Curug Sanghyang Taraje Garut, Tangga Menuju Langit

Curug Sanghyang Taraje Garut adalah curug dengan keindahan super megah. Beberapa fotonya kayak gak di Indonesia, kayak di Swiss. Yuk main!

Pagi bro n sist, gimana kabarnya pagi ini? Semoga selalu dalam keadaan baik, aamiin. Pagi ini kita mau ngadem, ikutan gak nih?

Tepatnya ke sebuah air terjun yang diberi nama Sanghyang Taraje. Lokasinya di Garut nih, ada yang dari Garut? Yuk gass!

Curug Sanghyang Taraje Garut

Kalo dari pusat kabupaten Garut, jaraknya sekitar 50 kilometer, yakni di desa Pakenjeng, kecamatan Pamulihan, kabupaten Garut, Jawa Barat.

Tapi sorry nih, kalau mau ke curug ini, kita musti siapin dulu motor kita. Rem dan kondisi mesin pastikan dalam keadaan oke. Tau kenapa?

Karena jalan ke curug Sanghyang Taraje Garut sangat menantang, naik turun bukit. Itulah kenapa naik motor lebih direkomendasikan.

curug sanghyang taraje di garut
Untuk sampai ke sini, kita harus berjalan kaki. Siap gak nih? | @hendra700

Hehehe, jangan senang dulu, itu belum semua lho. Sesampainya di lokasi, kita masih harus jalan dulu. Naik turun bukit dengan kemiringan mencapai 70 derajat lebih!

Nah kalo ini, pake sandal aja, yang anti selip. Biar enak gak gampang terpeleset. Soalnya gak cuma itu, track ini juga bakal cukup melelahkan.

Untungnya, spot yang mau kita sambangi ini cakepnya minta ampun. Bakal dibayar lunas deh sama kecantikannya. Serius!

lokasi curug sanghyang taraje garut
Lelahnya perjalanan akan dibayar lunas di curug Sanghyang Taraje Garut | @ilham_t.h

Lokasinya berada di ketinggian 1000 meter di atas permukaan laut. Udah pasti udaranya sejuk, adem, apalagi dengan air terjun. Dijamin betah!

Terus lagi, curug ini bertinggi 100 meter dan termasuk lokasi wisata alam yang megah. Rerumputan beserta gazebo di sekitarnya akan membuat lelah kita sirna *asek

Oh iya, ada lagi. Curug ini berada di antara tebing. Derasnya air ini sampai 2 arus yang menjadi jalan turunnya air terjun. Keren deh!

keindahan curug sanghyang taraje garut
Tak bisa dipungkiri, keindahan curug ini salah satunya dari aliran arusnya yang bercabang | @ricky__inst

Tapi gak cuma itu yang bikin keren. Ada sisi lain yang juga menjadi bumbu dan daya tarik spot ini. Apaan tuh?

Sisi Lain Curug Sanghyang Taraje Garut

Hampir setiap wisata alam di Indonesia punya sisi lain. yakni keberadaan legenda, mitos, dan ‘cerita lama’ yang ada di lokasi tersebut.

Termasuk di curug ini. Konon, Sanghyang Taraje berkaitan dengan cerita Sangkuriang dan Kian Santang. Entah tuh beneran apa enggak.

foto curug terindah di jawa barat
Sama seperti curug lain, spot ini pun ada kaitannya dgn cerita lama | @_aaaallll

Selain itu, curug ini juga disebut sebagai jalan naik menuju khayangan. Ini dapat dilihat dari namanya, ‘sanghyang’ dan ‘taraje’.

Kalo kata ‘curug’ pasti udah pada tau kan artinya apa? Betul, artinya ‘air terjun’. Sedangkan ‘sanghyang’, ada 2 arti yang populer. Apa aja tuh?

Yang pertama adalah sebutan dari bahasa Sunda untuk mengagungkan seorang dengan kekuatan supranatural. Arti ini beda jauh sama arti yang ke-2.

mitos curug sanghyang taraje
“Tangga menuju khayangan”, keren gak tuh? Hehehe | @diki_taufik

‘Sanghyang’ pada definisi lain berarti ‘khayangan’ atau ‘langit’. Sedangkan ‘taraje’ berarti ‘tangga’. Kebayangkan maksud dari nama curug Sanghyang Taraje?

