Gua Esa Ala, Ibu dari Segala Gua di Dunia

Gua Esa Ala adalah gua raksasa yang disebut sebagai ibu dari segala gua di dunia. Ia juga mencuri perhatian dengan menjadi latar sebuah film. Film apa?

Sebelum kita ngobrolin filmnya, kita nyapa dulu deh. Pagi bro n sist, gimana kabarnya? Semoga selalu dalam keadaan baik, aamiin.

Pagi ini kita mau main ke gua yang super jumbo dan konon belum dijamah sepenuhnya sama manusia. Berani gak nih? Yuk kita ke Papua!

Gua Esa Ala di Papua Nugini

Eh bentar, masih ingat kita terakhir main ke gua apa? Benar, gua Son Doong yang disebut goa terbesar di dunia. Tapi gua yang satu ini kayaknya gak kalah besar juga deh.

Namanya gua Esa Ala, sebuah gua raksasa yang berada di provinsi Milne Bay, Papua Nugini. Esa Ala adalah gua vertikal dengan kedalam yang ‘mengerikan’.

Ya, tak kurang dari 1.200 meter dalamnya, dengan bibir gua mencapai 400 meter. Ukuran  yang sensasional ini membuatnya belum tereksplorasi secara menyeluruh.

gua esa ala di papua nugini
Penampakan dari luar gua Esa Ala. Megah namun juga mengerikan | Somlamba

Dan seperti gua yang lain di dunia, kita akan menemukan aliran sungai di dasar gua. Bedanya, di gua ini baik aliran kecil maupun besar, semua mengalir ke laut.

Mana lagi kalo gak ke samudera Pasifik. Selain itu, air di dasar gua Esa Ala dipercaya telah bercampur dengan air hujan selama jutaan tahun yang lalu!

Maklum, gua ini memang sudah sangat tua. Saking tuanya, tak ada informasi pasti tentang prediksi awal mula terbentuknya gua.

misteri gua esa ala
Tidak ada yang berani memastikan bagaimana gua ini bisa terbentuk

Bisa jadi gua ini terbentuk karena longsoran yang dipicu gempa atau lempeng bumi yang bergeser dengan sangat kuat.

Atau emang terjadi karena sungai bawah tanah yang menggerus secara berulang-ulang selama jutaan tahun. Tiada yang tahu.

Itulah kenapa gua ini termasuk gua misterius. Bahkan bagi warga sekitar. Tak banyak dari mereka yang mengunjungi gua ini. Bagaimana dengan wisatawan?

Latar Film Petualangan

Gua Esa Ala gak begitu ramai. Paling hanya para pecandu gua saja yang sering mendatangi spot ini. Tapi ini terasa wajar sih…

kedalaman gua esa ala
Gua misterius yang mjd ‘makanan’ para pecandu adrenalin | hubpages.com

Soalnya, dilihat dari bentuknya, gua ini emang sangat membahayakan. Gak bisa sembarang bisa main ke sini. Sekalinya jatuh, waduh bisa kelar deh, hehe.

Alasan inilah yang mendasari perpindahan latar pengambilan film Sanctum. Hayoo, ada yang tahu film ini? Beberapa kali kita nyinggung film ini.

Film Sanctum menceritakan sebuah petualangan susur gua yang berakhir tragis. Dan gua yang dimaksud adalah gua Esa Ala.

film sanctum gua esa'ala papua new guinea
Gua Esa Ala jadi latar cerita di film Sanctum yang berakhir dramatis

Tapi meski demikian, gak semua scene diambil di gua ini. Ada banyak scene, terutama saat di dalam gua, diambil di gua Meksiko.

Film yang dirilis pada 2011 itu cukup mendongkrak popularitas gua Esa Ala di dunia internasional. Dari sisi ceritanya pun nampak begitu nyata.

Tapi emang demikian, film Sanctum diilhami dari kisah nyata sang produser ketika terperangkap di sebuah gua. Bukan Esa Ala pastinya.

gua cocklebiddy di australia
Kisah Sanctum diilhami dari peristiwa di gua Cocklebiddy | bonzle.com

Tepatnya di gua Cocklebiddy, Australia. Udah nonton filmnya? Kalo udah, kita ada referensi film petualangan lain lho.

Mampir aja ke Awas! Ini Cuma Buat Traveller Beraliran ‘Sufi’. Kalo ada yang kurang, boleh ditambahin. Komen aja ya…

Kapan Main?

