Cerita Tentang Gunung Sinabung yang Meletus

cerita tentang gunung sinabung yang meletus

Selamat pagi bro n sist, apa kabar pagi ini? Semoga selalu dalam keadaan baik ya. Pagi ini kita mau ngobrolin cerita tentang gunung Sinabung yang meletus.

Jujur aja, sebenarnya Jejak Alam gak ada rencana buat ngomongin gunung pagi ini. Tapi karena dirasa lebih penting, makanya kita alihkan ke gunung, terutama Sinabung.

Tujuannya agar kita lebih tahu apa yang sebenarnya terjadi di sana dan seperti apa sebenarnya gunung yang satu ini. Yuk lanjut yuk…

Gunung yang Masih Aktif di Sumatera Utara

Oke kita kenalan dulu deh ya. Gunung Sinabung terletak di dataran tinggi Karo, kabupaten karo, Sumatera Utara. Ya, Sinabung adalah gunung aktif.

Meski demikian, awalnya gunung ini diduga sebagai gunung pasif setelah tidak meletus sejak tahun 1600. Barulah pada 2010, Sinabung menunjukkan taringnya. (Wikipedia)

letusan Sinabung 2010
Inilah foto Sinabung letusan pada 2010 | phinemo.com

Dan ternyata, erupsi di 2010 bukanlah satu-satunya. Sejak itu, Sinabung terus ‘meraung’. Erupsi tercatat pada 2013, 2015, 2016, dan yang baru-baru ini terjadi, 2017.

Erupsi gunung bertinggi 2460 meter di atas permukaan laut ini berhasil ‘menggusur’ warga sejauh radius minimal 7 kilometer untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

Dengan kejadian ini pula, segala bentuk aktivitas masyarakat lumpuh. Termasuk ranah pariwisata di sekitar lokasi.

Pilu Gunung Sinabung Meletus 2017

Sejak bulan Juli kemarin, tercatat Sinabung kembali ‘mengamuk’ tak kurang dari 11 kali dengan semburan awan panas setinggi 4000 meter dari puncak.

foto perjuangan warga menembus abu vulkanik
Perjuangan warga sekitar Sinabung menembus abu vulkanik | ig @beritasatu

Tak ayal semburan ini juga melahirkan abu vulkanik yang menutupi 5 kecamatan, yaitu kecamatan Payung, Simpang Empat, Naman Teran, Tiganderket, dan Kabanjahe.

Belum lagi kabar 2 hari ini tentang banjir yang sewaktu-waktu bisa melanda andai bendungan sungai Laborus jebol karena tak kuat menahan lahar dingin.

Sinabung sedang sangat genting!

Bangkit dengan Pariwisata

Meski porak poranda, Sinabung akan tetap bisa bangkit. Salah satunya dengan jalan pariwisata.

Emang sih, kabarnya semua jalur pendakian menuju puncak Sinabung udah rusak dan tak bisa lagi dilewati, namun masih ada cara lain agar Sinabung kembali diminati.

Yang pertama adalah dengan membuat museum atau lokasi peringatan bencana yang berisi tentang foto-foto dan barang-barang yang berhubungan dengan bencana yang pernah terjadi.

danau lau kawar tanah karo
Keindahan dalau Lau Kawar gunung Sinabung | travelingku-domino88.blogspot.co.id

Atau dengan menggarap salah satu spot yang juga menarik di kaki gunung Sinabung, yakni danau Lau Kawar.

Danau ini cukup luas dan lokasinya sangat pas untuk berkemah. Belum lagi pemandangan Sinabung yang masih bisa bersolek. Pasti danau ini dapat menjadi solusi.

Tentunya, ini akan disambut baik terutama warga sekitar yang bekerja di sekitar gunung.

LAST WORDS

Pada akhirnya, kami hanya bisa ikut berdoa agar Sinabung segera kembali normal. Semoga ini juga bisa menjadi peringatan untuk kita agar selalu mengingat yang Punya Sinabung.

Gitu dulu yaa bro n sist soal cerita tentang gunung Sinabung yang meletus kali ini. Segeralah tenang kembali Sinabung!


Featured image by wikipedia.org

Ngobrol santai yuk...