Ya, artinya kurang lebih adalah air terjun yang menjadi jalan menuju khayangan. Wow! Udah ala-ala film lawas gitu ya, hehehe.

Kapan Main?

Sebenarnya, air terjun dengan cerita lama kayak gini ada banyak. Salah satunya air terjun Jurang Manten. Percaya atau enggak, silakan tentukan sendiri, hehe.

wisata alam curug di jawa barat
Jangan sampai kita kotorin tempat secantik dan senyaman ini. Okay? | @kulicitra

Oh iya, soal fasilitas, curug ini udah dilengkapi dengan musholla, tempat istirahat, toilet, sampai warung-warung penjaja makanan.

Itu semua bisa kita nikmati dengan duit Rp 5.000 aja (HTM bisa naik kapan aja. Jadi jangan sampai kita yang merusaknya. Oke?

Okelah, kita ketemu lagi besok ya. Sampai ketemu juga di curug Sanghyang Taraje Garut. Jangan lupa beli dodol Garut juga, hehehe. Tchao!


Featured image by @idrisns

Air Terjun Nglirip Tuban, Tentang ‘Mitos yang Mengancam’

Air terjun Nglirip Tuban hanyalah salah satu dari sekian banyak air terjun yang ada di Jawa Timur. Tapi yang satu ini punya mitos yang juga menjadi daya tariknya.

Pagi bro n sist, gimana kabar Sabtu pagi ini? Semoga selalu dalam keadaan baik, aamiin. Pagi ini kita mau main ke daerah Tuban. Ada yang dari Tuban?

Tepatnya ke sebuah air terjun yang gak cuma punya cerita lama yang menyeramkan, tapi juga mengancam. Yakin mau ikutan ke sini?

Sisi Gelap Air Terjun Nglirip Tuban

Jadi gini, ada 2 hal yang cukup seram di air terjun Nglirip Tuban. Yang pertama adalah legenda atau cerita lama di balik spot ini.

Yakni tentang kisah cinta ‘beda kasta’ yang tak direstui. Apalagi kalo bukan kisah tentang Raja yang menolak calon mantu seorang gadis desa?

Tak tanggung-tanggung, sang Raja yang murka sekaligus malu menjatuhi putranya sendiri dengan hukuman mati. Ya, mati!

mitos yang berkembang di air terjun nglirip tuban
Siapa sangka air terjun Tuban menyimpan cerita lama yang cukup ‘horor’ | @abcdul_

Bak Romeo and Julliet, si cewek yang ditinggal mati pujaan hati kemudian murung dan larut dalam kesedihannya. Ia diceritakan mengurung diri di dalam sebuah goa yang ada di balik air terjun.

Bahkan kabarnya ia sampai mati berada di goa tersebut. Terlepas dari ada atau tidak goa itu, cerita ini telah erat menjadi ‘bumbu’ pemanis air terjun Nglirip Tuban.

Itu baru yang pertama, masih ada mitos yang cukup menteror lainnya, khususnya bagi kawula muda yang datang dengan pasangan yang belum sah.

gambar air terjun nglirip tuban
Berani bawa pasangan yang gak sah ke sini? Hehehe | @nashir_ahmad

Betul, yang belum sah aja. Katanya, iyaa sih cuma katanya, siapapun yang ke tempat ini membawa pasangan yang belum sah apalagi sampai bercumbuuu….

Maka hubungan mereka akan putus, kandas, bubar, dalam waktu tak kurang dari 40 hari sejak kedatangannya ke air terjun Nglirip.

Wow! Kalo ini mah beneran horor ya? Hahaha. Tapi kalo emang jadinya maksiat, yaa mending jadi beneran aja nih mitos, biar gak pada sembarangan! Hahaha (ketawa jahat)

wisata air terjun nglirip tuban
Kalo mitos itu bisa bikin air terjun bersih dari maksiat, biar deh jadi beneran hehehe | @bioudablyuou

Tapi yaa, di balik itu semua, air terjun Nglirip Tuban tetap punya pesona. Nah, seperti apa cantiknya spot ini? Yuk kita lihat seberapa moleknya…

Sisi Indah yang Menghipnotis

Air terjun Nglirip Tuban berada di dukuh Jojogan, desa Mulyo Agung, kecamatan Singgahan, kabupaten Tuban, Jawa Timur.