Jadi gimana? Ada minat buat main ke gua ini? Hehehe. Eh kalo dilihat ya, gua ini emang cenderung gelap. Gak kayak Son Doong.

Mungkin karena bentuknya yang membuat Son Doong lebih mudah diterangi. Ya gak sih? Nih mampir sini aja kalo belum ke Son Doong: Di Balik Goa Terbesar di Dunia

goa son doong cave
Selain gua Esa Ala, masih ada juga gua Son Doong | @arkiehikerchic

Tapi kalo ke Papua Nugini atau ke Vietnam terlalu jauh, ke Jogja aja deh, hehehe. Di sana ada gua yang juga lagi hits. Ada yang tau gua mana?

Mampir sini aja deeeh : Goa Jomblang Jogja, ‘Mainan Nyawa’ ala Film Sanctum

Okelah, kayaknya udahan dulu ya. Besok kita ketemu lagi di jam 6 pagi, di ujungnya bulan Oktober. Gitu ya, sampai ketemu juga di gua Esa Ala. Tchao!

Misteri di Balik Goa Terbesar di Dunia, Son Doong

Teman-teman tau gak? Goa terbesar di dunia diperkirakan mampu menampung New York lengkap dengan gedung-gedung tingginya. Dimanakah goa itu berada?

Pagi ini kita mau main ke goa tersebut. Lokasinya gak jauh amat dari Indonesia. Ada yang tau dimana? Di Vietnam, bro n sist!

Eh kabar sehat kan? Semoga, aamiin. Yuk ah langsung aja kita terbang ke negara tetangga. Gak sabar mau lihat kemegahannya. Gass!

Goa Son Doong di Vietnam

Goa ini namanya Son Doong. Kalo di bahasa Vietnam, Son Doong artinya ‘sungai gunung’. Dan emang bener, ada sungai beraliran deras di bawah goa.

Bahkan saking derasnya sampai membuat warga sekitar tak berani untuk memasukinya, dan itu terjadi selama bertahun-tahun sebelum diperkenalkan ke peneliti.

Aliran sungai itu membanjiri sisi goa dan tak habis untuk ditelusuri pada saat pertama goa ini dilihat. Kebayang gak tuh segede apa goanya?

misteri son doong goa terbesar di dunia
Selamat datang di goa Son Doong! Keliatan ada kabut kan? | @topnathasedh

Goa yang termasuk dalam kawasan Taman Nasional Phong Nha-Ke Bang, provinsi Quang Binh, Vietnam, ini pantas disebut goa raksasa.

Gimana enggak? Panjangnya mencapai 5 kilometer dengan lebar sampai 150 meter! Tahu tingginya berapa? Pada sisi tertentu, tingginya mencapai 200 meter!

Tak ayal, ketika kita masuk ke goa, kita juga akan ‘disambut’ oleh kabut lembut yang nampak seperti awan. Awan dalam goa?

Ya, kelihatannya begitu. Tapi bukan itu aja yang bikin kagum. Yuk masuk lebih dalam. Hati-hati ya, track licin. Pakai sandal anti selip!

foto goa son doong di vietnam
Menyusuri goa terbesar di dunia gak bakal gampang. Siapkan perlengkapannya, termasuk sandal | @phunghia

Sembari berjalan masuk, kita akan dipertontonkan lukisan alam pada dinding goa yang luar biasa cakep. Selain itu, ada juga stalakmit spektakulernya.

Gimana gak spektakuler, ukurannya aja sampai 80 meter dan menjadi stalakmit tertinggi di dunia yang pernah ditemukan!

Pada sisi lain, ada juga stalakmit dengan warna yang mencolok. Warna ini nampak seperti emas raksasa. Bercahaya dan nampak memantulkan cahaya.

Misteri yang Menarik Minat Traveler Dunia

Tentu saja, sebuah tempat yang menyandang status sebagai goa terbesar di dunia ini bakal menarik wisatawan dari seluruh dunia.

gambar goa terbesar di dunia
Keindahan Son Doong, gak akan menipu. Luar biasa! | @studio_tu

Sejak dibuka pada 2013, goa Son Doong tak pernah sepi peminat. Dan pastinya, para pelancong mancanegara ini tak akan selesai menyusuri goa pada hari pertama.

