

Sajian ini pas banget buat yang udah rela menempuh perjalanan jauh. Dijamin puas!

goa hawang tual
Kebeningan yang menjernihkan jiwa, hehehe | @sunu_and_wulan

Nah ada yang menarik nih. Sebagian orang yang ke goa ini merasakan aura yang ‘aneh’. Mereka merasa ada aura mistis yang tak bisa dijelaskan.

Uniknya, ke-mistis-an ini adalah salah satu yang menjadi daya tarik goa Hawang pulau Kei. Kok bisa?

Misteri Goa Setan

Kata ‘hawang’ di bahasa setempat berarti ‘setan’, ada juga yang menyebutnya ‘hantu’. Jadi kalo kita nyebut goa Hawang, sama aja kita nyebut goa Hantu!

Di lokasi ini tersebar cerita lama yang ‘abu-abu’ hingga kini, yakni tentang kapan goa ini ditemukan. Tak ada yang tahu persis.

Di samping itu, ada juga legenda lain yang menyebut bahwa di tengah goa terdapat beberapa batu yang mirip dengan manusia beserta 2 binatang yang diduga anjing.

tempat wisata mistis di indonesia
Walau mahsyur dgn kisah mistis, goa Hawang tetap mempesona | pinterest.com

Alkisah, dahulu kala ada seorang pemburu dengan 2 ekor anjing yang kelelahan setelah mengejar babi hutan. Setelah berlari jauh, sampailah mereka di goa Hawang ini.

Karena kehausan, sang pemburu kemudian meminum air yang ada di dalam goa. Tak dinyana, air terasa pahit dan sang pemburu pun mengumpat!

Entah datang darimana, mereka kemudian terkutuk menjadi batu. Macam Malin Kundang ya?

Daya Tarik yang Menarik

Alih-alih takut, kisah yang tak jelas kebenarannya di atas justru menjadi daya tarik goa Setan ini. Kalo kamu gimana? Tertarik juga? Apa ogah main ke sini? Hehehe.

Buat masuk dan menikmati air jernih dan suasana mistis goa Hawang, kita cuma harus keluar duit Rp 20.000 per mobil dan Rp 10.000 per motor.

Kayaknya gitu dulu ya, kita ketemu lagi di goa Hawang pulau Kei. Dan tentunya, ketemu lagi besok pagi jam 6, hehehe. Sampai besok!


Featured image by @yonas_teniwut

Ngobrol santai yuk...