Kalo dari pusat kota Tuban, arahnya sekitar 37 kilometer ke barat daya. Mau pake kendaraan umum atau kendaraan pribadi, semuanya udah oke. Tinggal gas!

penampakan air terjun nglirip tuban
Sesampainya di air terjun, kita akan disambut dgn birunya air. Sejuk bro! | @bioudablyuou

Setelah membelah jalanan menuju padukuhan Jojogan, kita akan disambut dengan air terjun yang airnya berwarna biru segar.

Tinggi air terjun ini diperkirakan hanya 25 meter dengan luas lokasi sekitar 20 meter persegi saja. Tapi meski demikian, ia tak pernah kering lho.

Di musim kemarau aja hanya debit air yang berkurang, tapi tak sampai berhenti mengalir (semoga seperti ini terus). Jadi kita bisa ke sini kapan aja, gak tergantung pada cuaca.

air terjun nglirip singgahan tuban
Walau kemarau, air terjun Nglirip Tuban tetap punya debit air, walau kecil | @gilarpurwagautama

Cuma, kita tetap harus berhati-hati. Kalo pas musim hujan biasanya medan lebih licin dengan arus air yang lebih kuat. Maka dari itu, siapkan sandal yang gak selip ya!

Soal HTM kita gak perlu khawatir, kita cuma butu keluar duit sebesar Rp 5.000 (bisa berubah kapan aja). Parkir roda 2 cuma Rp 2.000 dan Rp 3.000 buat mobil.

Hanya aja, belum ada fasilitas yang memadai seperti adanya musholla dan toilet. Semoga deh pas tulisan ini teman-teman baca, fasilitas itu udah ada. Aamiin.

Kapan Main?

Jadi kapan mau main? Eh iya, Tuban gak cuma punya air terjun ini lho. Kapan itu kita pernah main ke pantai yang unik dan sayang kalo dilewatin.

lokasi wisata air terjun nglirip tuban
Abis mandi di air terjun Nglirip Tuban, lanjut deh ke pantainya. Siap?! | @iqbaal_mu

Namanya pantai Cemara Tuban. Klik aja kalo mau mampir tuh. Kan bisa tuh abis dari sini terus ke sana, hehehe.

Oke deh, kayaknya gitu dulu. Sampai ketemu besok jam 6 pagi ya. Kita main lagi besok. Sampai ketemu di air terjun Nglirip Tuban. Tchao!


Featured image @indrabayu.pandi

Air Terjun Umar Maya, ‘Mutiara Tersembunyi’ Sang Rinjani

Air terjun Umar Maya ini gak tinggi dan gak populer. Tapi ada yang air terjun ini memiliki hubungan baik dengan gunung Rinjani. Yuk main!

Pagi bro n sist, gimana kabar pagi ini? Semoga selalu dalam keadaan baik, aamiin. Pagi ini kita mau main ke air terjun.

Tepatnya ke sebuah air terjun yang gak begitu dikenal bernama Umar Maya. Hayoo ada yang tau dimana? Agak jauh sih kalo dari ibu kota.

Rumahnya Air Terjun Umar Maya

Air terjun Umar Maya berada di desa Bilok Petung, kecamatan Sembalun, Lombok Timur. Kalo dari pusat kota Mataram, jaraknya sekitar 3 jam perjalanan mobil.

Itu aja belum cukup lho, kita masih harus tracking dengan medan menantang sejauh 200an meter. Siap gak nih?

Pastikan memakai sandal yang anti selip. Ini akan sangat membantu kita menuju lokasi inti air terjun.

medan menuju air terjun umar maya
Track yang menantang, pastikan pakai sandal yang oke atau lepas sekalian, hehe | @wardah_rose

Sampai hari ini, informasi tentang air terjun Umar Maya masih sangat sedikit. Padahal ia punya keunikannya tersendiri.