Alhasil, mereka sampai mendirikan tenda dan menginap di dalam goa. Tenang, kalo kita ke sana, tempat juga gak bakalan abis, hehehe. Semoga.

Ada bagian tertentu yang kalo dilihat, kita kayak lagi camping di pinggir pantai. Soalnya ada genangan air berwarna biru dengan pasir putih.

goa terbesar se asia tenggara
Main ke Son Doong, gak cukup cuma sehari, hehe. Tapi tenang, kita bisa nginep! | @imedgarj

Melihat keindahan yang seabrek, sebagian pasti bertanya-tanya. Gimana goa sebesar ini bisa terbentuk? Pastinya gak kayak legenda 1000 candi lho.

Hehehe, iya, gak terjadi dalam semalam. Para peneliti dari Inggris mengatakan bahwa goa ini mulai terbentuk sejak 3 sampai 5 juta tahun yang lalu.

Awalnya adalah aliran air yang ‘menggerus’ bebatuan kapur di bawah gunung. Dari arus kecil sampai arus besar.

Proses itu terus terjadi dalam waktu yang lama dan membuat lubang bawah tanah yang begitu megah hingga menjadi goa terbesar di dunia saat ini.

gua terbesar dan terpanjang di dunia
Kemegahan Son Doog tak lahir dari semalam, tapi jutaan tahun | @phoebspang

Walau diperkirakan telah terjadi sejak jutaan tahun yang lalu, tetap saja tak ada yang mampu memastikan kapan proses itu dimulai.

Mungkin itulah misterinya. Kita saat ini tinggal menikmati dan menjaganya agar tetap lestari.

Kapan Main?

Jadi mau kapan ke Vietnam? Kalo dari ibu kota, Hanoi, jaraknya lumayan jauh. Yakni sekitar 500 kilometer ke selatan.

Nantinya kita masih harus memasuki daerah Ho Khanh dimana goa Son Doong berada. Rekrut guide aja biar gak kesasar, hehehe.

goa son doong cave
Merekrut guide adalah cara terbaik biar gak kesasar, hehe | @arkiehikerchic

Okelah, kayaknya gitu dulu ya bro n sist. Sampai ketemu besok pagi di Jejak Alam. Oh iya, kalo Vietnam terlalu jauh, coba ke Jogja dulu aja.

Kota pelajar juga punya goa yang lagi naik daun. Kita bisa menikmati ‘cahaya surga’ di goa tersebut. Mampir deh ke goa Jomblang Jogja.

Gitu dulu ya, sampai jumpa di goa terbesar di dunia Son Doong. Tchao!


Featured image by @sassy_sush

Alam Bebas di dalam Masjid Hamidiye Turki

Masjid Hamidiye Turki lokasinya tentu aja jauh dari Indonesia. Namun ada hal menarik yang sayang banget buat dilewatin, yakni interior yang anti-mainstream.

Pagi bro n sist, libur kan hari ini? Selamat tahun baru Islam 1439 Hijriah. Semoga kita bisa jadi lebih baik lagi. Pagi ini Jejak Alam tetap on, hehehe.

Kita mau ngajakin ke Turki untuk melihat masjid yang didesain mirip dan dekat dengan alam. Kalo kita shalat di dalamnya, rasanya kayak shalat di alam lepas bro! Kok bisa?

Sejarah Masjid Hamidiye Turki

Sebelum kita lihat dan menikmati adem-nya beribadah di masjid ini, kita baiknya kenal sama sejarah singkatnya dulu bro n sist. Oke? Namanya masjid Hamidiye Camii.

Walau masjid ini gak gede-gede amat, tapi tetaplah ia bagian dari kekhalifahan Utsmani karena dibangun pada 1905 oleh perintah Sultan Abdulhamid II.

Namun pada saat itu, hasilnya kurang memuaskan karena bentuknya yang kecil sehingga tak mampu menjamu jama’ah yang kian banyak.

masjid hamidiye - gambar mesjid yang terindah di dunia
Sebelum mjd seperti sekarang, masjid Hamidiye sempat terbengkalai | Pinterest

Masjid ini pun sempat dibiarkan dan tidak terawat sebelum akhirnya dipugar dan didesain ulang. Tak tanggung-tanggung, renovasi masjid sampai mengimpor harus seniman.

