Lalai Manusia Mengundang Murka Sang Alam

cerita nyata deepwater horizon

Pada 2010, 30 April, sebuah tragedi mengerikan terjadi di Amerika. Tepatnya di sumur minyak lepas pantai teluk Meksiko. Minyak tumpah, merusak, dan membakar gak hanya kilang minyak, bahkan sangat menggangu ekosistem di sekitarnya.

Kisah ini nyata dan difilmkan pada 2016 dengan judul Deepwater Horizon. Polemik kelautan ini rampung pada 2014 setelah salah satu pihak dinyatakan bersalah oleh pengadilan. Nah di tulisan ini nanti kita akan tau apa yang terjadi di bencana terparah sepanjang sejarah tambang ini.

Terparah dan Memakan Korban Jiwa

Deepwater Horizon adalah nama dimana sumur minyak laut dalam dieksplorasi. Lokasinya tepat di teluk Meksiko, Amerika Serikat. Pada 2010 saat itu terjadilah kecelakaan yang tak pernah dibayangkan sebelumnya.

Pemimpin kru memaksakan proses penyedotan ketika mesin dan segala perlengkapannya tak terlihat siap 100%. Perlahan namun pasti kejanggalan terjadi.

Minyak terlihat bocor, memasuki, hingga memenuhi rig tambang. Kebocoran tersebut ternyata tak terhenti dan mengakibatkan kebakaran hebat yang menelan 11 korban jiwa kru tambang. Walau kebakaran hebat berhasil takluk, tragedi tak berhenti sampai disitu.

Diperkirakan lebih dari 210 juta galon minyak tumpah menggenangi teluk Meksiko selama kurang lebih 57 hari. Bahkan 5 tahun setelah itu, atau pada 2015, air laut masih mengandung minyak. Alhasil, gak cuma manusia yang kena, penghuni laut pun tak luput dari lara.

Lebih dari 600 species laut, seperti berbagai macam ikan, paus, lumba-lumba, kura-kura, tuna, kakap, hingga tiram, katak, buaya, dan burung pelikan, terkena dampak hebat dari minyak tumpah ini. Nama terakhir adalah yang paling memilukan.

kisah deepwater horizon 2010
Burung Pelikan keracunan minyak tumpah di rumah mereka sendiri | thetimes.co.uk

Burung pemakan ikan dalam foto ini diduga keracunan setelah menyantap ikan berlumuran minyak. Dan dia mewakili pemakan ikan lain yang juga menderita.

Berakhir Adil dan Berujung dalam Keajaiban Film

film deepwater horizon 2016
Tragedi Deepwater Horizon diangkat ke sebuah film | ComingSoon.net

Bencana Deepwater Horizon memakan waktu lama dalam proses peradilan. Namun pada 2014, hakim pengadilan memutuskan pihak British Petroleum Exploration and Production Inc. sebagai operator dan pemegang konsensi blok laut dalam teluk Meksiko, bersalah dan beratanggung jawab.

Akan tetapi, film yang disutradari Peter Berg tersebut tidak berfokus pada topik tragedi dari sisi siapa yang salah. Inilah keajaiban sebuah film.

Apa yang menjadi cerita di film Deepwater Horizon adalah tentang perjuangan bertahan hidup di laut lepas setelah bencana tersebut terjadi. Potret ini adalah ujung dari serangkaian tragedi yang terjadi menahun tersebut.

Hal itulah yang nampak serupa dengan keajaiban. Sebagian orang kini melihat Deepwater Horizon adalah arena dimana sebagian kecil umat manusia bertahan hidup dari amukan alam. Dan mereka melakukannya dengan heroik!

Semoga bencana yang mengerikan ini tidak lagi terjadi. Dan jangan lupa berterima kasihlah pada Pemilik alam yang telah menyuplai kebutuhan hidup kita secara gratis. Atau mau alam kembali mengamuk karena keserakahan dan kelalaian kita?


Featured image by theamericanenergynews.com/

Ngobrol santai yuk...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.