Contohnya adalah air yang berwarna hijau tosca. Jadi kayak air dengan pewarna buatan. Pastinya ini bikin foto jadi instagramable banget, hehehe.

Selain berwarna hijau tosca, ia juga mengandung sulfur atau belerang dari gunung Rinjani. Tak pelak ia mampu merontokkan jerawat yang membandel.

jalan menuju air terjun umar maya
Air membiru tosca dan membuatnya menarik. Keren gak nih? | @anas_fw

Nah, luas air terjun Umar Maya gak terlalu besar. Bahkan tingginya cuma 6 meter aja lho. Dengan tinggi segitu, kita bisa terjun bebas dari atas tebing kecilnya.

Ya, ada area kecil dimana kita bisa naik dan terjun dari atas. Tapi tetap berhati-hati ya, bebatuan ini lumayan licin lho.

lokasi air terjun umar maya lombok
Rasakan sensasi loncat dari ketinggian 6 meter di air terjun Umar Maya | @kameramet

Oh iyaa, soal lokasinya, air terjun ini mirip dengan air terjun lainnya. Dia berada di tengah pepohonan hijau. Bedanya, ia memiliki bebatuan gunung.

Bebatuan ini terbentuk dari lava yang membeku. Lava darimana? Tentunya dari gunung Rinjani.

Dan untuk mengingatkan, jangan sampai tangan kita usil mencorat-coret bebatuan ini ya bro n sist. Seriusan deh, batu-batu ini membuat tempat ini cantik.

lokasi air terjun umar maya lombok timur
Jangan sampai keindahan ini rusak. Yuk jaga alam air terjun Umar Maya | @dhesyani

Alternatif di Sembalun

Jadi gimana? Kapan mau main? Pastikan ya kalo mau ke sini kondisi gunung Rinjani sedang aman. Tahu kenapa?

Rinjani sering menjadi sebab dibuka dan ditutupnya lokasi ini. Maklum, sungai di air terjun ini menjadi jalan si lahar dingin lewat.

Termasuk ke aliran sungai air terjun Madu. Air terjun Madu adalah ‘tetangga’ bahkan ‘saudara’ dari air terjun Umar Maya.

foto air terjun umar maya dan madu
Atas : Air terjun Madu, Bawah : Air terjun Umar Maya. Mereka masih di 1 kawasan | @dasrizal04

Mereka masih dalam 1 lokasi. Bahkan area parkirnya pun sama, berjarak sekitar 300 meter dari air terjun.

Tapi itu baru 1, masih ada lagi lhoo, namanya air terjun Mangku Kodek. Kapan-kapan deh ya kita ngobrolin 2 air terjun itu.

Inilah kenapa berwisata ke Lombok tak ada habisnya. Air terjunnya aja belum semua terjamah dan populer, hehehe.

foto air terjun umar maya lombok timur
Air terjun Umar Maya meski belum populer, tapi ia tetaplah indah dan menarik. Yuk main! | @mhdasharr

Okelah, kayaknya cukup dulu. Besok kita sambung lagi dengan spot traveling lainnya. Sampai ketemu di air terjun Umar Maya.


Featured image @dhesyani

Buaian Puncak dan Coban Bidadari di Malang

Coban Bidadari di Malang ternyata gak cuma air terjun, tapi di puncaknya kita bisa santai menikmati alam Malang yang adem dan nyegerin.

Pagi bro n sist, gimana kabar pagi ini? Semoga selalu dalam keadaan baik, aamiin. Hari ini kita mau main ke air terjun lagi nih, tapi sekaligus ke sebuah puncak.

Lengkap kan? Abis mandi di cobannya, kita bisa santai puncaknya yang punya view kece abis. Yuk ah kita ke khayangan!

Coban Bidadari Malang, Tetanggaan Sama Semeru dan Bromo

Hahaha, nyebut khayangan langsung inget si celebgram gokil itu ya? Udah lupakan! Tapi emang, dari namanya, spot keren ini dekat sama kata ‘khayangan’.