Dia adalah seniman asal Azerbaijan yang menyulap masjid sederhana dan sempit menjadi masjid yang megah dan artistik.

masjid hamidie turki
Lafadz Allah pada dinding bagian luar masjid Hamidiye Camii | halallifestyle.id

Pada satu sisi, ia menyematkan kaligrafi berlafadzkan Allah berukuran besar. Tapi bukan itu saja yang menarik. Sang seniman memberikan sentuhan alam di bagian interior.

Ya, di ruang utama masjid kita akan menemukan suasana yang persis dengan suasana alam bebas. Ada pepohonan dan rerumputan hijau, ornamen kayu berwarna coklat, langit biru, dan air terjun yang menyejukkan mata.

masjid hamidiye turki
Bagian paling menarik dari masjid Hamidiye Turki, interior alam yang nagdemin banget | ilmfeed.com

Rasanya tak percaya, kita berada di dalam masjid yang di dalamnya (seperti) ada taman yang sejuk dan indah luar biasa.

Dan setelah diulik lebih dalam, ternyata ide ini datang dari Allah, bukan dari dirinya sendiri. Ia pun mengakui itu.

Terilhami dari Al-Quran

Sang seniman bahwa ide pembuatan desain ini datang dari surat Al-Baqarah ayat 22 yang berbunyi :

“Dialah yang menjadikan bumi sebagai hamparan bagimu dan langit sebagai atap, dan Dia menurunkan air (hujan) dari langit, lalu Dia menghasilkan dengan hujan itu segala buah-buahan sebagai rezeki untukmu; karena itu janganlah kamu mengadakan sekutu-sekutu bagi Allah, padahal kamu mengetahui.” Q.S Al Baqarah Ayat 22.

Dan menariknya lagi, masjid Hamidiye Turki kemudian semakin ramai dan makmur. Bahkan setelah masuk ke dunia maya, peminatnya pun semakin banyak, termasuk JA, hehehe.

gambar masjid terunik di dunia - masjid hamidiye turki
Masjid Hamidiye semakin diminati oleh berbagai kalangan | ilmfeed.com

Nah, gimana caranya biar bisa sampai ke masjid ini? Lokasinya berada di kota benama Kirsehir. Kalo dari Ankara, jaraknya kurang lebih 1 jam perjalanan.

Dekat dengan Alam, Dekat dengan Kehidupan

Kami doakan ya, siapapun yang membaca ini semoga kita bisa mengunjungi masjid yang luar biasa indahnya ini. Paling tidak kita bisa lewat aja, hehehe, aamiin.

Semoga obrolan kita pagi ini memberikan inspirasi. Selamat tahun baru Islam dan selamat liburan. Kita ketemu lagi besok jam 6 ya. Kita bakal main di tanah kita.

Dimana itu? Besok ya, hehehe. Okelah, sampai bertemu di masjid Hamidye Turki. Tchao!


Featured image by ilmfeed.com

Gurun Atacama Berbunga Gegerkan Dunia!

Fenomena gurun Atacama berbunga ternyata menyita perhatian dunia maya. Maklum, fenomena ini terjadi 3 tahun lebih cepat dari perkiraan!

Pagi bro n sist, gimana kabar pagi ini? Semoga sehat selalu. Jejak Alam pagi ini mau ngajak main, tapi jauuuuh banget dari Indonesia.

Udah jauh, tempatnya pun kering banget, sampai disebut sebagai yang terkering di dunia! Emang ada apa di tempat ini sampai kita harus ke sini? Yuk ikut yuk…

Gurun Terkering di Dunia

Kita mau main ke gurun bro, namanya gurun Atacama. Gurun ini berlokasi di sisi barat benua Amerika Selatan dan berbatasan langsung dengan samudera Pasifik.

Gurun dengan luas lebih dari 105.000 kilometer persegi ini masuk negara Chile. Oleh NASA dan National Geographic, si Atacama dinobatkan sebagai gurun paling kering di dunia!

(Sumber: Wikipedia)

Saking keringnya, peneliti berani memastikan tidak ada satu pun lalat yang berada di tengah gurun. Kenapa tidak ada? Karena makanannya pun tak ada di tempat super kering ini.

fenomena aneh di gurun pasir
Gurun Atacama, gurun terkering di dunia!

Status ini disematkan atas penelitian dan penemuan di beberapa bagian gurun yang diperkirakan kering sejak 20 juta tahun yang lalu.

Meski demikian, masih ada aja bagian lain yang basah karena hujan setiap 5 sampai 7 tahun sekali. Dan uniknya, hujan ini sampai menumbuhkan bibit-bibit bunga yang ada di dalam lapisan gurun.

Nah, pas lagi mekarnya bunga gurun inilah manusia kemudian datang sebagai wisatawan. Keren juga ya ada bunga di tengah gurun.

Cuma masalahnya, fenomena aneh terjadi di bulan Agustus kemarin.

gurun atacama di chile utara
Fenomena aneh yang tjd untuk pertama kalinya di gurun Atacama | NatGeo

Fenomena Aneh di Gurun Pasir Dunia

Untuk pertama kalinya, gurun Atacama ditumbuhi bunga sejak hanya 2 tahun setelah hujan membasahinya. Padahal biasanya harus nunggu 5 sampai 7 tahun.

Fenomena yang disebut diserdio florido, atau ‘gurun yang berbunga’, kemudian dimajukan sangat cepat dari jadwal yang sebelumnya.

Wisatawan pun membanjiri gurun Atacama, termasuk para ilmuwan yang bertanya-tanya apa yang sedang terjadi.

gurun atacama di amerika selatan berbunga
Pemandangan gurun yang berbunga di Atacama | NatGeo

Mereka kemudian meneliti dan menemukan setidaknya ada 200 species bunga yang tumbuh. Angka ini masih sangat bertambah mengingat adanya perbedaan waktu mekar yang berbeda.

Fenomena ini tentu bisa menjadi daya tarik wisata tersendiri untuk masyarakat negara Chile. Tapi kalo ngomongin fenomena di gurun pasir, ini bukan yang paling aneh.

Misteri yang Tak Terpecahkan

Bila peristiwa gurun Atacama berbunga dipicu karena hujan yang turun secara tiba-tiba, tidak dengan gurun di 2 negara, Mesir dan Libya.

gurun pasir unik di dunia
Adu teori asal usul batuan kaca di gurun Libya | dailytimewaster.blogspot.co.id

Dulu, kita pernah ngobrolin berlian yang terhampar di salah satu gurun Afrika. Uniknya, tak ada yang berani memastikan bagaimana berlian ini bisa berserakan tanpa sebab.

Buat yang baru gabung, bisa mampir nih ke Hamparan Berlian Misterius di Gurun Pasir Terunik di Dunia.

Coba ya di Indonesia ada gurun yang unik kayak gitu, hehehe, kan gak perlu sampe Mesir atau Libya apalagi Chile. Tapi apapun itu, kita patut memuji Sang Maha Pencipta yang Maha Berkehandak.

Nah, kayaknya gitu dulu obrolan kita pagi ini ya bro n sist. Setelah fenomena gurun Atacama berbunga ini, kita ketemu lagi besok jam 6 di Jejak Alam. Tchao!


Featured image by ABC

Kisah Orang yang Hidup Sendiri di Pulau Terpencil

Ternyata di masa yang sangat modern, masih saja ada kisah orang yang hidup sendiri di sebuah pulau. Ia sangat dekat dengan alam namun jauh dari peradaban.

Hai guys gimana kabar pagi ini? Sehat kan? Kalo sakit, semoga cepet sembuh, aamiin. Pagi ini kita ketemu lagi buat main ke tempat yang jauh banget, hehehe.

Lokasinya di Italia, jauh kan? Tepatnya di sebuah pulau yang hanya dihuni sama 1 orang aja. Gak tanggung-tanggung, dia disini udah 28 tahun!

Kejayaan Budelli di Balik Spiaggia Rosa

Kisah orang yang hidup sendiri ini kisah beneran lhoo bro n sist. Bukan kisah fiksi. Dia adalah Mauro Morandi. Pria 78 tahun yang setia dengan pilihannya.

Ya, pilihannya untuk menyendiri di pulau bernama Budelli. Tepatnya sejak 1989, saat katamarannya terbawa arus sampai ke pulau ini.

Ia lantas jatuh cinta dan memutuskan untuk menetap di pulau yang masuk dalam kawasan Taman Nasional Kepulauan Maddaline.

sudut dari pantai berwarna pink di dunia di italia
Salah satu sudut Spiaggia Rosa | sailingsicily.com

Budelli hanya 1 dari 7 pulau yang berada di Taman Nasional itu. Akan tetapi ada hal yang membuatnya nampak berbeda, yakni Spiaggia Rosa atau pantai Pink.