Adalah coban Bidadari. Coban ini masih 1 jalur dengan gunung Semeru dan Bromo via Malang. Tepatnya berada di kiri jalan gerbang TNBTS (Taman Nasional Bromo Tengger Semeru).

Nah, karena lokasinya di bawah tebing, untuk menuju coban yang beralamat di desa Gubugklakah, kecamatan Poncokusumo, kabupaten Malang ini membutuhkan tenaga ekstra. Kuat gak nih?

coban bidadari di malang
Mau kesini? Perlu perjuangan bro n sist. Tapi bakal dibayar lunas deh! | @de_mamad

Ya, kita musti jalan menuruni track yang cukup menantang. Bebatuan dan tanah basah yang kadang licin siap menguji niat kita.

Tapi gak cuma itu, ada juga kabut yang bisa membatasi jarak pandang kita. Kabut ini bisa kapan aja turun bro n sist, jadi kudu siap ya!

Tapi tenang, sesampainya kita di coban Bidadari, kita akan disambut dengan pemandangan syahdu air terjun. Mandi deh sepuasnya, hehehe.

Mau mandi? Atau sekadar foto-foto? Boleh broh n sist! | @mbakprita

Seperti air terjun pada umumnya, di kanan dan kiri coban ini juga dihiasi hijaunya pepohonan dan tetumbuhan. Pastinya bikin betah!

Cuma kalo sampai di sini aja, masih ada yang kurang. Emang ada apalagi di coban Bidadari ini?

Ikut Nge-Hits di Puncak Bidadari Poncokusumo Malang

Nah, tahun 2017 adalah trend-nya spot foto keren. Jejak Alam pun sampai hari ini cukup sering ngobrolin lokasi foto super kece di Indonesia.

Salah satunya adalah puncak Bidadari ini. Namanya aja puncak, berarti lokasinya ada di atas coban. Siap ya buat naik lagi? Tenang, kita bakal dapat ini nih….

puncak bidadari poncokusumo malang
Spot foto paling digandrungi, sayap bidadari | @nurima_imaa

Pengelola udah nyiapin berbagai fasilitas foto menarik, salah satunya adalah sayap hitam yang identik dengan fisik Bidadari.

Ada lagi gardu pandang, rumah pohon sederhana, dan sangkar burung raksasa. Tapi nih, ada yang lebih bikin keren. Apa tuh?

coban bidadari malang jawa timur
Berlatarkan alam Malang yang super adem dan nyegerin broh! | @_faizin_

Latarnya broh! Yakni belantara hijaunya hutan yang megah di sekitar Semeru-Bromo. Keindahannya melambai dan merayu kita untuk mengunjunginya, hehehe.

Nah, buat nikmatin coban Bidadari di Malang ini, kita cuma butuh keluar duit Rp 10.000 aja, parkirnya Rp 2.000. Apalagi kalo abis muncak dari Semeru, sempetin deh mampir sini.

gardu pandang di coban bidadari
Alam membentang menunjukkan kemegahannya di puncak Bidadari | @de_mamad

Terus dalam Pengembangan

Coban ini sedang terus dikembangkan untuk jadi lokasi wisata alam baru di kota Malang, termasuk jalan turun menuju air terjun.

coban bidadari tumpang malang
Coban Bidadari terus bersolek agar bisa membuai para penikmat alam | @afdaufaisal

Dengan semakin dikenalnya di dunia maya, sang Bidadari sangat mungkin akan semakin ramai dikunjungi para penikmat alam.

Jadi mau kapan nih kita main? Pastikan kita gak nyampahin coban Bidadari di Malang ini! Gitu ya, sampai besok pagi kita ketemu lagi. Tchao!


Featured image by @popy.dz__

Rumah Pohon Curug Ciherang, Jodoh Apiknya Air Terjun

Rumah pohon Curug Ciherang adalah spot yang wajib disambangi kalo kita ke air terjun berair bening ini. Udah kayak sayur, gak lengkap kalo gak pake garam, hehe.

Pagi bro n sist, gimana kabarnya? Baik kan ya? Semoga. Pagi ini kita mau ke Bogor, tepatnya ke sebuah curug yang punya rumah pohon.