Pada era 1990an, pantai ini menjadi daya tarik utama pulau Budelli. Ratusan hingga ribuan wisatawan memadati pantai ini setiap harinya.

Namun sayang, jumlah tersebut justru menjadi faktor rusaknya ekosistim rapuh yang ada di sekitar pantai. Pemerintah Italia kemudian menutup dan hanya membuka pada waktu tertentu.

foto mauro saat di 'pulaunya'
Budelli ditutup dan hanya di waktu tertentu untuk dibuka | NatGeo

Nah, adakah yang bertanya, bagaimana Mauro bisa hidup sendiri disini? Dan apa saja yang ia lakukan? Apakah ia tak merasa bosan? Ikuti terus ya…

Mauro, Orang yang Hidup di Alam Liar

Mauro Morandi memiliki teman yang mengirimkannya bahan makanan setiap dua minggu sekali. Ini yang ternyata membantunya untuk berbuat lebih banyak.

Tepatnya pada alam. Ya, pak tua ini punya aktivitas yang sangat mulia, sebut saja mengumpulkan sampah plastik di pesisir pantai, menjaga ekosistim, dan yang ia sebut paling penting adalah mengedukasi orang-orang mengapa tumbuhan butuh hidup.

Mauro aktif menjadi ‘tuan rumah’ untuk wisatawan musim panas. Ia juga mentoleransi pengaruh dunia luar dengan internet.

Tapi jangan salah, dia ‘main’ internet justru untuk mendekatkan manusia dengan alam. Bukan untuk instagraman, hehehe.

foto saat mauro berkomunikasi dgn wisatawan
Mauro berkomunikasi dgn wisatawan yang juga ia temui di dunia maya | vice.com

Tapi ngomong-ngomong ya, orang ini sebenarnya ada kemiripan dengan Alexander Supertramp. Ada yang masih ingat?

Nanti ya, di bagian akhir kita ingetin lagi, hehehehe. Lanjut…

Selain itu semua, Mauro juga punya kegemaran membaca. Terlebih saat musim dingin. Waktu ia habiskan untuk mengurai pemikiran filsuf dan sastrawan Yunani.

Kalo ia bosan membaca, Mauro pun memahat patung. Dan aktivitas lainnya adalah duduk-duduk santai di pinggir pantai bertemankan deburan ombak dan sapuan angin.

Syahdunya sekali ya? Padahal dia adalah aktor dari kisah orang yang hidup sendiri, ckckckck.

Mauro saat sedang membaca buku
Banyak aktivitas yang dilakukan Mauro, salah satunya membaca | change.org

Berada di Penjara yang Ia Pilih

“Aku seperti berada di dalam penjara di sini, tetapi penjara yang ku pilih sendiri untuk diriku,”

Itulah satu dari sekian banyak kata mutiara mbah Mauro. Ia memang sangat bahagia hidup menyendiri bersama Budelli yang ia cintai.

Sekilas, ini mirip dengan kisah Alexander Supertramp, anak muda yang mencoba hidup sendiri di Alaska. Alaska broo!

Walau akhirnya ia meninggal karena, diduga, keracunan dan kekurangan makanan, ia tetap pantas disebut salah satu ‘pecandu alam’.

Bahkan kisahnya pernah difilmkan dan pernah kita obrolin di tulisan berjudul Awas! Ini Cuma Buat Traveller Beraliran ‘Sufi’.

foto alexander supertramp semasa hidup menyendiri
Inilah foto Alexander Supertramp semasa hidup menyendiri | venngage.com

Apapun itu, hidup menyendiri tentu tidak mudah. Dan juga bukan hal yang lazim untuk dilakukan. Lebih baik hiduplah untuk manfaat, tidak untuk menyendiri.

Tapi hal positif yang bisa kita petik dari kisah Mauro adalah, ia peduli dengan alam. Ia tak merusaknya dan justru memberi pengertian pada khalayak terhadap alam.

Tak perlu menjadi Mauro, cukuplah jadi diri kita dengan mengambil sisi positif Mauro. Okay?

Kayaknya gitu dulu ya bro n sist. Pagi ini kita tahu ternyata kisa orang yang hidup sendiri selama 28 tahun itu bukan kisah fiksi. Sampai ketemu besok pagi ya! Kita main lagi besok…


Featured image by vice.com