Dari atas rumah pohon ini, kita bisa lihat kota hujan dari sudut yang beda. Nyegerin banget! Udah pernah ke sini? Kalo belum, yuk ah ikutan kita!

Curug Bogor yang Hits di 2016

Sebelum kita ke rumah pohonnya, kita kenalan dulu sama sajian utama wisata alam ini, yakni air terjun Ciherang.

Disebut juga Curug Ciherang yang memiliki arti ‘air terjun yang berwarna bening’. Tapi emang kok, air disini asli bening banget!

Curug ini beralamat di desa Warga Jaya, kecamatan Suka Makmur, kabupaten Bogor. Kalo dari Jakarta, jaraknya sekitar 3 jam perjalanan via mobil.

tracking menuju lokasi air terjun
Jangan lupa, kita masih harus tracking. Siap? | @ikhsanikhsan65

Aksesnya sampai hari ini belum begitu mulus, tapi tenang, sang Ciherang sendiri yang bakal membayarnya! Hanya 1 syaratnya, bawa baju ganti!

Dari namanya, udah ketebak kan? Air disini bening, bersih, asri, nyegerin. Eh udah gitu masih ditambah lagi dengan view berundaknya.

curug ciherang yang berundak-undak
Curug dgn 3 tingkat membuat air lebih ‘berisik’, tapi tetap asik | @viveyonang

Ya, curug ini punya 3 tingkatan yang menjadi turunnya air. Pemandangan ini keren sadis brooh! Yakin gak mau mandi sekalian? Hehehe.

Nah, kalo udah puas berbasah-basahan, kita bisa ganti baju di ruang ganti yang udah disediain. Ada juga warung yang siap me-recovery perut kita, hehehe.

jembatan gantung rumah pohon
Sajian selanjutnya, rumah pohon Curug Ciherang | @adit_aw

Soalnya, abis ini kita mau naik lagi buat mampir ke rumah pohon Curug Ciherang. Kalo gak ke sini, duhhh sayang banget!

Jodohnya Curug Ciherang

Di bagian atas atau sebelum kita masuk ke curug tadi, kita bakal ketemu sama rumah pohon yang dibangun di atas pohon besar.

Untuk menujunya, udah disiapin juga jembatan gantung dari kayu. Keren banget nih. Buat masuk ke sini, cukup keluar duit Rp 3.000 aja. Emang dapet apa kalo ke sini?

rumah pohon curug ciherang
View dari rumah pohon sayang banget buat dilewatin | trivindo.com

Dari rumah pohon ini, kita akan disuguhi view persawahan dan pegunungan karya Sang Maha Pencipta. Mau lebih syahdu lagi?

Datanglah pas kabut mulai turun, yakni jam 2 siang. Tapi kalo sekitar jam 4 sampai jam 5 sore, bener-bener deh kabut menyelimuti curug dan rumah pohonya.

Biasanya sih gak bisa sebentar nikmatin momen kayak gini, hehehe. Tenang! Udah ada kok penginapan yang disediakan dengan harga bervariasi.

camping di curug ciherang
Mending camping aja, biar makin terasa asrinya dekat dgn alam, hehe | @roni_cacink86

Atau bisa juga camping di sekitar bukitnya. Jangan lupa izin dan penuhi administrasinya dulu yaa bro n sist.

Hehehe, emang deh, rumah pohon Curug Ciherang nampak pas banget jadi sajian pelengkap di air terjun ini. Udah kayak jodoh! Hehehe.

Kapan Mau Main?

Oh iyaa, sebelum lupa. Buat masuk ke curugnya, kita cuma keluar duit Rp 20.000 udah sama biaya perawatan bro n sist.

rumah pohon curug ciherang wargajaya bogor jawa barat
Sampai ketemu di rumah pohon Curug Ciherang | @mhmdzlfik

Sekali lagi, jangan lupa bawa baju ganti dan jangan buang sampah sembarangan ya. Siapin juga motor atau mobilnya, soalnya jalannya cenderung naik.

Okelah, kita ketemu lagi besok pagi di rumah pohon Curug Ciherang, hehehe. Sampai besok jam 6 pagi. Tchao!


Featured image by auliamia.wordpress.com